2 Cara Install Tema WordPress dengan Mudah

Salah satu yang terpenting dari membuat website dengan wordpress adalah menginstall tema wordpress. Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk install tema wordpress dengan mudah.

Error Pada Saat Install Tema WordPress

Pada saat install tema wordpress pada umumnya ada dua yang menyebabkan error seperti kapasitas hosting kurang dan beberapa plugin yang crash dengan tema yang kita pilih.

Pertama, Kapasitas Hosting Kurang

Untuk menginstall tema wordpress harus memiliki hosting yang memiliki memori yang besar. Tapi ini juga bergantung kepada tema wordpress apa yang diinstall.

Biasanya apabila memorinya kurang maka install tema akan mengalami error. Apabila kamu ingin menginstall tema wordpress lebih baik jangan menggunakan shared hosting, tetapi menggunakan cloud hosting atau VPS.

Saya bisa merekomendasikan jagoan hosting sebagai salah satu pilihan. Pilihlah paket cloud hosting bisnis di Jagoan Hosting untuk hasil yang maksimal (kapasitas dan kecepatan website).

Kamu bisa klik banner dibawah untuk membeli hosting.

Banner Afiliasi 03

Kedua, Terdapat Plugin Yang Membuat Error

Tema WordPress biasanya memiliki musuh alami. Atau apabila kita menginstall plugin seperti SEO atau cache akan menyebabkan error pada tampilannya.

Yang paling umum menyebabkan error pada tema adalah plugin cache. Kita bisa mengetahui error atau tidaknya tema dengan melihat tampilan dari tema kita apakah berubah atau tidak.

Saran saya lebih baik sebelum install tema wordpress pertama kali untuk tidak menginstall terlebih dahulu plugin.

Setelah install tema berhasil aktifkan plugin satu persatu. Dan agar bisa di cek apakah ada plugin yang crash dengan tema yang kita install.

Cara untuk mengatasi error karena plugin ini sangat mudah. Kamu tidak menginstall plugin yang menyebabkan crash atau uninstall plugin yang mengakibatkan error.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Belajar Online, Digital Marketing Property (DAV DIGI)

Cara Install Tema WordPress Melalui Dasboard WordPress

Cara Install dan Upload Tema WordPress via CPanel dan Dashboard

Untuk menginstall tema wordpress anda harus memiliki file tema wordpress dalam bentuk .ZIP. Anda bisa mengupload tema wordpress via Dashboard WordPress antaralain:

  1. Masuk Dasboard WordPress
  2. Klik Tampilan/ Appearance
  3. Pilih Tema
  4. Tambah Baru/ Add New
  5. Unggah Tema/ Upload Theme
  6. Upload file theme wordpress(.zip)
  7. Install Sekarang
  8. Tunggu sebentar, Lalu aktifkan tema.

Kamu juga bisa langsung menginstall tema dengan cara klik appearance -> add new -> cari tema pilihan kita -> Install Tema -> Aktifkan. Apabila cara ini tidak bisa maka bisa dilakukan dengan cara diatas.

Cara Install Tema WordPress Melalui CPanel

Apabila ada kesulitan untuk Install tema melalui Dashboard WordPress, bisa dilakukan dengan instalasi via C Panel. Berikut ini langkah install template melalui cPanel > File Manager :

  1. Login cPanel
  2. Klik File Manager (pengelola file)
  3. Masuk ke folder /public_html
  4. Pilih folder instalasi wordpress Anda.
  5. Masuk ke folder /wp-content/themes/
  6. Upload file template (.zip) pada folder “themes”.
  7. Lalu extract file .zip template pada folder tersebut.
  8. Template telah berhasil diinstall, untuk aktifasi bisa melalui wp-admin > Appereance > Themes

Video Tutorial Cara Install. Upload Tema WordPress

Berikut adalah video tutorial cara install/ upload tema wordpress baik via dasboard dan via Cpanel.

Rekomendasi Beli Tema WordPress

Saya merekomendasikan untuk membeli tema wordpress di penyedia resminya. Apabila kamu menginginkan tema premium. Oke theme merupakan salah satu penyedia tema asal Indonesia.

Saya sendiri menggunakan tema dari oke theme yaitu vroperty. Tema Vroperty digunakan untuk pembuatan website agency property.

Selain tema vroperty, menyediakan juga berbagai macam dengan jenis yang lain. Seperti untuk toko online, portal berita, travel dan lain-lain.

Penggunaannya sangat mudah kamu tinggal install tema nya dan fitur-fitur yang dijanjikan bisa dipakai. Fiturnya sendiri berbeda setiap tema, karena menyesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk Customer Service sendiri cepat dan untuk perbaikan apabila terjadi error sangat mudah. Bahkan kita bisa request untuk menambahkan atau mengurangi fungsi tema, tentunya dengan biaya tambahan.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih lengkap tentang Oke Theme, bisa cek banner dibawah.

Premium WordPress Themes

Sedia Jasa Pembuatan Website Jakarta

Saya menyediakan jasa pembuatan website sesuai dengan request pelanggan. Harga mulai dari 800 ribu, apabila diperlukan bertemu bisa di sekitar Jatinegara atau Cakung.

Sudah banyak website yang saya kerjakan mulai dari donasi, personal dan paling banyak adalah website property. Untuk pemesanan atau cek portofolio bisa menghubungi saya dengan klik banner wa dibawah ini.

whatsapp hubungi kami icon

Nah itulah cara untuk install tema wordpress baik via dasboard dan Cpanel. Apabila ada yang ditanyakan anda bisa kirimkan pertanyaan via komen. Jangan lupa share artikel ini, bila bermanfaat. See Yaa..

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *