Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Contohnya

Untuk melamar pekerjaan saat ini diharuskan untuk membuat surat lamaran kerja dan mengirimkannya baik secara langsung mapun melalui email. Hal ini ditunjukan agar Kamu bisa dilihat sebagai profesional oleh perekrut.

Surat lamaran kerja tidak memiliki ketentuan yang baku. Akan tetapi didalamnya kurang lebih harus ada tujuan posisi yang dilamar, sekilas tentang personal dan pekerjaan, lampiran dan harapan dapat diterima.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang ditunjukan kepada suatu perusahaan yang menunjukan bahwa kamu tertarik bekerja diperusahaan tersebut. Hal ini biasanya diminta baik dalam lamaran kerja offline atau pun online.

Surat lamaran kerja juga bisa menambah ketertarikan penerima kerja kepada kamu. Jadi baiknya membuat surat lamaran kerja dikerjakan dengan niat dan baik.

Poin yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Ada beberapa hal poin yang kamu ketahui untuk membuat surat lamaran kerja yang baik. Hal dibawah ini tidak perlu semuanya dituliskan pada saat membuat lamaran kerja karena ada yang masih berhubungan.

  • Menampilkan surat lamaran diberikan untuk siapa.
    Hal ini biasanya berada di paling atas surat lamaran. Berisi beberapa hal yaitu nama, jabatan, nama perusahaan dan alamat perusahaan.
    Untuk nama dan jabatan apabila kamu tidak mengetahuinya bisa diganti dengan Bapak/ Ibu HRD nama perusahaan.
  • Perkenalkan diri anda.
    Untuk perkenalan ini kamu bisa taruh diparagraf pertama. Bisa ditampilkan informasi perkernalan seperti nama, alamat dan pendidikan terakhir atau pengalaman kerja terakhir.
    Untuk fresh graduate bisa juga ditambahkan dengan ketertarikan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Seperti untuk posisi content writer maka ketertarikannya bisa pada bidang Jurnalistik atau SEO.
  • Tuliskan darimana informasi lowongan pekerjaan didapatkan
    Pastikan kamu menulis berasal darimana informasi lowongan pekerjaan tersebut kamu dapatkan. Seperti dari website perusahaan, sosial media, atau website karir.
    Tambahkan juga penjelasan tentang ketertarikan kamu pada posisi yang dilamar.
  • Ceritakan tentang kegiatan anda saat ini
    Disini kamu bisa menjelaskan keseharian dalam pekerjaan mu sehari-hari. Atau apabila kamu lulusan baru bisa menceritakan kegiatan sehari-hari seperti mengikuti webinar, kursus atau bootcamp.
  • Jelaskan pendidikan terakhir atau pekerjaan terakhir anda
    Untuk ini bisa menjadi pengganti menceritakan kegiatan saat ini. Bisa menuliskan terkait pendidikan terakhir dan menghubungkannya dengan pekerjaan yang kamu lamar.
    Contohnya, saya sudah lulus dari jurusan ekonomi dan saya mempelajari terkait akunting dan perpajakan. Saya merasa cocok dengan pekerjaan yang bapak/ibu tawarkan.
  • Tuliskan dokumen apa saja yang kamu lampirkan
    Kamu pasti akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen seperti ijazah, curriculum vitae, transkip nilai, portofolio dan lain-lain. Pastikan kamu menuliskan dokumen apa saja yang kamu lampirkan.
    Pastikan yang dikirimkan hanya yang diminta oleh pihak perekrut yah. Kecuali ada catatan lampirkan dokumen pendukung lainnya.
  • Tuliskan harapan anda kedepannya.
    Kamu bisa menuliskan hal ini dibagian akhir surat lamaran kerja. Seperti harapan kamu bisa mengikuti tahapan selanjutnya dalam proses perekrutan karyawan.

Baca Juga: Cara membuat Cucciculum Vitae yang Menarik dan Contohnya

Kesalahan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa kesalahan yang sering dibuat ketika sedang membuat surat lamaran kerja, antaralain:

  • Salah menuliskan nama perusahaan atau posisi yang dilamar
    Ini mungkin yang sering terjadi karena banyak perusahaan dan posisi yang dilamar menggunakan template surat lamaran dan lupa untuk merubahnya.
  • Terlalu banyak typo
    Hindari terlalu banyak salah tulis atau typo, karena ini bisa menunjukan kamu tidak memiliiki kemampuan untuk mengerjakan sesuatu yang detail.
  • Mencampurkan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia
    Jangan pernah mencampurkan bahasa dalam membuat surat lamaran kerja, kecuali istilah-istilah dalam dunia kerja. Apabila bahasa Indonesia maka dari bagian awal sampai akhir menggunakan bahasa Indonesia.
  • Keahlian tidak menyesuaikan dengan posisi yang dilamar
    Seperti untuk posisi dan content writer memiliki tugas yang hampir sama, tetapi harus memiliki keahlian yang berbeda.
    Jadi apabila kamu ingin melamar kedua posisi tersebut pada perusahaan berbeda. Kamu bisa menonjolkan skill khusus untuk mengisi posisi tersebut.

Contoh Berbagai Macam Surat Lamaran Kerja

Cara-Membuat-Surat-Lamaran-Kerja-yang-Baik-dan-Contohnya

Membuat surat lamaran kerja tidak bisa sembarangan atau menggunakan template yang sama. Seperti membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduate tentu berbeda dengan yang sudah mempunyai pengalaman kerja.

Contohnya untuk content writer dan SEO on-page pekerjaan hampir sama dan mirip, tapi kamu harus menunjukan keahlian yang berbeda pada surat lamaran kerja agar stand out dari pelamar lain.

Berikut saya sudah membuat surat lamaran kerja untuk contoh dan saya sediakan link dowloadnya agar kamu bisa langsung mengeditnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Pengalaman

Dear,
Bapak Fulan bin Fulan
Human Resource Departemen
Ruminesia.id

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Athif Amiruddin Muhtadi
Alamat: Jatinegara, Jakarta Timur
Nomor Handphone/ Email: 085768166679/ athif_am@outlook.com
Pendidikan Terakhir: S1-Ekonomi Syariah | Universitas Siliwangi

Berdasarkan informasi dari website perusahaan anda (ruminesia.id), saya telah mendengar tentang peluang kerja perusahaan Anda untuk posisi Finance Staff. Dengan surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.

Kegiatan yang saya lakukan saat ini adalah mengambil kursus pemasaran digital, pengembangan situs web, dan mengikuti kelas sharing tentang SEO. Terkadang saya menulis beberapa blog tentang ulasan layanan produk, ulasan aplikasi, dan ekonomi syariah.

Pendidikan saya sebelumnya adalah jurusan Ekonomi. Disana saya belajar mengenai Accounting, manajemen, dan perpajakan. Dan dengan pembelajaran tersebut saya harap bisa membantu saya dalam melakukan pekerjaan saya dengan baik diperusahaan bapak sebagai finance staff.

Saya sangat senang belajar beberapa hal baru, apalagi tentang teknologi, pemasaran digital, dan keuangan. Karena ketiga hal tersebut merupakan ilmu yang terus berkembang dan berubah dengan cepat.

Untuk pertimbangan Anda, Bapak / Ibu, saya telah melampirkan file sebagai berikut:

  1. Surat Lamaran
  2. Daftar Riwayat Hidup

Saya harap bisa mengikuti tes selanjutnya sehingga saya bisa menjelaskan kompetensi dan kemampuan saya secara langsung dan detail. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.

Salam Hormat,

Athif Amirudin Muhtadi
0822-1456-0769 / Athif_am@outlook.com

Contoh Membuat Lamaran Kerja dengan Pengalaman Kerja

Dear,
Bapak Fulan bin Fulan
Human Resource Departemen
Ruminesia.id

Perkenalkan nama saya Athif Amirudin Muhtadi. Saya tinggal di Jatinegara, Jakarta Timur. Untuk pendidikan terakhir, saya mengambil gelar sarjana dalam bidang ekonomi syariah di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Berdasarkan informasi dari sosial media perusahaan anda (instagram), saya telah mendengar tentang peluang kerja perusahaan Anda untuk posisi Bussiness Development Program. Dengan surat ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.

Kegiatan yang saya lakukan saat ini adalah mengambil kursus pemasaran digital, pengembangan situs web, dan mengikuti kelas sharing tentang SEO. Terkadang saya menulis beberapa blog tentang ulasan layanan produk, ulasan aplikasi, dan ekonomi syariah.

Sebelumnya, saya pernah bekerja di industri pemasaran sebagai petugas pendanaan di BPRS Mulia Berkah Abadi. Tugas saya adalah mempromosikan produk ke pelanggan potensial baru, memelihara dan membuat konten untuk situs web perusahaan dan media sosial.

Saya sangat senang belajar beberapa hal baru, apalagi tentang teknologi, pemasaran digital, dan keuangan. Karena ketiga hal tersebut merupakan ilmu yang terus berkembang dan berubah dengan cepat.

Untuk pertimbangan Anda, Bapak / Ibu, saya telah melampirkan file sebagai berikut:

  1. Surat Lamaran
  2. Daftar Riwayat Hidup/ Curriculum Vitae

Saya harap bisa mengikuti tes selanjutnya sehingga saya bisa menjelaskan kompetensi dan kemampuan saya secara langsung dan detail. Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.

Salam Hormat,

Athif Amirudin Muhtadi
0822-1456-0769 / Athif_am@outlook.com

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Saya menyediakan jasa pembuatan Curriculum Vitae beserta translate bahasa inggris dan juga bonus template ATS. Apabila berminat kamu bisa klik pada tombol dibawah ini.

Pesan via Whatsapp Ruminesia
Pesan via Fastwork Ruminesia

Nah itulah cara untuk membuat surat lamaran kerja beserta contohnya. Apakah kamu punya saran lainnya? Share apabila artikel ini bermanfaat. Terimkasih Banyak. See Yaa.

Jangan lupa untuk likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *