8+ Tips Cara Mudah Mempercepat Website Berbasis WordPress

Salah satu menjadi konsentrasi seorang website developer adalah tampilan, user experience dan tidak kalah penting adalah kecepatan website. Kecepatan website ini berpengaruh pada bounce rate atau user tidak jadi melihat isi sebuah halaman website. Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara mudah mempercepat website berbasis wordpress.

Cara Audit Kecepatan Website

Ada dua cara yang bisa anda lakukan (sebenarnya banyak), agar anda bisa melihat audit atau performa website anda. Pertama memakai Google Speed Test dan Kedua adalah Gtmetrix.

Untuk Gtmetrix sendiri apabila mendapatkan score B sudah bagus, tetapi lihat juga bagaimana kecepatan website terload sepenuhnya. Sedangkan untuk Google Speed Test nilai yang bagus utnuk sebuah website adalah > 80 pada tampilan desktop maupun ponsel.

Cara Mempercepat Website Berbasis WordPress
Contoh tampilan hasil GTMetrix Ruminesia.id

Berbeda apabila kondisi website sudah diiklankan dan juga memiliki tracking seperti Google Console atau analityc apabila dari teman diskusi di grup facebook komunitas WordPress Indonesia. Angka > 60 di Google Speed Test untuk tampilan mobile sudah bagus.

Alasan Mengapa Website Lambat

Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan website anda lambat, apalagi yang berbasis wordpress diantaranya:

Pertama, Ukuran Gambar Terlalu Besar

Pada suatu halaman biasanya ditambahkan gambar untuk mempercantik. Baik untuk background, ilustrasi dan lain-lain. Ini bisa menjadi salah satu penyebab website anda lambat.

Apabila kita mencoba untuk mengaudit kecepatan website kita maka biasanya gambar akan diminta untuk dikecilkan. Ukuran optimal dari gambar tersebut biasanya kurang dari 100kb.

Ada juga yang mengatakan selain ukuran filenya, ukuran gambarnya pun berpengaruh. Banyak yang menyarankan untuk ukuran gambar maksimal adalah 500 pixel. Saya sendiri biasanya untuk ukuran gambar tidak terlalu dipermasalahkan tetapi untuk ukuran filenya selalu diperhatikan.

Kedua, Terlalu Banyak Javascript (Item Bergerak)

Item bergerak biasanya memang diperlukan untuk beberapa website untuk mempercantik tampilan. Tapi apabila berlebihan akan menyebabkan website menjadi lambat.

Hal ini bisa dilihat dari hasil google speed test biasanya merekomendasikan untuk menghapus atau menghilangkan item bergerak seperti carousel image atau slide.

Tiga, Terlalu Banyak Plugin

Plugin memang memudahkan kita dalam mengembangkan website. Apalagi plugin memiliki fitur sendiri-sendiri dan jarang ada plugin yang memiliki fungsi banyak. Plugin yang terlalu banyak bisa menjadi salah satu alasan mengapa website anda menjadi lambat.

Keempat, Terlalu Banyak Tracking

Kode tracking biasanya dibutuhkan pada website anda biasanya untuk mengukur berapa banyak yang sudah berkunjung, klik dan lain-lain. Contoh dari tracking biasanya adalah Google Console dan Google Analytic.

Tracking bisa menjadi salah satu sebab website menjadi lambat. Hal ini karena berjalannya kirim-terima data dari dan menuju website kita.

Kelima, Tidak Memiliki Versi Terbaru

Versi terbaru ini penting sekali baik dari wordpress, plugin, tema dan juga versi PHPnya. Pastikan semua yang ada di website anda adalah versi terbaru. Saya sendiri belum pernah mengalami sih kecepatan berkurang atau bertambah karena update. Akan tetapi di banyak forum menyebutkan itu bisa menjadi penting.

Keenam, Tidak Menggunakan Plugin Caching

Plugin cache sangat diperlukan untuk website, apalagi dengan traffic yang banyak. Bisa mengurangi file yang tidak diperlukan pada website dan akan menambah kecepatan website.

Ketujuh, Ukuran Hosting yang Terlalu Kecil

Salah satu yang faktor paling penting adalah ukuran hosting terlalu kecil. Hosting sama seperti komputer walau pun resource memory besar, apabila RAMnya kecil maka pemrosesan data menjadi lama.

Baca Juga: Tips Cara Migrasi Hosting Website ke Penyedia Lain

Cara Mempercepat Website yang Lambat

Beberapa cara dibawah ini bisa mempercepat website berbasis wordpress, seperti:

8 Tips Cara Mudah Mempercepat Website Berbasis WordPress

Pertama, Mempercepat Website via Cpanel

Pada bagian ini ada dua hal yang bisa anda lakukan antaralain update versi php dan optimize website. Anda hanya perlu login ke cpanel dan melakukan kedua hal tersebut.

  1. Cara update versi php pada bagian cpanel anda bisa mencari php selector. Pilihlah PHP yang paling terbaru, tapi tanyakan juga ke penyedia hosting rekomendasi dari PHP yang digunakan.
  2. Untuk optimize website kamu hanya perlu mencarinya di C Panel. Pilih Optimize Website, lalu pilih Compress All Content. Terakhir pilih Update Setting.

Kedua, Mempercepat Website via WordPress

Ada beberapa cara untuk menambah kecepatan dari dashboard wordpress, diantaranya:

  1. Mengurangi Javascript (Motion)
    Kurangi item yang berjalan otomatis, seperti text masuk secara otomatis. Kalau bisa juga hindari penggunaan slide dan Image Carousel atau semacamnya. Kamu bisa mengakali dengan galery dan semacamnya.
  2. Gunakan Embed Video
    Terkadang kita harus menambahkan video pada website kita. Untuk hal itu lebih baik kamu gunakan fitur embed, misalkan video telah kamu upload ke youtube lalu embed pada website.
    Hal ini akan mempercepat kerja website, karena file tidak tersimpan pada hosting kita. Namun, jangan juga Anda meng setting video ember tersebut dengan auto-play, karena bisa memperlambat loading pertama dan menambah bounce rate.
  3. Pakai Fitur Lazy Load
    Untuk foto dan video yang di upload atau embed pada website. Selalu setting pengaturannya lazy load. Dengan lazy load website akan terlebih dahulu menampilkan konten yang lain, sebelum gambar atau video (setting lazy load).
    Saran, penggunaan lazy load ini jangan ada di gambar awal. Apalagi gambar awal yang terdapat informasi mengenai website, kemungkinan bounce-rate dari websitenya bertambah. Jadi gunakan lazy load untuk section ke dua dan seterusnya.
  4. Terlalu Banyak Plugin
    Pilih plugin yang dibutuhkan, jangan terlalu banyak yang di install karena memperberat kinerja wordpress. Jetpack sebenarnya lengkap tapi kalau menurut pengalaman pribadi menjadikan website lambat.
    Saya sendiri hanya mempunyai 6 plugin utama di website ini, antaralain elementor, Add to Any, Head, Footer and Post Injection, Rank Math SEO, WP Mail SMTP dan Wp Rocket.
  5. Update Versi WordPress, Tema dan Plugin
    Lakukan pengecekan secara berkala dan lakukan update. Disarankan untuk mengupdate secara manual. Karena apabila otomatis biasanya ada beberapa masalah atau error yang dialami misalkan tampilan menjadi acak-acakan.
    Hal ini bisa terjadi karena adanya crash antara plugin dan tema atau dengan versi wordpress. Mudah biasanya apabila menemukan kendala akibat update ini anda hanya perlu menonaktifkan plugin atau downgrade.
  6. Menggunakan Plugin Caching
    Lakukan pemeliharaan secara berkala dengan menghapus cache, biasanya dilakukan manual. Apabila otomatis ditakutkan akan ada halaman yang menjadi rusak.
    Menghapus cache ini cukup efektif dalam mempercepat website, biasanya dari nilai C atau D bisa naik ke nilai B. Untuk Plugin cache yang bisa mempercepat wesbite saya sendiri merekomendasikan WP Fastest Cache (Gambar Cheetah).
    Hapus cache juga dilakukan apabila ada perubahan apada website anda seperti setting, post baru, page baru.

Ketiga, Perkecil Ukuran Gambar

Kamu bisa memperkecil ukuran file gambar langsung banyak menggunakan aplikasi Mass Image Compressor. Mass Image Compressor ini aplikasi gratis bisa cari di google dengan kata kunci nama aplikasinya.

Sedangkan untuk edit satu persatu gambar kamu bisa langsung menggunakan website picresize.com. Untuk picrresize kamu bisa mengedit ukuran gambar dan juga ukuran file gambar.

Keempat, Mempercepat Website dari Hosting

Saya sarankan jangan menggunakan shared hosting untuk website yang ingin di monetize atau diiklankan. Karena terkadang error di salah satu server maka semua terkena dampak.

Shared Hosting sendiri memiliki daya tampung kecil ketika pengunjung blog membludak maka bisa jadi website lambat bahkan down. Saya sendiri pernah mengalami website down, ketika jumlah pengunjung lebih dari 3000.

Saya sendiri menyarakan untuk menggunakan cloud hosting atau VPS. Akan tetapi untuk yang belum mengetahui setting database dan lain-lain, lebih baik menggunakan cloud hosting.

Dibawah ini saya rekomendasikan 2 penyedia layanan hosting, saya sudah mencoba keduanya pada saat bekerja dan mengerjakan website orang lain. Klik banner dibawah untuk membeli domain dan hosting.

8 Tips Cara Mudah Mempercepat Website Berbasis WordPress
8 Tips Cara Mudah Mempercepat Website Berbasis WordPress

Nah itulah cara untuk mengoptimalkan kecepatan dari website atau mempercepat website anda yang berbasis wordpress. Apabila ada yang ditanyakan atau terdapat cara mempercepat website lainnya yang belum disebutkan, silahkan boleh dituliskan dikolom komentar. Jangan lupa share apabila bermanfaat. Terimakasih sudah membaca. See Yaa

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *