Penerimaan Pegawai Perusahaan Gasi (PT. Gunatronikatama Cipta)

Artikel ini akan membahas terkait pengalaman saya mengikut proses penerimaan pegawai perusahaan GASI.

Sekilas tentang Perusahaan Gasi (PT. Gunatronikatama Cipta)

Logo Perusahaan Gasi (PT. Gunatronikatama Cipta)

PT Gunatronikatama Cipta Gasi berdiri pada tahun 1986. Awalnya perusahaan ini membuat aplikasi, namun Tahun 2010 Perusahaan ini mulai fokus pada Jasa Payroll.

Jadi perusahaan ini adalah mitra bagi perusahaan lain untuk urusan sumber daya manusia, proses penggajian, termasuk juga hitungan pajak didalamnya. 

Alamat Kantor dari PT. Gasi berada di Gedung Plaza Aminta, lantai 3 di Jalan TB Simatupang, Kebayoran Baru.

Proses Penerimaan Pegawai di Perusahaan GASI

Untuk posisi yang dilamar saat itu adalah staff penggajian (payroll services) adalah melakukan perhitungan gaji yang diajukan oleh client. Dalam hal ini menghitung gaji pegawai, bonus, pajak dan BPJS.

Selain pekerjaan diatas apabila kamu diterima di PT. Gasi maka kamu harus melakukan dan memilih satu pekerjaan lain yang kamu bisa atau speciall assignment.

Seperti mempersiapkan persentasi, desain grafis atau pun yang lainnya sesuai dengan kemampuan dan kemauan mu. Kalau orang gasi bilangnya pekerjaan yang kamu senang lakukan walaupun gak dibayar.

Kamu juga bisa diminta untuk bekerja dikantor klien apabila ada permintaan. Akan tetapi statusnya masih karyawan GASI.

Proses Seleksi Penerimaan Pegawai Perusahaan Gasi

Beberapa proses seleksi yang dilakukan saat penerimaan pegawai perusahaan Gasi antara lain tes tertulis, tes minat bakat dan perhitungan dan terakhir interview.

Akan tetapi sebelumnya kamu akan di email untuk mengisi biodata diri dan dikirimkan kebali via email. Berikut selengkapnya:

  • Writing test (Tes Tertulis)
    Dalam tes tertulis ini terdapat beberapa ujian,
    • Psikotes
      Ada 3 bagian tes dalam psikotes ini, antaralain logika aritmatika, tes logika penalaran dan perhitungan dengan soal cerita.
      Setiap bagian diberikan waktu selama setengah jam, dengan perhitungan minus untuk jawaban yang salah.
    • Perpajakan
      Pada bagian ini kamu akan di test tentang perpajakan. Yang harus kamu siapkan adalah pengetahuan kamu terkait pph 21.
      Kamu akan disuruh untuk menghitung berapa pajak yang dibayarkan dan take home pay orang tersebut.
    • Bahasa Inggris
      Dalam test ini kamu akan diminta untuk menulis cerita dengan tema yang diberikan. Kalau tidak salah ada 5 tema, seperti menceritakan tentang keseharian mu.
    • dan Microsoft Excel
      Kamu akan diberikan soal mengenai fungsi-fugsi excel yang berkaitan dengan pembayaran gaji karyawan.

Untuk pengumuman hasil penerimaan pegawai perusahaan Gasi dilakukan pada hari itu juga dan setelah tes diberi makan nasi. Untuk waktu pengerjaan masing-masing selama 30 menit.

Saya masuk tes di jam 9, pulang jam 2 siang. Yang lulus nantinya akan dimasukan ke grup Whatsapp untuk penguman selanjutnya.

  • Test Online
    Setelah kamu dimasukan ke dalam grup Whatsapp nantinya kamu akan diberikan link untuk mengerjakan tes online. Tes online ini terdapat dua bagian antara lain psikotes minat-bakat dan soal cerita perhitungan.
    Apabila kamu lulus kamu akan diberitahukan kapan kamu pergi untuk wawancara.

Proses Interview Perusahaan Gasi

Penerimaan Pegawai Perusahaan Gasi (PT. Gunatronikatama Cipta)

Wawancara di Perusahaan Gasi dilakukan sebanyak dua kali dilakukan di hari yang sama. Untuk yang kedua, apabila kamu lulus interview pertama.

Dalam interview pertama, kamu akan dihadapkan dengan banyak interviewer, kalau saya dulu ada delapan orang.

Kamu tidak diwajibkan untuk memakai bahasa inggris tapi apabila kamu memakai bahasa inggris akan menjadi nilai tambah.

Kamu bisa memakai bahasa inggris hanya untuk pengenalan mu saja, selanjutnya bisa memakai bahasa Indonesia.

Untuk interview kedua, akan lebih banyak menanyakan tentang personal masing-masing. Disini juga kamu akan dikonfirmasi terkait pekerjaan kamu sebelumnya, setelah interviewer menelepon orang kantor kamu sebelumnya.

Baca Juga: 5 Website Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya

Karir di Perusahaan GASI PT Gunatronikatama Cipta

Penerimaan Pegawai Perusahaan Gasi (PT. Gunatronikatama Cipta)

Untuk karir sendiri, di GASI apabila kamu diterima maka kamu akan dikontrak selama 3 tahun. Dalam kontraknya ada klausul apabila kamu berhenti sebelum 3 tahun, maka kamu harus membayar sisa kontrak dikali gaji kamu.

Misalkan, gaji kamu 4 juta dan sisa kontrak kamu 12 bulan dan kamu memutuskan resign maka kamu harus membayar sebanyak 48 juta.

Range Gaji yang ditawarkan pada penerimaan pegawai perusahaan GASI adalah antara 4 juta hingga 5 juta. GASI tidak memberikan uang lembur untuk karyawan, tidak juga memberikan bonus untuk karyawan yang masih percobaan.

Kamu bisa lebih cepat menjadi karyawan tetap apabila dinilai kerjaan kamu telah baik dan juga kamu telah menyelesaikan pelajaran/ pelatihan yang diberikan oleh GASI dan melakukan persentasi.

Mungkin di beberapa orang mengatakan bahwa penerimaan pegawai perusahaan Gasi ini terlalu bertele-tele. Tapi saya rasa hal ini mungkin untuk menjaring pegawai yang berkualitas.

Selain itu jarang sekali pada saat penerimaan pegawai sejujur perusahaan ini. Karena pada saat penerimaan pegawai perusahaan gasi semua konsekuensi telah dijelaskan.

Nah mungkin sekian artikel kali ini terkait penerimaan pegawai perusahaan Gasi, semoga bermanfaat. Apabila mau sharing bisa tuliskan di kolom komentar dan apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk disebar luaskan.

Jangan lupa untuk likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

21 Comments

  1. Ini perusahaan kyk mau test cpns aja. Hehehe. Banyak bgt testnya.
    Pasti hrd nya bekas pns kali. Hahaha.
    Pake buat group wa lagi. Yg daftar lebih 50 org. Yg diambil cuma satu. Ngapain bgt. Kyk ga ada perusahaan lain aja yg lebih mudah testnya dan ga ribet

    • Tapi mungkin itu dilakukan untuk dapat karyawan terbaik kak. Saya sendiri salut sih dengan kejujuran ketika interview menceritakan terkait perusahaan mereka seperti bagaimana cara mereka bekerja dan lain-lain. Ada juga soalnya yang seperti di awal manis tetapi kerjanya ternya kelebihan jam tanpa ada lembur, tanpa ada tunjangan dan lain-lain.

      • Iyah benar gan, kalau saat saya hanya satu orang yang diambil. Tapi kalau gak salah lowongan payroll dibuka tiap saat, jadi kalau mau coba kembali bisa.

    • Tunggu aja kak, kalau seinget saya nanti diberi tugas dan isi formulir yang harus diisi. Setelah itu beberapa hari akan ada panggilan dari PT Gasi untuk interview.

  2. Kak mau tanya, saya liat review PT GASI di google yg bilang kalo kita harus beli laptop secara cicilan tapi laptop itu jadi hak milik perusahaan, apa itu benar?

    • Cicil laptop itu untuk yg tidak punya laptop/punya laptop tp tidak memenuhi standart Gasi kak,itu sudah diringankan dengan bisa dicicil drpda harus beli cash.tidak mewajibkan,tp kembali lagi laptop adalah hal wajib untuk setiap karyawan,dikarenakan pt Gasi masih menerapkan WFH,dan juga diperusahaan sudah tidak menyediakan komputer,hanya ada beberapa saja.suami saya kerja di Gasi kak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *