Review Nasi Kebuli Jordan Bekasi (9/ 10)

ruminesia.id – Menikmati kelezatan kuliner khas Timur Tengah tak perlu jauh-jauh, karena sekarang kamu bisa merasakannya di Bekasi. Dalam ulasan ini, kita akan menjelajahi pengalaman unik melalui “Review Nasi Kebuli Jordan Bekasi”.

Temukan cerita di balik cita rasa istimewa yang memikat lidahmu saat menjelajahi kelezatan nasi kebuli ala Jordan di tengah Kota Bekasi.

Bukan seorang ahli kuliner apalagi seorang chef, hanya pecinta kuliner dan suka makan. Penilaian kuliner bersifat subjektif, bukan karena ilmu pengetahuan dibidang kuliner. Poin penting: enak menurut saya belum tentu enak menurut kamu, pun sebaliknya.

Disclaimer

Informasi terkait Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Nasi Kebuli Jordan, sebuah restoran Turki di Bekasi, menghadirkan ragam hidangan Turki autentik, termasuk sajian istimewa, nasi kebuli.

Dengan menggunakan beras basmati yang dimasak penuh rempah khas Turki, seperti kapulaga, kayu manis, dan jintan, nasi kebuli di sini memikat dengan cita rasa gurih yang lezat. Ayam atau kambing yang diolah juga terbenam dalam rempah-rempah yang serupa, menambahkan kelezatan pada setiap suapannya.

Sajian nasi kebuli ini disuguhkan dengan aneka lauk-pauk, termasuk acar, sambal, dan sayuran segar. Sambal kebuli khas mereka, terbuat dari cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih, memberikan sentuhan pedas yang pas untuk dinikmati bersama nasi kebuli yang gurih.

Rasakan nikmatnya kemewahan kuliner Turki di Bekasi, dan temukan pengalaman kuliner yang memikat di Nasi Kebuli Jordan.

Alamat Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Nikmati sajian kuliner Turki di Nasi Kebuli Jordan Bekasi yang terletak di Jl. Bintara no. 13, Bintara, Bekasi Barat. Alamat Nasi Kebuli Jordan Bekasi yang strategis ini membuat restoran ini mudah dijangkau.

Jam Buka Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Nikmati kelezatan Nasi Kebuli Jordan Bekasi setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 21:00 WIB. Restoran ini siap menyajikan pengalaman kuliner Turki yang memikat untuk memuaskan lidahmu. Datang dan rasakan kenikmatannya setiap hari.

Harga dan Menu Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Berikut beberapa menu Nasi Kebuli Jordan Bekasi, seperti:

Menu Nasi Kebuli Jordan Bekasi
Menu Nasi Kebuli Jordan Bekasi
Menu Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Menu Makanan Nasi Kebuli Jordan Bekasi

  • Ayam Kebuli Perpotong – Rp. 30.000
  • Kambing Kebuli Perpotong – Rp. 80.000
  • Nasi Kebuli Aja – Rp. 30.000
  • Paket Nasi Kebuli Ayam (Dada/ Paha) – Rp. 35.000/ Rp. 40.000
  • Paket Nasi Kebuli Kambing – Rp. 100.000
  • Tambah Sambal Bungkus – Rp. 5.000
  • Sambuli Botol – Rp. 20.000

Menu Paket Loyang Nasi Kebuli Jordan Bekasi

  • Loyang Mini Isi 3 Pcs Ayam – Rp. 120.000
  • Loyang Sedang Isi 5 Pcs Ayam – Rp. 200.000
  • Loyang Besar Isi 10 Pcs Ayam – Rp. 400.000
  • Loyang Mini Kambing – Rp. 300.000
  • Loyang Sedang Isi 5 Pcs Kambing – Rp. 500.000
  • Loyang Besar Isi 10 Pcs Kambing- Rp. 950.000

Menu Paket Loyang Mix Nasi Kebuli Jordan Bekasi

  • Loyang Mini Isi 2 Pcs Ayam & 1 Kambing – Rp. 120.000
  • Loyang Sedang Isi 3 Pcs Ayam & 2 Kambing – Rp. 200.000
  • Loyang Besar Isi 5 Pcs Ayam & 5 Kambing – Rp. 400.000

Menu Minuman Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Menu Minuman Nasi Kebuli Jordan Bekasi
  • Es Teh Bos – Rp. 7.000
  • Air Mineral – Rp. 7.000
  • Teh Pucuk – Rp. 7.000
  • Orange – Rp. 10.000
  • Teh Arab Maklum – Rp. 12.000
  • Varian Kebuli Jordan (KJ) Drink – Rp. 12.000
    • Leci
    • Cappucino
    • Blueberry
    • Alpukat
    • Mangga
    • Taro

Review Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Review Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Ini merupakan pengalaman pertama saya mencicipi kebuli jordan tepatnya yang ada di Bekasi. Saya tidak makan ditempat tetapi dibawa pulang. Untuk pengemasan sangat aman karena di wraping menggunakan plastik.

Pada saat itu saya dan istri memesan kambing perpotong dan paket loyang mini isi 3 pcs ayam. Berikut penampakan gambar dari paket loyang mini isi 3 pcs ayam:

Makanan Nasi Kebuli Jordan Bekasi
Struk Nasi Kebuli Jordan Bekasi

Untuk kambing perpotongnya tidak terpoto, tetapi didalamnya terdapat 3 potongan kambing yang ukurannya lumayan besar. Loyang mini ayam ini bisa untuk makan 3-5 orang karena porsinya lumayan besar.

Untuk rasa nasinya sangat berbumbu dan sangat enak sekali. Sedangkan, untuk ayam dan kambingnya enak juga karena bumbunya meresap hingga kedalam. Untuk ukuran ayam dan kambingnya pun puas dengan harga yang ditawarkan menjadi memuaskan.

Untuk sambelnya mantap, karena pedas banget tapi tetap enak untuk dimakan serta perpaduan yang cocok dengan nasi kebulinya. Kalau yang tidak suka pedas jangan coba sambalnya atau bisa mencoba menambahkan kecap pada sambalnya.

Untuk penyajiannya tergolong cepat, mungkin karena sedang sepi setelah hujan juga. Jadi, saya dan isteri hanya menunggu sekitar 15 menitan. Overall, apabila diminta untuk memberi nilai 9/10 cocok banget untuk Nasi Kebuli Jordan Bekasi.

Baca Juga:

Review Kuliner Ruminesia

Pertanyaan terkait Nasi Kebuli

Berikut beberapa pertanyaan terkait nasi kebuli, antaralain:

1. Nasi Kebuli Jordan milik siapa?

Nasi Kebuli Jordan berdiri atas inisiatif Bagus Pamasta Adjie pada tahun 2019, seorang pengusaha muda kelahiran Jakarta tahun 1992. Pengalaman berharga yang dimilikinya dalam industri kuliner selama beberapa tahun sebelum mendirikan Nasi Kebuli Jordan memberikan sentuhan khusus pada usaha ini.

2. Apa itu nasi kebuli?

Nasi Kebuli merupakan sajian nasi khas Indonesia yang memiliki akar budaya Arab. Hidangan ini terdiri dari beras basmati yang dimasak dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, memberikan cita rasa yang khas.

Nasi kebuli sering kali disajikan dengan daging kambing goreng, acar, sambal, dan taburan bawang goreng, menciptakan paduan cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

3. Apa ciri khas nasi kebuli?

Kamu mungkin tertarik untuk mengetahui ciri khas dari nasi kebuli, di antaranya:

1. Beras Basmati yang Menyajikan Kelebihan Tekstur dan Rasa Gurih

Nasi kebuli dibuat dari beras basmati, varietas beras asal India yang memiliki tekstur panjang dan ramping. Selain itu, beras basmati memberikan rasa gurih yang khas.

2. Proses Memasak yang Menggunakan Kaldu Daging Kambing, Susu Kambing, dan Minyak Samin

Dalam proses memasaknya, nasi kebuli diperkaya dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Kaldu daging kambing memberikan nuansa gurih, sedangkan susu kambing memberikan kelembutan rasa creamy, dan minyak samin menyumbangkan aroma khas.

3. Penggunaan Rempah-Rempah yang Beragam

Nasi kebuli diperkaya dengan berbagai rempah-rempah seperti kapulaga, kayu manis, jintan, cengkeh, dan kunyit. Campuran rempah-rempah ini memberikan cita rasa gurih dan aroma khas pada nasi kebuli.

4. Paduan Sempurna dengan Daging Kambing Goreng

Biasanya disajikan dengan daging kambing goreng, nasi kebuli menghadirkan paduan rasa gurih dan tekstur empuk yang berasal dari daging kambing.

5. Acompaniment yang Menggugah Selera: Acar, Sambal, dan Bawang Goreng

Nasi kebuli disajikan lengkap dengan acar, sambal, dan bawang goreng. Acar memberikan sentuhan segar dan asam, sambal memberikan rasa pedas, sementara bawang goreng memberikan aroma khas.

6. Warna Kuning yang Memikat Mata

Dibedakan dari nasi putih biasa, nasi kebuli memiliki warna yang lebih kuning karena penggunaan kunyit dalam bumbu masakannya.

7. Rasa Gurih dan Kaya Rempah yang Menggoda Lidah

Nasi kebuli memukau dengan rasa yang lebih gurih dan kaya rempah, berkat penggunaan kaldu daging kambing, susu kambing, dan rempah-rempah.

8. Aroma Khas yang Mengundang Selera

Aroma khas nasi kebuli dihasilkan dari kombinasi beragam rempah-rempah yang digunakan dalam proses memasaknya.

Dengan ciri khas ini, nasi kebuli tidak hanya memanjakan lidah namun juga menyuguhkan pengalaman kuliner yang unik dan berbeda.

4. Darimana asal nasi kebuli?

Awalnya, hidangan ini diperkenalkan oleh orang-orang Arab yang menetap di Indonesia, khususnya di Batavia, yang saat ini dikenal sebagai Jakarta. Sejarah mencatat bahwa kehadiran orang-orang Arab di Indonesia sudah terjadi sejak abad ke-7.

Asal usul Nasi Kebuli dapat dilacak hingga hidangan Kabuli Palaw yang berasal dari Afghanistan. Kabuli Palaw sendiri adalah hidangan nasi yang dimasak dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan beragam rempah-rempah.

Hidangan ini diwariskan dari Afghanistan ke Timur Tengah dan Asia Tengah, sebelum akhirnya dibawa ke Indonesia oleh orang-orang Arab yang telah menetap di sini. Dengan begitu, Nasi Kebuli menjadi warisan kuliner yang menggabungkan kekayaan cita rasa dari berbagai budaya.

5. Kenapa disebut nasi kebuli?

Mungkin kamu pernah penasaran kenapa disebut Nasi Kebuli? Nama tersebut sebenarnya berasal dari kata “Kabuli,” yang merupakan nama ibu kota Afghanistan. Nasi Kebuli memiliki akar dari hidangan yang disebut Kabuli Palaw, yang asalnya berasal dari Afghanistan.

Kabuli Palaw sendiri merupakan hidangan nasi yang dimasak dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan berbagai rempah-rempah.

Jadi, Nasi Kebuli tidak hanya memiliki nama yang unik tapi juga membawa sejarah kuliner yang kaya dari Afghanistan ke dalam hidangan yang kita nikmati.

6. Apa bedanya nasi kebuli dan nasi briyani?

KarakteristikNasi KebuliNasi Briyani
Asal usulAfghanistanIndia
Bahan bakuBeras basmatiBeras basmati, beras biasa
Cara memasakDengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak saminDengan kaldu daging sapi, ayam, atau kambing, dan rempah-rempah
BumbuKapulaga, kayu manis, jintan, cengkeh, kunyitKapulaga, kayu manis, jintan, cengkeh, kunyit, jahe, daun mint
SajianDaging kambing goreng, acar, sambal, dan bawang gorengDaging sapi, ayam, atau kambing, sayur, dan yogurt
perbedaan nasi kebuli dan nasi briyani

Mungkin kamu ingin tahu perbedaan antara Nasi Kebuli dan Nasi Briyani. Yuk, kita lihat!

  • Asal Usul: Nasi kebuli berasal dari Afghanistan, sementara nasi briyani memiliki asal-usul dari India.
  • Bahan Baku: Nasi kebuli biasanya menggunakan beras basmati, sedangkan nasi briyani dapat menggunakan berbagai jenis beras, termasuk beras basmati.
  • Cara Memasak: Proses memasak nasi kebuli melibatkan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Di sisi lain, nasi briyani dimasak dengan kaldu daging sapi, ayam, atau kambing, serta rempah-rempah.
  • Bumbu: Bumbu nasi kebuli umumnya terdiri dari kapulaga, kayu manis, jintan, cengkeh, dan kunyit. Sedangkan bumbu nasi briyani dapat mencakup beragam rempah-rempah, seperti kapulaga, kayu manis, jintan, cengkeh, kunyit, jahe, dan daun mint.
  • Sajian: Nasi kebuli sering disajikan dengan daging kambing goreng, acar, sambal, dan bawang goreng. Sementara itu, nasi briyani dapat disajikan dengan daging sapi, ayam, atau kambing, dilengkapi dengan sayuran dan yogurt.

Dengan perbedaan-perbedaan ini, kedua hidangan ini menawarkan pengalaman rasa yang unik dan memikat. Mungkin kamu bisa mencoba keduanya dan menentukan pilihan favoritmu!

Kesimpulan

Dalam menutup ulasan ini tentang pengalaman menikmati Nasi Kebuli ala Jordan di Bekasi, kita dapat merasakan betapa kekayaan cita rasa Timur Tengah dapat diakses dengan mudah di tengah kota.

“Review Nasi Kebuli Jordan Bekasi” mengajakmu untuk menjelajahi sensasi kuliner yang begitu istimewa dan autentik.

Jangan ragu untuk berbagi pendapatmu atau memberikan komentar di bawah ini, serta bagikan artikel ini kepada teman-teman yang juga gemar menjelajahi kelezatan kuliner unik. Mari bersama-sama mengeksplorasi ragam rasa di dunia kuliner!

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *