Cara Mengirimkan Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja dan cara membuat curriculum vitae di post sebelumnya. Kali ini ruminesia akan membahas bagaimana cara mengirimkan surat lamaran kerja dan curriculum vitae.

Cara mengirimkan surat lamaran kerja offline

Walau pun saat ini sudah apa-apa berbasis online, tapi masih ada beberapa perusahaan yang meminta mengirimkan surat lamaran kerja via POS. Begini caranya untuk mengirimkan surat lamaran kerja dan curriculum vitae via POS.

Contoh Mengirimkan Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae
Source: tipssipit
  1. Siapkan berkas-berkas yang diminta
    Apabila dalam lowongan meminta berkas-berkas maka siapkan yang diminta. Contohnya seperti surat lamaran kerja, curriculum vitae dan berkas lainnya.
  2. Usahakan berkas tersusun rapih
    Dalam hal ini kamu bisa memakai clip kertas agar tidak berantakan dan pastikan urutannya sesuai dengan yang dituliskan pada lamaran kerja.
  3. Masukan berkas ke amplop berwarna coklat
    Ini sebenarnya tidak baku, karena beberapa pendapat bahwa tidak mengapa untuk menggunakan warna lain. Hal ini untuk lamaran mu tampil stand out dibandingkan dengan surat lamaran lainnya.
  4. Jangan salah menempatkan posisi pengirim dan penerima
    • Tuliskan nama anda, alamat, nomor handphone dan email serta pendidikan terakhir. (Pojok kiri atas amplop)
    • Tuliskan ditunjukan kepada siapa surat lamaran itu dikirimkan. Berisikan nama, jabatan, nama Perusahaan, alamat perusahaan. (Pojok kanan bawah amplop)
    • Tuliskan posisi yang anda lamar. (Pojok kanan atas amplop)
  5. PENTING! Kamu harus memperhatikan tanggal tutup penerimaan lamaran, agar kamu bisa memperhitungkan pengiriman paket menggunakan jasa pengiriman yang mana.

Cara mengirimkan surat lamaran kerja online

  1. Lampirkan Curriculum Vitae dan Lamaran kerja dengan file yang berbeda, dengan file kurang dari 2 MB.
  2. Apabila diminta file dokumen tambahan lainya seperti Ijazah, Transkip Nilai dan lain lain. File dokumen ini jangan digabungkan ke file zip, lebih baik untuk disatukan jadi satu file word atau pdf.
  3. Ini paling penting tuliskan body email dan subject. Apabila subject ditentukan perusahaan yang dilamar maka ikuti yang diperintahkan.
    Apabila tidak subject tidak ditentukan kamu bisa menuliskan seperti “surat lamaran kerja untuk posisi finance staff“.
    Yang harus terdapat dalam body email antaralain:
    • Tuliskan kepada siapa surat lamaran itu ditunjukan, seperti kepada pejabat berwenang di perusahaan yang dilamar.
    • Perkenalkan diri anda secara singkat dan jelaskan dari mana informasi lowongan kerja yang anda dapatkan.
    • Jelaskan sedikit tentang background pendidikan atau pengalaman kerja apabila sudah ada
    • Tuliskan apa saja yang anda lampirkan dalam email anda.
    • Tuliskan harapan anda dan ucapkan terimaksih.
    • Jangan lupa salam hormat dan tuliskan nama, nomor handphone & email.

Jangan lakukan ini ketika mengirimkan surat lamaran kerja

  1. Tidak menuliskan body email. Ini akan dianggap tidak profesional oleh perekrut perusahaan.
  2. Lampiran lebih 2MB. Soalnya apabila lampiran lebih dari 2 MB maka tidak bisa dilampirkan langsung diemail.
  3. Jangan mengirimkan hanya file CV saja. Walau pun yang diminta oleh perekrut hanya CV, lebih baik anda juga melampirkan surat lamaran kerja dan portofolio jika ada.
  4. Jangan gabungkan dokumen ke file ZIP. Karena perekrut akan merepotkan untuk membuka filenya.

Contoh Body Email Saat Mengirimkan Surat Lamaran Kerja

Dear,
Fulan
Ruminesia.id
021-7568201

Perkenalkan nama saya Athif Amiruddin Muhtadi. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan via Whatssap, perusahaan ibu saat ini sedang membuka lamaran kerja untuk posisi finance staff. Dengan mengirimkan email ini saya ingin menunjukan ketertarikan saya untuk mengisi posisi tersebut.

Saya memiliki background pendidikan S1 dengan jurusan Ekonomi Syariah. Disana saya mempelajari beberapa hal seperti akunting, manajemen keuangan dan perpajakan. Dengan latar belakang tersebut saya yakin bisa membantu dalam bekerja pada posisi tersebut.

Untuk pertimbangan bapak, saya melampirkan beberapa file antaralain:

  1. Application Letter *wajib
  2. Curriculum Vitae *wajib
  3. Additional Document *apabila diminta

Besar harapan saya untuk bisa mengikuti proses seleksi penerimaan pegawai berikutnya. Atas perhatian Bapak saya ucapkan terimakasih.

Best Regard,
Athif Amiruddin Muhtadi
085768166679/ athif_am@outlook.com

Jasa Pembuatan Curriculum Vitae

Saya menyediakan jasa pembuatan Curriculum Vitae beserta translate bahasa inggris dan juga bonus template ATS. Apabila berminat kamu bisa klik pada tombol dibawah ini.

Pesan via Whatsapp Ruminesia
Pesan via Fastwork Ruminesia

Nah begitu saja artikel mengenai cara kirim surat lamaran kerja dan curriculum vitae. Apakah masih ada yang kurang? Tulis dikolom komentar. Semoga dapat membantu dan terimakasih telah membaca. See Yaa.

Jangan lupa untuk likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *