Cara Membuat Footer Dinamis di website wordpress

Footer menjadi salah satu identitas suatu website. Bisa digunakan untuk menampilkan profile perusahaan, alamat dan layanan yang ditawarkan. Maka sangat penting untuk membuat footer dinamis pada wordpress.

Membuat Footer Dinamis di Website WordPress

Cara Membuat Footer Dinamis di website wordpress (1)

Ada berbagai cara untuk membuat footer yang dinamis pada website wordpress antaralain dengan customize tema dan menggunakan web builder untuk membuat footer.

Pertama, Edit HTML dan CSS Tema

Beberapa tema memungkinkan untuk mengedit code tema mereka. Kamu bisa merubahnya sesuai dengan keinginan. Akan tetapi pastikan kamu memiliki pengetahuan terkait coding.

Alih-alih membuat footer yang dinamis malah membuat tampilan website wordpress menjadi error.

Kedua, Kostumisasi Tema

Sebenarnya untuk membuat footer pada wordpress sangatlah mudah. Kamu bisa dengan mudah melakukannya, caranya dengan kostumisasi tema.

Akan tetapi beberapa tema memang tidak bisa merubah footer kecuali memiliki akun premium. Jangan khawatir karena ada beberapa tema yang menyediakan fitur untuk merubah footer.

Tema yang bisa kamu gunakan untuk kostumisasi footer antaralain tema astra dan tema zakra. Namun, saya lebih menyarankan untuk memakai tema astra karena lebih ringan untuk website.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Website WordPress Cepat

Ketiga, Membuat Footer Menu Menggunakan Web Builder

Kamu bisa membuat footer menu menggunakan web builder. Saya biasanya menggunakan plugin elementor untuk membuatnya. Untuk melakukannya tidak memerlukan elementor pro atau berbayar.

Ada pun cara untuk membuat footer menggunakan elementor antaralain:

  • Pergi menuju Dasboard wordpress
  • Buat Halaman Baru
  • Sebelum mengklik edit with elementor
  • Kamu bisa merubah setting template halaman menjadi elementor canvas. Elementor canvas berarti halaman akan memiliki tampilan kosong tanpa elemen apa pun.
Cara Membuat Footer Dinamis di website wordpress (1)
  • Disini kamu bisa bebas berkreasi untuk merubah halaman secara keseluruhan mulai dari header dan footer.

Agar mempermudah pekerjaan saya menyarakan untuk menggunakan elementor PRO. Saya menyediakan jasa install elementor pro lisensi resmi (Update via Dashboard) dengan harga Rp. 100.000.

Pesan Elementor Pro

Itulah artikel terkait bagaimana cara membuat footer dinamis di website wordpress. Apabila ada pertanyaan terkait wordpress silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasih telah membaca. See Yaa.

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa Inggris, klik disini! Jangan lupa untuk likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *