Ahiru no Sora: Salah Satu Anime Basket Terbaik Tahun 2020

Ahiru no Sora (あひるの空), yang secara harfiah berarti “Langit Sang Bebek” atau “Sora Sang Bebek,” adalah sebuah seri manga berlatar belakang olahraga basket yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takeshi Hinata.

Manga ini telah diserialkan di majalah mingguan Kodansha’s Weekly Shōnen Magazine sejak Desember 2003, dengan lebih dari 51 volume tankōbon terkumpul hingga Juni 2019.

Seri adaptasi anime dari manga ini diproduksi oleh Diomedéa dan terdiri dari 50 episode. Tayangan animenya sendiri berlangsung dari Oktober 2019 hingga September 2020.

Sekilas Tentang Ahiru no Sora

Ahiru no Sora adalah manga populer yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takeshi Hinata. Manga ini telah diterbitkan dalam majalah Weekly Shōnen Magazine sejak tanggal 10 Desember 2003.

Pada Januari 2019, Hinata mengumumkan bahwa manga ini telah memasuki bab terakhirnya.

Kodansha telah menerbitkan seri ini dalam bentuk tankōbon, dengan volume pertama dirilis pada tanggal 15 Mei 2004. Hingga 17 Juni 2019, sudah ada 51 volume yang terbit.

Adaptasi anime dari Ahiru no Sora diumumkan pada tanggal 28 Februari 2018. Serial ini disutradarai oleh Shingo Tamaki, dengan Keizō Kusakawa sebagai direktur utama, dan ditulis oleh Gō Zappa.

Animasinya diproduksi oleh Diomedéa. Desain karakternya ditangani oleh Yoshino Honda, sementara musiknya dikomposisi oleh Hiroaki Tsutsumi.

Serial ini ditayangkan mulai tanggal 2 Oktober 2019 hingga 30 September 2020 di TV Tokyo, AT-X, dan BS TV Tokyo. Dengan durasi empat cours.

Lagu tema pembuka serial ini adalah “Happy Go Ducky!” oleh The Pillows, sedangkan lagu tema penutupnya adalah “Tsubasa” yang dinyanyikan oleh saji.

Lagu tema pembuka kedua adalah “Never Mind” oleh Flumpool, sementara lagu tema penutupnya adalah “Over” yang dinyanyikan oleh Yuma Uchida.

Serial ini telah dilisensikan oleh Sentai Filmworks untuk wilayah di luar Asia. Versi sulih suara dalam bahasa Inggris pertama kali ditayangkan pada tanggal 13 November 2019.

Di Asia-Pasifik, serial ini dilisensikan oleh Muse Communication dan ditayangkan di saluran YouTube Muse Asia dan Netflix.

Ahiru no Sora telah menjadi manga dan anime yang sangat populer. Ceritanya yang menarik dan karakter-karakter yang kuat telah menarik minat penggemar di seluruh dunia.

Dengan adanya adaptasi anime, kisah ini semakin dikenal dan dicintai oleh lebih banyak orang.

Ahiru no Sora menyajikan kombinasi yang sempurna antara olahraga, drama, dan persahabatan, dan mampu menginspirasi para penontonnya dengan semangat dan ketekunan yang ditunjukkan oleh karakter-karakternya.

Baca Juga: Review dan Sinopsis Haikyuu

Sinopsis Ahiru no Sora

Sinopsis Ahiru no Sora

Alur cerita anime Ahiru no Sora dimulai dengan Sora Kurumatani, seorang pemuda yang bertekad untuk menguasai turnamen basket di sekolah menengah pertamanya.

Namun, ketika ia bergabung dengan klub basket setelah masuk SMA Kuzuryū, ia mengetahui bahwa klub tersebut telah menjadi tempat berkumpulnya anak-anak nakal.

Segala hal dilakukan di sana kecuali bermain basket. Namun, dengan semangat Sora yang tulus terhadap basket, segalanya mulai berubah.

Meskipun kekurangan faktor terpenting dalam bermain basket, yaitu tinggi badan yang ideal, Sora Kurumatani telah berjuang dengan tinggi badannya yang pendek sejak ia jatuh cinta pada olahraga ini.

Meskipun tidak memiliki keuntungan ini, semangat Sora yang tak tergoyahkan tidak pernah membiarkan tinggi badannya menghalangi kemampuannya bermain, dengan tetap berusaha sekeras mungkin dan berlatih tanpa henti untuk membuktikan kemampuannya.

Dalam harapan memenuhi keinginan ibunya, Sora masuk SMA Kuzuryuu untuk menjadi anggota klub basket dan berkompetisi dengan sepenuh hati dalam turnamen.

Namun, Sora kecewa mengetahui bahwa tim basket putra hanya menjadi tempat persembunyian bagi para preman yang tidak memiliki minat pada olahraga tersebut.

Sora juga mengetahui bahwa saudara-saudara Chiaki dan Momoharu Hanazono, yang menjadi temannya, juga telah kehilangan semangat mereka untuk bermain.

Dengan tekad untuk menghidupkan kembali tim basket, Sora meyakinkan para pemuda tersebut untuk melawannya dalam pertandingan, di mana kecepatan dan gerakan lincahnya mengalahkan mereka dengan mudah.

Terpengaruh oleh keterampilan mengesankan, usaha keras, dan dedikasi tak kenal lelah Sora terhadap basket, para pemuda tersebut secara tak terduga menemukan semangat mereka yang padam untuk bermain kembali.

Ahiru no Sora menawarkan kisah inspiratif tentang semangat, kegigihan, dan persahabatan. Cerita ini mengajarkan kita bahwa ukuran atau batasan fisik tidak dapat menghentikan seseorang untuk mencapai impian mereka jika mereka memiliki tekad yang kuat.

Pemeran dan Karakter di Ahiru no Sora

Pemeran dan Karakter di Ahiru no Sora

1. Sora Kurumatani (diisi suaranya oleh Yuki Kaji; Natsumi Fujiwara saat kecil)

Sora adalah tokoh utama dalam seri ini. Meskipun memiliki tinggi badan yang pendek, Sora memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk bermain basket.

Dia menjadi anggota klub basket di SMA Kuzuryū dan bertujuan untuk memenangkan turnamen sekolah. Sora adalah contoh inspiratif tentang kegigihan dan semangat tak kenal lelah.

2. Momoharu Hanazono (diisi suaranya oleh Yuma Uchida)

Momoharu adalah saudara laki-laki Chiaki. Dia dulunya seorang pemain basket yang berbakat, tetapi kehilangan semangatnya.

Setelah bertemu Sora, Momoharu kembali menemukan gairahnya dalam bermain basket dan membantu membangkitkan kembali tim basket sekolah.

3. Chiaki Hanazono (diisi suaranya oleh Katsuyuki Konishi)

Chiaki adalah saudara laki-laki Momoharu. Dia adalah pemain basket yang cerdas dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang permainan.

Chiaki bergabung dengan tim basket sekolah setelah melihat semangat dan kemampuan Sora. Dia berperan penting dalam membangun kembali tim basket yang kuat.

4. Kenji Natsume (diisi suaranya oleh Kishō Taniyama)

Kenji adalah anggota tim basket SMA Kuzuryū. Dia adalah pemain yang berbakat dan memiliki kemampuan luar biasa dalam permainan.

Kenji adalah salah satu pemain yang berusaha membantu tim dalam mencapai tujuannya.

5. Kaname Shigeyoshi (diisi suaranya oleh Mamoru Miyano)

Kaname adalah anggota tim basket dan teman sekelas Sora. Dia adalah pemain yang cerdas dan memiliki pengetahuan taktis yang mendalam tentang permainan basket.

Kaname membantu Sora dalam mewujudkan impian mereka dalam turnamen basket sekolah.

Baca Juga: Blue Lock Review – Manga Tema Sepak Bola Terbaru dan Unik

Video Trailer Ahiru no Sora

Review Anime dan Manga Ahiru no Sora

Ahiru no Sora adalah sebuah anime dan manga yang mengangkat tema basket sebagai fokus utamanya.

Ahiru no Sora memiliki alur cerita yang menarik dengan pesan-pesan positif tentang semangat, kerja keras, dan persahabatan.

Review Anime dan Manga Ahiru no Sora

Serial ini berhasil menggambarkan perjalanan karakter utamanya, Sora Kurumatani, dalam mengejar impiannya untuk memenangkan turnamen basket SMA.

Para karakter lainnya juga memiliki perkembangan yang kuat dan cerita mereka saling terkait dengan baik.

Dalam hal pengalaman, Ahiru no Sora menyajikan momen-momen yang memikat dan intens saat pertandingan basket berlangsung.

Detail dan keakuratan dalam menggambarkan teknik permainan basket juga menambah keaslian dan kekuatan cerita.

Hal ini membuat para penonton dan pembaca merasa terlibat dan terinspirasi oleh semangat yang ditampilkan oleh para karakter.

Berdasarkan penilaian saya, saya memberikan nilai 8 untuk Ahiru no Sora. Alur cerita yang menarik, pesan yang positif, dan penggambaran yang akurat tentang dunia basket menjadi poin utama yang membuatnya layak ditonton dan dibaca.

Namun, ada beberapa momen di mana cerita terasa lambat, dan beberapa karakter pendukung tidak mendapatkan pengembangan yang memadai.

Secara keseluruhan, Ahiru no Sora adalah anime dan manga yang memikat dengan pesan yang inspiratif.

Dengan alur cerita yang menarik, penggambaran basket yang autentik, dan pesan positif yang disampaikan, Ahiru no Sora berhasil memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para penonton dan pembaca.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Anime Sport Terbaik versi Ruminesia

Kesimpulan Ahiru no Sora

Ahiru no Sora adalah anime dan manga yang mengisahkan perjalanan Sora Kurumatani dalam mengejar impian di dunia basket.

Dengan alur cerita yang menarik dan pesan positif tentang semangat dan persahabatan, Ahiru no Sora berhasil menyentuh hati para penonton dan pembaca.

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, seperti cerita yang kadang lambat, seri ini tetap berhasil menghadirkan momen-momen intens dan menginspirasi.

Dengan penggambaran yang autentik tentang dunia basket dan pengembangan karakter yang kuat.

Ahiru no Sora berhasil menciptakan pengalaman yang memuaskan dan menghidupkan semangat dalam diri setiap orang yang menyaksikannya.

Pertanyaan Terkait Ahiru no Sora

Ahiru no Sora adalah sebuah anime yang menarik perhatian banyak penggemar. Pertanyaan-pertanyaan terkait Ahiru no Sora sering kali muncul di kalangan para penggemar cerita anime ini. Berikut penjelasan mendalam mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Apakah Akan Ada Ahiru no Sora Season 2?

Saat ini, belum ada konfirmasi resmi mengenai produksi Ahiru no Sora Season 2. Keputusan untuk memproduksi musim kedua biasanya bergantung pada berbagai faktor, termasuk popularitas dan keberhasilan musim pertama.

Meskipun demikian, sebagai penggemar, kita tetap dapat berharap akan adanya musim kedua yang akan melanjutkan cerita yang menarik dari Ahiru no Sora.

2. Bagaimana Alur Cerita Ahiru no Sora Season 2?

Jika Ahiru no Sora Season 2 diproduksi, alur cerita akan melanjutkan petualangan protagonis utama, Sora Kurumatani, dalam mencapai impian menjadi seorang pemain basket yang sukses. Musim pertama mengisahkan perjuangannya dalam membangun tim basket SMA Kuzuryu yang awalnya kurang berprestasi. Season 2 kemungkinan akan mengeksplorasi pertandingan-pertandingan yang lebih menegangkan, pertumbuhan karakter yang lebih dalam, serta konflik dan tantangan baru yang dihadapi oleh Sora dan timnya dalam mencapai tujuan mereka.

3. Kapan Rilis Anime Ahiru no Sora Season 2?

Hingga saat ini, belum ada pengumuman resmi mengenai tanggal rilis Ahiru no Sora Season 2.

Biasanya, penggemar harus menunggu pengumuman dari pihak produksi atau staf terkait untuk mengetahui kapan musim kedua akan dirilis.

Disarankan untuk mengikuti sumber berita resmi atau situs web resmi untuk mendapatkan informasi terkini mengenai rilisnya Ahiru no Sora Season 2.

4. Apakah Trailer Ahiru no Sora Season 2 Sudah Tersedia?

Sampai saat ini, belum ada trailer resmi yang dirilis untuk Ahiru no Sora Season 2. Biasanya, trailer dirilis menjelang rilis musim baru sebagai pengantar untuk memberikan gambaran kepada penggemar mengenai apa yang dapat mereka harapkan dari musim tersebut.

Sementara itu, penggemar dapat tetap memantau sumber berita resmi atau kanal media sosial resmi Ahiru no Sora untuk mendapatkan informasi terkait trailer jika sudah tersedia.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *