Tips dan Cara Membuat Password Kuat Agar Tidak Mudah di Jebol

ruminesia.id – Memiliki password yang kuat adalah langkah penting untuk melindungi akun dan data pribadi kamu dari ancaman siber. Dalam artikel ini, kamu akan belajar cara membuat password kuat yang tidak mudah diretas.

Password yang kuat harus terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Selain itu, penting juga untuk menghindari penggunaan informasi pribadi yang mudah ditebak. Mari kita pelajari lebih lanjut cara-cara praktis untuk menciptakan password yang aman dan andal.

Apa itu Password?

Password adalah sederetan karakter yang digunakan untuk membatasi akses ke suatu sistem. Password bersifat sangat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh satu orang atau kelompok tertentu yang memiliki kepentingan khusus.

Dalam konteks lain, password adalah kumpulan karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi pengguna, memungkinkan mereka untuk login ke program, website, atau aplikasi tertentu.

Setiap program, website, atau aplikasi memiliki aturan tersendiri terkait password, seperti jumlah karakter minimal 6 hingga 8 karakter dan maksimal 16 karakter.

Jenis Jenis Password

Password yang digunakan pada setiap website, media sosial, dan aplikasi memiliki variasi yang berbeda. Ada yang menggunakan kombinasi karakter, ada juga yang hanya terdiri dari huruf atau angka saja.

Secara umum, kebanyakan aplikasi atau program akan meminta kamu untuk membuat password dengan kombinasi dari ketiga jenis ini. Mari kita lihat perbedaan di antara mereka:

1. Password Hanya Huruf Saja

Password ini hanya terdiri dari huruf, baik huruf besar maupun huruf kecil. Contoh password yang hanya menggunakan huruf adalah: TahuBulat.

2. Password Hanya Angka Saja

Password ini hanya menggunakan angka. Contohnya adalah: 12345678. Namun, kamu perlu menghindari penggunaan angka yang berurutan, tanggal lahir, atau tanggal penting seperti hari pernikahan atau ulang tahun anak, karena hacker sering mencoba tanggal-tanggal tersebut.

3. Password Umum (Kombinasi Karakter)

Password jenis ini memungkinkan kamu untuk menggunakan kombinasi dari huruf (A-Z, a-z), angka (0-9), serta tanda baca atau simbol (!, @, #, $, dll). Contoh password dengan kombinasi karakter adalah: @TahuBulat8.

Menggunakan password yang kuat dan aman sangat penting untuk melindungi akunmu dari akses yang tidak sah. Pastikan kamu selalu memperbarui password secara berkala dan tidak menggunakan password yang sama untuk banyak akun.

Mengapa Penting Membuat Password Kuat?

Saat ini akun sosial media atau email tidak bisa dianggap enteng atau sebelah mata. Karena saat ini hal tersebut berhubungan dengan kehidupan seperti pembayaran elektronik, perbankan, tagihan dan lain-lain.

Akan sangat berbahaya apabila kamu abay dalam menjaga password agar tetap kuat. Berikut ruminesia.id menunjukan data berapa lama hacker bisa menjebol suatu akun:

berapa lama password kuat dapat diretas?
Data Berapa Lama Password Kuat di Retas

Dari data di atas terdapat fakta mencengangkan bahwa semakin sedikit pencampuran karakter password maka akan mudah diretas.

Cara Membuat Password Kuat

Cara Membuat Password Kuat Agar Tidak Mudah di Jebol
Image from Freepik

Untuk melindungi akunmu dari peretas, penting untuk membuat password yang kuat dan sulit ditebak. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari Informasi Pribadi yang Mudah Ditebak

Jangan gunakan kata atau kalimat yang berkaitan dengan informasi pribadi yang sudah tersebar di internet atau media sosial, seperti nama pasangan, tanggal lahir, atau pekerjaan.

2. Buat Password Lebih dari 12 Karakter

Usahakan password yang kamu buat memiliki lebih dari 12 karakter. Password yang lebih panjang biasanya lebih sulit untuk diretas.

3. Simpan Password dengan Aman

Jika kamu khawatir lupa dengan password yang kamu buat, tuliskan di buku atau simpan di dokumen di komputermu. Namun, pastikan dokumen tersebut tidak mencurigakan sebagai tempat menyimpan password dan jangan memberi judul yang jelas seperti “kumpulan password”.

4. Gunakan Kombinasi Karakter

Jika memungkinkan, gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol pada passwordmu. Beberapa platform mungkin tidak mengizinkan penggunaan simbol, jadi periksa aturan yang berlaku.

5. Kombinasi Huruf Besar dan Kecil

Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil untuk membuat password lebih kuat. Tips agar mudah diingat, gunakan huruf kapital di setiap awal kata dalam password. Misalnya, @tahubulatdadakan423 bisa menjadi @TahuBulatDadakan423.

6. Sisipkan Angka di Berbagai Posisi

Tambahkan angka di bagian depan, belakang, atau tengah kata dalam passwordmu. Kamu juga bisa mengganti huruf dengan angka yang mirip, seperti mengganti huruf “a” dengan “4”. Contohnya, P4sswordKu4t!.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat password yang lebih kuat dan aman, sehingga akunmu lebih terlindungi dari upaya peretasan.

Tips Membuat Password Kuat

Untuk melindungi akun dan informasi pribadimu dari serangan siber, penting untuk membuat password yang kuat. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Jangan Menggunakan Informasi Pribadi: Hindari menggunakan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat, atau hobi yang dapat ditemukan di media sosial atau profil publik.
  2. Gunakan Password yang Panjang: Buat password yang panjang, minimal 12 karakter. Semakin panjang password, semakin sulit untuk ditebak.
  3. Kombinasi Karakter: Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, dan karakter khusus seperti simbol (!, @, #, $, dll.).
  4. Hindari Kata-kata yang Mudah Ditebak: Jangan gunakan kata-kata umum seperti “password”, “123456”, atau nama-nama yang umum digunakan.
  5. Hindari Pola Sederhana: Jangan gunakan pola sederhana seperti “qwerty” atau “asdfgh”, karena mudah ditebak.
  6. Password Unik untuk Setiap Akun: Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun. Jika salah satu akun terkena serangan, akun lainnya tetap aman.
  7. Gunakan Manajer Kata Sandi: Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi atau manajer kata sandi yang dapat membuat, menyimpan, dan mengingatkanmu tentang kata sandi yang kuat untuk setiap akunmu.
  8. Aktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA): Aktifkan opsi otentikasi dua faktor (2FA) di akun-akun pentingmu. 2FA menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode verifikasi tambahan setelah memasukkan kata sandi.
  9. Perbarui Password Secara Berkala: Secara berkala, ubah kata sandimu, terutama untuk akun yang krusial seperti email dan perbankan. Ini akan mengurangi risiko jika ada kemungkinan kata sandimu telah bocor.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat password yang kuat dan aman untuk melindungi akun dan informasi pribadimu dari serangan siber.

Tips Agar Sosial Media Tidak Mudah Diretas

Untuk menjaga keamanan akun media sosialmu, ada beberapa langkah penting yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa tips agar akun media sosialmu tidak mudah diretas:

1. Jangan Memberitahu Password pada Siapa Pun

Password yang kuat dan aman sebaiknya hanya diketahui olehmu. Jangan pernah memberitahukan passwordmu kepada siapa pun, karena risiko penyalahgunaan akan meningkat jika orang lain mengetahuinya.

2. Pantau Riwayat Perangkat Login

Beberapa aplikasi atau media sosial memiliki fitur untuk melacak riwayat login. Misalnya, jika akun Gmail-mu digunakan di kota Bekasi padahal kamu tidak pernah ke sana, berarti ada yang menyalahgunakan akunmu. Selalu cek perangkat yang login dan lokasinya untuk memastikan akun media sosialmu tetap aman.

3. Ganti Password Secara Berkala

Usahakan untuk mengganti password secara berkala, minimal sekali setiap bulan. Mengubah password secara rutin dapat mengurangi risiko akunmu diretas.

4. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Jika aplikasi atau media sosial menawarkan verifikasi dua langkah, manfaatkan fitur tersebut. Ini akan menambah lapisan keamanan akunmu.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile. Saat kamu login, kamu akan diminta memasukkan kode OTP yang ada di aplikasi verifikasi tersebut.

5. Buat Akun atau Email Pemulihan

Pastikan kamu memiliki akun atau email pemulihan. Ini penting jika suatu saat kamu kehilangan akses ke akunmu. Kamu juga bisa menggunakan nomor handphone sebagai opsi pemulihan akun.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat meningkatkan keamanan akun media sosialmu dan mengurangi risiko peretasan. Tetaplah waspada dan selalu perbarui langkah-langkah keamananmu.

Contoh Password Kuat

Berikut adalah beberapa contoh variasi password kuat yang bisa kamu buat dengan menggunakan kata “chibi maruko chan”. Variasi ini menggabungkan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk meningkatkan keamanannya:

  1. @8ChibiMarukoChan
  2. @ChibiMarukoChan8
  3. @Chibi8Maruko8Chan
  4. @Ch1b1MarukoChan
  5. @ChibiM4rukoCh4n
  6. @Ch1b1M4ruk0Ch4n

Dengan menggunakan variasi seperti ini, passwordmu akan lebih sulit ditebak dan lebih aman dari upaya peretasan. Pastikan untuk selalu menggunakan password yang unik dan kuat untuk setiap akun yang kamu miliki.

Baca Juga:

Pertanyaan terkait Password

Berikut beberapa pertanyaan terkait password, antaralain:

1. Apa itu Password?

Password atau kata sandi adalah serangkaian karakter atau string yang digunakan oleh pengguna untuk memverifikasi identitas mereka pada sistem keamanan yang ada di jaringan atau sistem operasi multiuser.

Password ini memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang dapat mengakses informasi atau layanan tertentu.

2. Contoh password itu seperti apa?

Berikut adalah contoh password yang kuat: m#P52s@ap$V. Password ini panjang dan sulit ditebak karena terdiri dari lebih dari 10 karakter yang merupakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Selain itu, password ini tidak mengandung kata-kata umum atau informasi pribadi yang mudah ditebak.

3. Password yang kuat harus terdiri dari apa?

Password yang kuat harus terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol khusus seperti tanda baca. Kombinasi ini membuat password lebih sulit untuk diretas.

4. Berapa minimal password?

Gunakan password dengan panjang minimal 8 karakter. Pastikan passwordmu mengandung kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus atau tanda baca untuk meningkatkan keamanannya.

5. Apa tugas password?

Password berfungsi untuk membatasi akses pengguna yang tidak berkepentingan, meminimalisir risiko peretasan melalui logger keystroke, dan meningkatkan keamanan data serta informasi pribadi.

Dengan memahami cara membuat dan menggunakan password yang kuat, kamu dapat melindungi akun dan data pribadimu dari ancaman keamanan. Selalu jaga kerahasiaan passwordmu dan lakukan penggantian secara berkala untuk menjaga keamanan yang optimal.

Kesimpulan

Memahami cara membuat password kuat adalah langkah krusial untuk menjaga keamanan akun dan data pribadi kamu dari serangan siber.

Dengan mengikuti langkah-langkah praktis yang telah dibahas, seperti menggunakan kombinasi karakter yang kompleks dan mengganti password secara berkala, kamu bisa memastikan akunmu lebih aman.

Jangan lupa untuk selalu memantau aktivitas login dan menggunakan verifikasi dua langkah jika memungkinkan. Jika kamu memiliki tips atau pengalaman lain tentang cara membuat password kuat, silakan bagikan di kolom komentar.

Jangan ragu untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak orang dapat melindungi akun mereka dengan password yang aman.

Referensi

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *