3 Rekomendasi Situs Freelance Untuk Penghasilan Tambahan

Ada saatnya kita dihadapkan pada posisi mencari uang tambahan untuk keluarga. Menjadi seorang freelance adalah salah satu solusinya. Saya akan berbagi pengalaman mendapatkan penghasilan dari situs freelance.

Untuk saat ini saya pernah mendapatkan penghasilan dari 3 situs freelance. Pada artikel ini akan membahas tentang freelance dan rekomendasi website freelance tersebut.

Apa Itu Freelance?

Pengertian Freelance

Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan untuk mengerjakan suatu proyek. Pekerja Freelance atau dikenal dengan freelancer tidak terikat kontrak dengan suatu perusahaan tetapi terikat dalam pekerjaan.

Suatu perusahaan biasanya merekrut seorang freelance karena beberapa alasan. Contohnya seperti proyek dikerjakan sesekali dan menekan biaya pengupahan.

Apa Saja Kerjaan Freelance?

Kerjaan freelance sangat banyak sekali jenisnya mulai dari konvensional sampai digital. Untuk contohnya sendiri freelance konvensional yaitu menjadi sales suatu produk.

Pekerjaan Freelance Content Writer

Sedangkan untuk digital sendiri sangat banyak sekali mulai dari pemograman, pembuatan website sampai menulis ulang suatu dokumen. Berikut daftar kerjaan freelance yang ditawarkan di internet:

  • Desain Grafis
  • Translator
  • Penulisan Artikel
  • Penulisan Dokumen
  • Data Entry
  • Pemograman
  • Pembuatan Aplikasi
  • Pengembangan dan Pembuatan Website
  • Ilustrator
  • Animator
  • Sales Marketing
  • dan masih banyak lagi

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer?

Untuk menjadi freelance caranya mudah yaitu dengan cara melamar pekerjaan freelance yang tersedia di internet. Kamu juga bisa mengunjungi situs freelance yang sudah banyak pilihannya.

Saran saya untuk menjadi freelance harus memiliki profile yang baik untuk bisa terpilih mengerjakan suatu proyek. Kamu bisa memulai dengan memperbaiki profile linkedin untuk bahan pertimbangan pemilik proyek.

Untuk tahapannya menjadi freelancer seperti ini:

  1. Apabila kamu belum mempunyai portofolio, pastikan profile (linkedin) kamu lengkap
  2. Untuk awal jangan dulu pilih-pilih proyek untuk menambah portofolio dan branding personal
  3. Kamu harus konsisten. Contoh, apabila kamu seorang ilustrator kamu bisa membuat gambar setiap hari.

Apa itu situs Freelance?

Situs Freelance adalah website yang berisi kumpulan pekerjaan freelance yang didalamnya terdapat penjual dan pembeli. Jadi di situs freelance kamu bisa menjadi seorang freelancer atau yang membeli jasa freelancer.

Website freelance memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing seperti komisi untuk penyedia situs, cara melamar pekerjaan dan cara pembayaran.

Untuk sistem pembayaran sendiri pada umumnya website freelance menggunakan konsep yang sama. Penyedia website freelance sebagai mediator/ rekening bersama antara freelancer dan pemberi kerja.

Banyak sekali situs freelance baik di Indonesia maupun luar negeri. Berikut beberapa rekomendasi situs yang pernah saya gunakan.

Situs Freelance Indonesia Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi website freelance di Indonesia:

Pertama, Fastwork

Logo Situs Freelance Fastwork

Pada situs fastwork kamu akan diminta untuk membuat profile dan memverifikasi data diri terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa langsung menawarkan jasa apa saja yang kamu sediakan.

Cara Kerja Fastwork

Fastwork menawarkan banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa menyesuaikan dengan passion kamu. Namun, untuk Fastwork kita tidak bisa menjemput bola tetapi menunggu ada yang bid pekerjaan kita.

Apabila terdapat pelanggan yang melakukan bid kamu bisa menemukannya di kolom chat. Nah, pada kolom ini kamu bisa menawarkan proposal apa saja yang kamu kerjakan, membutuhkan berapa hari dan harga untuk pekerjaan tersebut.

Baca Juga: Sharing Pengalaman Penerimaan Pegawai Fastwork Indonesia

Kedua, Projects.co.id

Logo Situs Freelance Project.co.id

Apabila kamu bertanya situs freelance untuk pemula atau situs freelance mahasiswa. Saya akan merekomendasikan situs ini, karena kita bisa bid lowongan yang tersedia pada projects.co.id.

Hal ini membantu dan meningkatkan peluang bagi pemula atau mahasiswa untuk mendapatkan proyek pertama dan menjadikannya sebagai portofolio. Untuk jenis pekerjaan sendiri banyak sekali bisa kamu cek sendiri di websitenya.

Cara Kerja projects.co.id

Berbeda dengan Fastwork pada situs ini kamu selain bisa menawarkan pekerjaan bisa juga “menjemput bola”. Dalam artian kamu bisa mengirimkan lamaran pada proyek yang tersedia.

Untuk komisi website freelance projects.co.id berbeda-beda tergantung dengan nilai proyek yang dikerjakan. Saya sendiri pernah mengerjakan proyek senilai satu juta rupiah dan mendapatkan potongan sebesar 12%.

Angka 12% termasuk kecil dibandingkan dengan website freelance pada umumnya bisa mencapai 20% tanpa ada minimum transaksi.

Untuk menjadi Freelance di Projects.co.id kamu hanya perlu mendaftar sebagai freelance. Setelah itu atur profile kamu agar menarik perhatian pelanggan.

Yang terpenting salah satu yang saya suka dari projects.co.id adalah kita bisa bid banyak proyek tanpa batas. Walau pun begitu harus mempertimbangkan apakah sanggup, apabila kamu diterima oleh beberapa penyedia pekerjaan.

Kamu bisa mendaftar jadi freelancer projects.co.id dengan menekan gambar dibawah ini.

Jadi Freelancer Projects.co.id

Situs Freelance Luar Negeri

Pertama, Upwork

Upwork merupakan website freelance luar negeri. Website ini sama seperti project.co.id bisa bid pekerjaan tersedia atau menawarkan pekerjaan. Namun yang berbeda website ini memiliki batasan berapa proyek yang bisa di bid.

Logo Situs Freelance Upwork.com

Banyak sekali pilihan pekerjaan dari luar negeri, bahkan terkadang ada pekerjaan berbahasa Indonesia. Contoh pekerjaan yang berbahasa Indonesia seperti menulis artikel, translate dokumen dan pengetikan dokumen.

Untuk komisi upwork sendiri dipotong 20% untuk platform. Kamu juga harus mempunyai paypal atau wallet lainnya. Transfer langsung melalui akun Bank Indonesia juga bisa. Akan tetapi ada biaya tambahan untuk melakukan transfer.

Untuk mendapatkan pekerjaan kamu lebih baik melengkapi terlebih dahulu profile upwork dan melakukan verifikasi data. Hal ini bisa meningkatkan peluang kamu mendapatkan pekerjaan dari luar negeri.

Keuntungan dan Kerugian Menjadi Seorang Freelance

Ada beberapa keuntungan menjadi seorang freelance, antaralain:

  1. Bisa mendapatkan penghasilan tak terbatas
  2. Waktu bekerja bisa ditentukan sendiri
  3. Pekerjaan yang diambil bisa sesuai dengan passion

Sedangkan kerugian menjadi seorang freelance, antralain:

  1. Pekerjaan tidak tetap, bisa jadi tidak mendapatkan pekerjaan sama sekali
  2. Sebuah pekerjaan ditawar dengan harga murah
  3. Banyak revisi yang diminta oleh klien

Baca Juga Artikel Ruminesia lainnya disini!

Pertanyaan Terkait Freelance

Beberapa pertanyaan yang sering muncul di internet terkait freelance:

Kerja Freelance Seperti Apa?

Bekerja sebagai freelance bisa disebut juga sebagai setengah pengangguran. Karena bisa jadi dalam waktu tertentu tidak mendapatkan pekerjaan.

Kerja freelance berarti kamu memiliki ikatan kerja dengan pemilik proyek sampai batas waktu yang ditentukan atau pekerjaan selesai.

Biasanya pekerjaan freelance tidak bersifat lama atau shortterm. Walau pun longterm kamu tidak akan mendapatkan hak sebagai karyawan.

Jam kerja pun biasanya tidak terikat oleh waktu, pekerjaan yang dilakukan pun tidak seperti karyawan kontrak atau karyawan permanen.

Berapa Gaji seorang Freelance?

Apabila ditanya berapa gaji freelance jawabannya dari ucapan terimakasih sampai tak terhingga. Ya, tak terhingga. Kamu bisa menawarkan jasa berapa pun yang kamu mau. Tapi apakah ada yang akan pakai jasa kamu?

Maka perlu untuk seorang freelance membangun portofolio dan menyimpan portofolionya dengan baik. Hal ini bisa menjadi nilai jual kamu ketika menawar suatu pekerjaan freelance atau melamar pekerjaan tetap.

Apa bedanya Kerja Partime dan Freelance?

Perbedaan antara kerja partime dan freelance adalah bagaimana suatu kinerja dilihat. Untuk partime sendiri dilihat dari jam kerja sedangkan untuk freelance sebarapa banyak proyek yang diselesaikan.

Walau pun begitu keduanya tidak terikat kontrak dengan perusahaan dan tidak akan mendapatkan benefit sebagai karyawan tetap.

Berapa Jam Kerja Freelance?

Karena seorang freelancer tidak terikat kontrak dengan suatu perusahaan. Maka tidak ada batasan minimal berapa jam seorang freelancer bekerja kecuali untuk beberapa pekerjaan tertentu.

Contohnya, ada yang mensyaratkan seorang freelance bekerja selama 20 jam dalam 1 minggu. Akan tetapi biasanya tidak ada jam kerja yang pasti.

Untuk seorang freelance yang perlu diperhatikan adalah mengatur waktu pribadi. Karena mungkin dalam satu waktu kamu akan mendapatkan beberapa pekerjaan sekaligus.

Mengatur waktu dengan baik dan tidak berleha-leha akan memudahkan kamu dalam menjalani pekerjaan sebagai freelancer. Dan tentunya tetap dengan jam tidur yang baik.

Apakah Freelance Termasuk Karyawan?

Berbeda dengan karyawan, freelance biasanya tidak terikat dengan waktu kerja. Selain itu freelance tidak akan mendapatkan hak seperti karyawan pada perusahaan tersebut.

Nah, itulah artikel tentang rekomendasi situs freelance terbaik. Kamu punya yang lainnya? Tuliskan dikolom komentar. Terimakasih telah membaca. See Yaa.

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *