Cara Membuat dan Contoh Curriculum Vitae Yang Menarik

Dalam melamar pekerjaan biasanya minimal diminta dua dokumen yaitu surat lamaran kerja dan curriculum vitae. Nah disini luminesia akan menjelaskan bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik perekrut perusahaan.

Tips ini akan saya tulis dari pengalaman melamar kerja, dengan hanya satu CV. Untuk hasilnya sendiri saya pernah di panggilan interview dari Shopee, MOKA POS, Pawoon, Dileveree, Gadjian, Pergikuliner dan lain sebagainya.

Apa itu Curriculum Vitae?

Cara Membuat dan Contoh Curriculum Vitae Yang Menarik

Curriculum Vitae (disingkat: CV) atau disebut juga daftar riwayat hidup adalah rangkuman singkat mengenai identitas, pengalaman dan kualifikasi pelamar kerja.

Hal ini menjadi sangat penting karena biasanya cv dapat menggambarkan keseluruhan personal dari pelamar karena terdapat informasi yang dibutuhkan perekrut.

Perbedaan Antara Resume dan Curriculum Vitae

Yang pernah saya baca dalam postingan instagram, resume dan curriculum vitae merupakan hal yang sama. Namun penggunaanya yang berbeda apabila tidak salah resume untuk inggris UK, sedangkan Curriculum Vitae inggris US.

Hal yang Harus diperhatikan Dalam Membuat Curriculum Vitae yang Menarik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Curriculum Vitae yang menarik yaitu:

Pertama, Headline yang Menarik

Kamu bisa memasukan headline di bawah nama mu di curriculum vitae. Apabila kamu memiiki pengalaman kerja, itu menjadi headlinenya. Seperti Digital Marketing Officer.

Sedangkan untuk yang baru lulus kuliah kamu bisa menggunakan headline terkait ketertarikan pada suatu bidang, misalkan Digital Marketing Enthusiast.

Kedua, Tidak lebih dari 2 Halaman

Saya membuat Curriculum Vitae pribadi hanya dengan satu halaman, akan tetapi masih mendapatkan panggilan interview.

Panjang CV belum tentu akan mendapat panggilan akan tetapi memasang informasi penting dan diperlukan adalah hal utama.

Contoh dari infomasi penting adalah alamat, email, nomor telepon, alamat, pendidikan dan pengalaman kerja. Sedangkan contoh informasi yang diperlukan pengalaman organisasi, event, training/ kursus, hard skill dan soft skill.

Ketiga, Ceritakan sedikit tentang profile kamu

Kamu bisa menceritakan tentang aktifitas kamu saat ini, tentang hobi kamu atau pun tentang passion kamu. Contohnya seperti Saya adalah seorang penggiat teknologi dan saya suka mempelajari hal baru.

Keempat, Ambil pendidikan Formal Tertinggi

Apabila kamu lulusan Sarjana maka mencantumkan S1 saja sudah cukup atau apabila mau ditambah dengan pendidikan SMA.

Karena CV ini rangkuman riwayat hidupmu maka tidak perlu memberikan riwayat pendidikan dari SD atau bahkan TK.

Saya sendiri hanya menampilkan pendidikan S1 saja dengan tambahan tahun selesai, jurusan yang diambil dan juga IPK terakhir. Apabila terdapat pencapaian atau penghargaan bisa dimasukan kedalam Curriculum Vitae.

Baca Juga: 5 Webiste Lowongan Kerja Terbaik Berdasarkan Pengalaman Pribari

Kelima, Cantumkan Prestasimu

Cantumkan prestasi yang sekiranya masih relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan juga presitasi nya tidak lebih dari empat tahun yang lalu.

Contoh dari relevansi adalah ketika kamu mempunyai prestasi dibidang olahraga, ingin melamar ke bagian jurnalis maka tidak perlu dituliskan.

Keenam, Taruh skill yang relevan

Baik itu Softskill atau pun Hardskill usahakan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Apabila kamu tidak mempunyai skill pendukung khusus, maka cantumkan skill yang umumnya dibutuhkan.

Contoh skill pendukung yang hampir setiap perusahaan minta seperti mengendarai kendaraan bermotor atau pun penguasaan Microsoft Office.

Ketujuh, Taruh pengalaman organisasi atau event

Kamu bisa memasukan hal-hal yang terkait atau relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Akan tetapi apabila kamu belum memiliki pengalaman kerja atau fresh graduate maka kamu bisa menaruh semuanya.

Kamu juga bisa menjelaskan tentang apa saja yang dikerjakan untuk organisasi kamu. Atau menjelaskan event yang pernah kamu tangani dengan organisasi tersebut.

Kedelapan, Uraikan Pengalaman kerja

Ketika menuliskan pengalaman kerja ada baiknya untuk menguraikan tugas dan tanggung jawab di tempat kerjamu sebelumnya.

Apabila kamu memiliki pengalaman kerja di dua tempat atau lebih, maka uraikan secara singkat dan ceritakan tanggung jawab utamamu. Pastikan relevan dengan pekerjaan baru yang ingin kamu lamar.

Untuk penguraian lebih baik kamu menceritakan sesuatu yang bisa diukur dengan angka. Misalkan untuk sales, melakukan penjualan mobil 100 unit setiap bulan.

Kesembilan, Curriculum Vitae berbeda untuk setiap aplikasi lamaran

Terkadang perusahaan memiliki kualifikasi berbeda walau pun dengan posisi jabatan yang sama, maka kamu harus memasukan hal yang relevan dengan permintaan perusahaan.

Terutama pada skill dan tanggung jawab pekerjaan sebelumnya, bisa kamu masukan dan sesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kesepuluh, Jangan Terlalu memasukan banyak warna dan pengeditan ruwet

Hal ini tidak berlaku untuk kamu yang melar pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas atau industri kreatif. Untuk warna disarankan maksimal 2 warna, pilih warna yang cerah dan enak dipandang.

Warna juga berpengaruh ketika pemberi kerja mencetak CV kamu. Jadi ketika kamu membuat Curriculum Vitae jangan biarkan latar belakang berwarna gelap karena ketika dicetak tidak akan terlihat.

Contoh Curriculum Vitae yang Menarik

Dibawah ini adalah contoh Curriculum Vitae yang menarik dan pernah saya buat dan Curriculum Vitae ATS.

Curriculum Vitae yang Menarik Athif Amirudin Muhtadi 1
Curriculum Vitae yang Menarik
Curriculum Vitae yang Menarik Athif Amirudin Muhtadi 2
Curriculum Vitae ATS

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Contohnya

Cara Membuat Curriculum Vitae Menggunakan Aplikasi

Untuk cara membuat curriculum vitae yang menarik kamu bisa melakukan beberapa hal, antaralain:

Pertama, kamu bisa membuat Curriculum Vitae bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti word atau aplikasi design. Aplikasi desain yang dipakai seperti Adobe Photosop dan berbagai aplikasi desain lainnya.

Kedua, kamu bisa memesan Curriculum Vitae di ruminesia dan kamu juga akan dibantu juga mentranslate ke bahasa inggris loh dan mendapatkan CV dengan template ATS. Apabila berminat kamu bisa klik pada tombol dibawah ini.

Pesan via Whatsapp Ruminesia
Pesan via Fastwork Ruminesia

Nah itulah cara untuk membuat dan contoh curriculum vitae yang menarik. Apakah ada yang terlewat dari artikel ini? Silahkan tuliskan di kolom komentar. Share apabila artikel ini bermanfaat. Terimakasih Banyak. See Yaa.

Jangan lupa untuk likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *