Siapkan Diri Kamu, 13 Top Tren Teknologi 2022!

Teknologi selalu berinovasi baik dalam hitungan tahun bahkan hitungan bulan. Pada tahun ini telah banyak inovasi yang dilakukan dalam bidang teknologi, Kami telah merangkum beberapa top tren teknologi 2022.

Pertama, Cloud Komputing

Saat ini banyak perusahaan yang mulai memindahkan infrastrukturnya ke jaringan cloud terbaru dan lebih baik. Hal ini tentunya akan membantu kinerja dari perusahaan itu sendiri.

Selain itu, jaringan 5G mulai berkembang dan dipakai diseluruh dunia, tentunya akan membuat jaringan internet menjadi lebih baik. Dan 6G juga akan segera menyusul jaringan sebelumnya.

Tren Teknologi 2022 - 5G

Kedua, Perangkat Pintar

Dengan adanya perkembangan teknologi komputer berimbas munculnya beberapa perangkat pintar. Contohnya seperti televisi pintar, mobil yang dapat berjalan sendiri, rumah pintar dan masih banyak lagi.

Tahun ini, kemungkinan perangkat pintar lain akan bermunculan lagi. Tentunya hal ini akan membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.

Ketiga, Komputasi Kuantum

Tren teknologi 2022 selanjutnya adalah komputasi kuantum. Dengan komputasi kuantum suatu komputer dapat memproses suatu informasi lebih cepat dan fundamental komputer tradisional.

Saat ini super komputer tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan komputasi kuantum. Dimana kekuatan dari komputasi kuantum lebih kuat triliunan kali dibandingkan komputer paling canggih saat ini.

Diprediksi dengan kemunculan komputasi kuantum dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang saat ini banyak dihadapi, seperti manajemen portofolio, inovasi kesehatan dan lain-lain.

Tren Teknologi 2022 - Quantum Computing

Keempat, Datafikasi

Pusat dari tren teknologi 2022 adalah data. Karena data merupakan inti dari perkembangan teknologi saat ini. Bahkan dapat dikatakan saat ini data merupakan aset paling penting pada sebuah perusahaan.

Data ini bisa berbentuk informasi terkait pelanggan, yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis. Hal ini juga dapat membantu memahami tren yang sedang terjadi serta membantu membuat keputusan bisnis.

Kelima, Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Tren Teknologi 2022 - Kecerdasan Buatan

Saat ini banyak peneliti dan organisasi yang menggunakan data dan kekuatan komputer untuk membuat AI yang lebih canggih.

Saat ini kita bisa menemukan penggunaan AI pada berbagai macam perangkat seperti pada Smartphone. Dengan AI, ketika kita menggunakan kamera Smartphone dengan mudah melihat dan mengenali objek.

Selain itu, saat ini Smartphone sudah bisa mengenali suara untuk melakukan beberapa pekerjaan. Seperti menyetel alarm, memainkan musik dan bahkan mengobrol dengan komputer.

Keenam, Lebih Sedikit Coding

Dengan berkembangnya AI memungkinkan kita untuk membuat suatu aplikasi atau website dengan sedikit coding atau bahkan tidak ada.

Walau pun coding tidak akan ditinggalkan sama sekali, tetapi penggunaan AI akan memudahkan pembuatan website atau aplikasi.

AI memberikan kita kemampuan untuk membuat tampilan website atau aplikasi hanya dengan drag and drop.

Ketujuh, Perkembangan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Saat ini kita bisa melihat bagaimana batasan antara realitas dan virtual sudah mulai dihilangkan. Salah satu contohnya adalah munculnya Metaverse.

Di dalam metaverse kita bisa bertemu dengan semua orang diseluruh dunia di dalam dunia virtual. Ini merupakan contoh perkembangan dari virtual Reality.

Tren Teknologi 2022 - Virtual Reality

Sedangkan untuk Augmented Reality saat ini sudah digunakan didalam dunia belanja online. Contoh terbaru adalah pembelian peralatan elektronik rumah, perabotan rumah dan lain-lain.

Kamu bisa menempatkan produk yang kamu suka di tempat yang sudah kamu sediakan di rumah. Hal ini membantu kamu agar tidak salah membeli ukuran suatu produk.

Selain itu juga contoh penggunaan AR adalah penggaris virtual. Dimana kamu bisa mengukur ukuran atau luas suatu benda hanya menggunakan Smartphone tanpa penggaris.

Kedelapan, Kepercayaan Digital

Perkembangan tren teknologi 2022 lainnya adalah munculnya kepercayaan digital. Hal ini dimulai dari blockchain dan sekarang berkembang menjadi Non-Fungible Token (NFT).

Kepercayaan digital dapat terbentuk karena baik blockchain atau NFT dapat memverifikasi setiap transaksi yang ada atau suatu kepemilikan NFt.

Kita dapat melihat saat ini mulai bermunculan baik individu ataupun perusahaan yang melakukan transaksi menggunakan token atau koin kripto.

Kesembilan, 3D Printing

Tidak terbayangkan sebelumnya 3D printing bisa menjadi salah satu solusi dalam produksi bahkan pembangunan sebuah infrastruktur.

Di tahun 2022 ini teknologi 3D printing melakukan inovasi teknologi yaitu mencetak atau memproduksi massal beberapa bahan material rumah seperti beton, logam dan lain-lain.

Tren Teknologi 2022 - 3D Printing

Kesepuluh, Genomik

Genomik merupakan salah satu cara untuk merubah suatu gen. Hal ini menjadi salah satu tren tekologi 2022, dimana genomik membantu mengembangkan tanaman, obat, vaksin covid19 dan lain-lain.

Selain itu juga, genomik atau nanoteknologi bisa membuat batrei yang lebih tahan lama, barang elektronik tahan air, cat yang memudahkan kita untuk membersihkannya dan lain-lain.

Kesebelas, Penggunaan Energi Terbarukan atau Ramah Lingkungan

Perusahaan kendaraan baik motor ataupun mobil saat ini sudah mulai fokus pada kendaraan dengan bahan bakar ramah lingkungan. Kita sudah mulai terbiasa melihat banyak motor atau mobil listrik di jalan raya.

Tren-Teknologi-2022-Energi-Ramah-Lingkungan

Tentunya ini merupakan tren teknologi 2022 yang sangat positif, karena dapat membantu mengurangi dampak dari perubahan iklim yang sedang dialami seluruh dunia.

Selain pada kendaraan saat ini juga penggunaan teknologi ramah lingkungan merambah gadget. Dimana material yang digunakan meningkatkan daya tahan gadget saat ini.

Kedua belas, Layanan Robot Otomatis

Di Bandara Singapura saat ini telah memperkerjakan robot untuk membantu membersihkan karpet bandara. Robot ini juga digunakan di beberapa hotel yang ada di Singapura.

Di beberapa restoran di Indonesia juga, sudah ada yang menggunakan robot. Dimana robot digunakan untuk mengantarkan makanan ke meja pelanggan.

Layanan robot otomatis ini biasanya digunakan untuk kegiatan yang sederhana dan kegiatan yang terus berulang-ulang.

Ketiga belas, Autentikasi Tanpa Password

Tren Teknologi 2022 - Autentikasi Tanpa Password

Penggunaan autentikasi biometrik sudah digunakan diberbagai gadget. Hal ini lebih aman dibandingkan dengan password, dimana hacker masih mungkin untuk meretas gadget.

Dengan menggunakan autentikasi biometrik seperti pengenalan wajah atau sidik jari. Kamu tidak perlu khawarir tentang hacker dan tidak perlu merubah password setiap waktu.

Bagaimana Tren Teknologi 2022 Dapat Membantu Digital Bisnis?

Setidaknya menurut gartner ada 3 hal utama tren teknologi 2022 yang bisa membantu bisnis digital Kamu, antaralain:

1. Kepercayaan Pelanggan

Dengan membuat infrastruktur IT yang lebih tangguh, efisien, memiliki data terintegrasi akan membuat pemrosesan data baik di cloud atau pun non-cloud menjadi lebih aman. Selain itu juga Kamu akan menghemat biaya.

2. Melakukan Perubahan

Ketika tren teknologi 2022 ini diterapkan pada perusahaan maka akan mudah mempercepat perkembangan bisnis dan mempercepat digitalisasi perusahaan.

Seperti dalam penggunaan kecerdasan buatan (AI) akan memudahkan perusahaan dalam mengumpulkan data dan mengambil keputusan yang tepat.

3. Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Dengan menggunakan tren teknologi kamu bisa lebih cepat mengidentifikasi pasarr dan memenangkan persaingan bisnis. Hal ini juga akan berdampak pada pertumbuhan bisnis Kamu.

Kesimpulan

Tren teknologi 2022 saat ini lebih banyak dalam penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan beberapa digunakan dalam transaksi seperti blockchain dan NFT.

Tren teknologi ini juga bisa membantu kamu dalam digitalisasi bisnis. Dan memudahkan kamu untuk mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi pasar untuk memenangkan persaingan bisnis.

Dalam tiga belas tren teknologi yang telah disampaikan manakah yang baru kamu dengar? Tuliskan dikolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini apabila bermanfaat. Terimakasih telah membaca.

Baca Juga Artikel Lainnya Disini!

Referensi:

  1. The Forbes – 10 Technology Trend in 2022.
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

One comment

  1. Informasi tren teknologi bermanfaat. Ada banyak teknologi yang dapat diterapkan, salah satunya adalah AR Reality, yang merupakan Augmented Reality dan memberikan potensi yang besar dalam menciptakan pengalaman interaktif dan visual yang inovatif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *