Tips 2 Cara Transfer/ Migrasi Domain dan Hosting ke Hosting Lain

Beberapa bulan belakangan ini karena bekerja sebagai Website Developer di perusahaan. Maka migrasi domain dan hosting ke tempat lain tidak bisa dielakan. Karena banyak sekali alasan yang menyebabkan itu terjadi seperti di layanan lama hosting dan domain sudah mau expired.

Sekilas tentang Domain

Domain merumakan alamat website, apabila dianalogikan sebagai rumah maka domain merupakan alamat rumah. Sedangkan hosting merupakan rumah itu sendiri dan perabotan di dalamnya adalah file atau data website.

Alamat domain tidak bisa sama dengan alamat domain lainnya, kecuali dengan extension berbeda. Domain memiliki berbagai macam extension. Di Indonesia sendiri extension .com dan .id masih menjadi pilihan yang terbanyak.

Dengan alasan domain tidak bisa sama, maka apabila kita ingin menggunakan nama domain sebagai usaha. Maka disarankan untuk membeli nama domain kita dengan berbagai macam extension. Minimal yang familiar di Indonesia seperti .id dan .com.

Syarat Transfer / Migrasi Domain dan Hosting

Ada beberapa syarat apabila anda ingin memindahkan domain dan hosting. Biasanya apabila tidak sesuai maka proses perpindahan bisa saja gagal atau lama.

Pertama, Domain dan Hosting Belum Habis Masa Aktifnya

Minimal umur domain ketika di migrasi adalah enam puluh hari dari pertama kali register. Dan memiliki masa aktif lebih dari 10 hari sebelum kadaluarsa. Karena biasanya perpindahan domain memakan waktu yang lama dari penyedia hostingnya lima sampai tujuh hari.

Apabila domain telah kadaluarsa maka domain tidak bisa pindah ke layanan hosting yang baru. Tetapi harus memperpanjang di penyedia layanan lama.

Kedua, Memiliki Kode EPP

Kode EPP ini merupakan kode yang dimintakan oleh penyedia layanan baru untuk memproses transfer domain. Untuk kode epp ini biasanya bisa dilihat di clientzone penyedia layanan hosting dibagian domain.

Ada juga yang tidak ada dan harus secara manual menanyakan ke Customer Service penyedia hosting.

Biaya Transfer / Migrasi Domain dan Hosting ke Hosting Lain

Untuk setiap kali kita migrasi atau transfer domain kita memerlukan biaya yang beragam. Karena ketika kita migrasi atau transfer domain kita seperti membeli domain baru di penyedia layanan hosting baru.

Jadi untuk jasanya menyesuaikan dengan harga domain yang berlaku pada penyedia hosting. Seminggu yang lalu saya pernah mencoba untuk transfer domain .com ke niagahoster dan bintoro hosting. Untuk transfer ke niaga hoster kami perlu membayar 145 ribu sebelum pajak dan biaya payment online. Sedangkan untuk bintoro hosting hanya membayar 129 ribu.

Cara Migrasi Domain dan Hosting ke Hosting Lain

Cara Transfer atau Migrasi Domain dan Hosting

Dalam Migrasi Domain dan Hosting tidak ada urutan yang benar, karena baik domain terlebih dahulu atau hosting masih bisa dikerjakan atau transfer berhasil.

Cara Migrasi Domain

Ada beberapa tahapan yang perlu kita lakukan untuk bisa migrasi domain antaralin,

  1. Buka Registar Lock Domain
    Kita bisa melihat status registar lock ini di penyedia layanan hosting bagian domain. Untuk transfer domain kita diharuskan untuk meng-unlock domain yang kita punya. Di beberapa layanan hosting hal ini bisa dilakukan pada hari H domain habisa masa berlakunya dan yang lainnya maksimal 10 hari sebelum masa berlakunya habis.
  2. Siapkan Kode EPP
    Kode EPP ini digunakan ketika order transfer domain di penyedia layanan hosting baru. Ketika kita memilih untuk mentransfer domain akan ada kolom yang disediakan untuk kode epp tersebut. Kamu bisa melihatnya di bagian domain clientzone hosting mu atau tanyakan kepada Customer Service.
  3. Order Transfer Domain
    Kamu bisa langsung order transfer domain ke penyedia layanan baru. Dengan sudah mempersiapkan kode EPP nya.
  4. Hubungkan domain ke database
    Langkah terakhir kamu bisa add domain ke hosting kamu yang ada di layanan hosting baru. Kemudian hubungkan domain dengan database. Dengan cara mengganti di dalam data wp-config.

Cara Migrasi Hosting

Untuk migrasi Hosting sudah saya tulis lengkap di artikel lainnya, yaitu Cara Migrasi Hosting ke Penyedia Hosting Lain.

Rekomendasi Beli Domain dan Hosting

Saya bisa merekomendasikan jagoan hosting sebagai salah satu pilihan. Pilihlah paket cloud hosting bisnis di Jagoan Hosting untuk hasil yang maksimal (kapasitas dan kecepatan website). Anda bisa klik banner dibawah untuk membeli hosting.

cara migrasi domain dan hosting ke hosting lain
Migrasi Domain dan Hosting ke Hosting Lain

Itulah artikel terkait Migrasi domain dan Hosting ke layanan yang baru. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa dikolom komentar. Apabila bermanfaat bisa di share kepada teman-teman anda.

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *