6+ Tips Cara Jual Rumah Cepat via Online (Gratis)

Menjual rumah harus memiliki teknik yang berbeda dari berjualan produk dengan harga murah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan persentasi penjualan baik rumah pribadi atau kita sebagai agensi. Pada artikel ini akan membahas terkait tips cara jual rumah mudah lewat internet.

Tips Cara Jual Rumah Cepat Secara Online

Tips Cara Jual Rumah Cepat Lewat Online (Gratis)

Sebenarnya inti dari berjualan rumah itu adalah menarik orang yang potensial, untuk menghubungi kita. Dalam hal ini ada beberapa yang perlu dilakukan atau persiapkan seperti menyiapkan konten, copywriting, selling point dan tentu posting di internet.

Pertama, Menyiapkan Konten

Sebelum berjualan rumah lebih baik anda untuk menyiapkan konten-kontennya seperti foto rumah tampak depan, tampak samping, tampak belakang, kamar, dapur, kamar mandi dan fasilitas lainnya.

Anda juga bisa mengedit fotonya biar terlihat cantik atau menambahkan beberapa keterangan. Seperti untuk foto rumah tampak depan, ditambahkan teks rumah murah berlokasi strategis dan poin-poinnya dilihatkan.

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan kontennya untuk berbentuk video. Karena hal ini juga bisa menjadi nilai tambah dan juga menambah minat customer pada property kita.

Tips Cara Jual Rumah Cepat Lewat Online (Gratis)
Contoh Konten Rumah

Harus diingat bahwa manusia itu makhluk visual, lebih banyak penawaran terlewat tapi tidak dengan gambar. Jadi persiapkan gambar atau video terbaik mu.

Kedua, Tentukan Selling Poin

Tips cara jual rumah kedua adalah menentukan selling poin. Selling poin ini menjadi salah satu yang harus ditambahkan bisa pada konten, caption atau postingan. Biasanya selling poin berisi informasi fasilitas perumahan, fasilitas rumah, lokasi rumah, spesifikasi rumah dan lain-lain. Berikut contoh-contoh selling poin:

  1. Fasilitas Perumahan: CCTV, One Gate System dan Security 24 jam
  2. Fasilitas Rumah: AC, Kanopi, Water Heater, Smart Home
  3. Lokasi Rumah: Akses Transportrasi, Fasilitas Pendidikan, Fasilitas Kesehatan, Fasilitas Komersil dan Fasilitas Rekreasi

Anda bisa memulai dengan cara melist terlebih dahulu semua selling poin dari rumah anda. Terkhusus untuk fasilitas umum anda bisa menggunakan waktu atau jarak dengan perumahan anda, misal 3 menit / 500 m dari Stasiun KRL Cisauk.

Setelah anda melist selling poin pilihlah yang kira-kira cocok dengan target anda. Misalkan untuk pegawai kantoran biasanya mencari yang dekat dengan akses transportasi seperti KRL atau Transjakarta. Hal ini bisa dijadikan highlight pada selling poin rumah atau perumahan.

Ketiga, Copywriting

Siapkan copywriting yang menarik apabila property yang Anda pasarkan atau jual ingin di posting di Sosial Media atau Marketplace. Copywriting adalah sebuah teknik tulisan untuk mengajak pembaca atau penonton melakukan hal yang kita minta. Misalkan, untuk copywriting rumah agar calon pembeli melakukan kontak dengan Kita.

Banyak sekali teknik copywriting yang bisa digunakan dan kursus untuk ini pun sudah banyak di internet. Namun pada umumnya untuk penjualan rumah atau property memiliki template seperti penjelasan terkait project, selling point atau/dan spesifikasi rumah, kata-kata penggugah konsumen dan terakhir adalah Call to Action. Contoh dari Copywriting:

  1. Copywriting Penjelasan Terkait Project, Contoh:
    Telah hadir hunian dengan lingkungan asri, Griya Ruminesia. Yang dibangun oleh Developer berpengalaman dibidangnya. Griya Ruminesia merupakan projek kelima (projek sebelumnya SOL OUT). Berlokasi strategis dekat dengan fasilitas umum seperti Fasilitas Kesehatan dan Fasilitas Transportasi.
  2. Selling point, Contoh:
    Ada pun Fasilitas Umum yang dekat dengan projek kami, yaitu:
    • 500 m dari Stasiun Cisauk
    • 3 km dari AEON Mall BSD
    • 2 km dari Pasar Modern
    • dan lain-lain
  3. Spesifikasi Rumah, Contoh:
    Rumah yang kami jual juga mempunyai spesifikasi rumah yang mumpuni, seperti:
    • Pondasi: Batu Kali
    • Dinding: Bata Merah
    • Atap: Baja Ringan
    • dan lain-lain
  4. Kata-kata penggugah konsumen, Contoh:
    • Khusus bulan ini terdapat promo untuk pembelian rumah dengan cash keras mendapatkan 1 unit motor
    • Segera miliki rumah dengan konsep smart home, unit terbatas.
  5. Call to Action, Contoh:
    • Segera Hubungi Marketing terbaik kami, Unit Terbataas
    • Dapatkan Promonya Sekarang Juga

Beberapa contoh dari Copywriting tadi bisa digunakan semua dalam satu postingan atau sebagian saja. Tapi untuk posting ke facebook dan marketplace bisa semua di masukan pada deskripsi.

Keempat, Jujur dengan Harga

Memang untuk rumah itu biasanya banyak yang disembunyikan seperti DP yang besar atau cicilan yang besar agar konsumen atau leads banyak yang masuk. Akan tetapi ada kekurangan dari hal tersebut, biasanya leads atau calon buyer tidak berkualitas.

Tidak berkualitas yang dimaksud disini adalah konsumen yang menghubungi tidak sesuai dengan yang diinginkan. Misalkan yang datang calon pembelinya tidak bisa menyanggupi DP atau cicilan.

Lebih baik jujur pada harga, DP dan cicilan apabila rumah sedang diiklankan. Berbeda dengan pemasaran gratis boleh saja disembunyikan agar calon buyer banyak yang menghubungi.

Kelima, Posting di Internet

Untuk posting di Internet, tips cara jual rumah online berbeda disetiap platformnya. Berikut adalah rincian yang dapat Anda lakukan untuk berjualan rumah:

  • Tips Cara Jual Online melalui Facebook
    Untuk facebook ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan leads atau calon pembeli, dan inilah tips cara jual rumah via facebook:
    1. Share di Group Relevan
      Anda bisa menshare terkait rumah anda yang dijual di grup publik yang ada di facebook. Pastikan lihat juga peraturan grup nya biar gak spam dan bikin risih. Perhatikan juga hal ini tidak bisa dilakukan langsung sekaligus karena bisa dianggap SPAM.
    2. Posting Setiap Waktu
      Rutinlah untuk terus mengupdate informasi terkait rumah yang dijual. Apabila bisa diselingi dengan konten edukasi atau lainnya yang bisa menambah engagement sosial media kamu juga.
    3. Cek di Pencarian dengan Kata Kunci
      Kamu bisa mengetikan di pencarian Facebook menggunakan kata kunci seperti cari rumah, rumah cisauk, rumah syariah. Nanti kamu bisa filter untuk postingan, apabila beruntung bisa mendapatkan mangsa yang empuk untuk di prospek beli rumah.
Contoh-Hasil-Pencarian-Facebook-Tips-Jual-Rumah-Mudah-dan-Gratis-via-Internet

Tips Cara Jual Rumah Cepat Lewat Online (Gratis)
Contoh Hasil Pencarian Facebook
  • Tips Cara Jual Rumah Melalui Instagram
    Tips cara jual rumah via instagram sebenarnya simple anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
    1. Ganti Menjadi Akun Bisnis
      Mengganti akun bisnis bisa membantu kamu untuk mendapatkan insight data yang diperlukan. Rentang umur, jam aktif followers dan lain-lain. Jadi kamu bisa menjadwalkan kapan waktu yang tepat untuk mempost jualan rumah.
    2. Posting Rumah dan Konten Lain
      Kamu bisa memposting 3 konten dalam satu hari, di waktu paling banyak menggunakan instagram. Jangan melulu konten jualan karena engagment diperlukan untuk instagram.
      Jadi kamu bisa mempos selang-seling antara konten jualan dan konten lainnya. Kamu bisa mempos tentang saran dekorasi rumah, tips membuat kebun dalam rumah dan yang berhubungan dengan rumah.
    3. Pay Attention
      Kamu bisa melakukan komen di beberapa akun seperti akun selebritis, akun pesaing dan yang engagementnya banyak. Kamu bisa komen apa saja di komen tersebut agar ada yang datang ke profilmu. Kalau tidak salah ada batasan komen, jadi jangan lakukan banyak komen dalam satu waktu karena bisa dianggap spam.
  • Tips Cara Jual Rumah melalui Youtube
    Tips Jual Rumah via Youtube ini lumayan dalam mendatangkan leads dari share video terkait perumahan. Dan ini bisa menjadi promosi dengan jangka waktu panjang apabila perumahan tersebut terus diperluas sangat cocok.
    Saya pernah mengupload sebuah video tentang perumahan dan editan seadanya dalam 2 tahun hampir menyentuh angka 3000 penonton. Apabila dirata-ratakan maka 1 hari bisa mendapatkan 4-5 penonton dan ini tentunya merupakan iklan gratis.
  • Tips Cara Jual Rumah di Situs Jual Beli Rumah
    Ada beberpa website marketplace yang bisa diguakan untuk memposting jualan rumah kita seperti OLX, Lamudi, rumah.com, rumah123 dan lain-lain.
    Khusus pada marketplace biasanya untuk akun gratis memiliki jumlah postingan terbatas, misalkan hanya 2 postingan property. Maka harus dimaksimalkan untuk memposting rumah di marketplace.
    Tips jual rumah di marketplace antaralain biasanya pada bagian bawah pencarian atau listingan, biasanya terdapat list pencarian terpopuler. Hal ini bisa Anda gunakan di judul listingan property, tentunya yang relevan.
    Apabila menggunakan sundul atau iklan yang berbayar di marketplace lebih baik untuk menyiapkan terlebih dahulu konten dan copywritingnya agar maksimal.

Tips Cara Jual Rumah Untuk Developer dan Agency

Untuk level agency atau developer menjual rumah setiap bulannya merupakan sebuah target. Untuk memaksimalkan penjualan rumah agency atau developer bisa belajar digital marketing property.

Digital marketing property biasanya terdiri dari pembuatan website, facebook ads dan google ads. Saya merekomendasikan untuk anda yang berbisnis property untuk mengikuti Kelas Online Digital Marketing Property yaitu Ecourse DAV DIGI.

Sekilas tentang DAV DIGI

Dav Digi merupakan agensi digital marketing property yang sudah berpengalaman. Selain menyediakan jasa iklan FB ADS, Google ADS dan Pembuatan Website Property. Perusahaan ini juga menyediakan kelas belajar online Digital Marketing Property.

Baca Selengkapnya: Ecourse DAV DIGI Digital Marketing Property

Apabila kamu tertarik dengan Ecourse Digital Marketing Property kamu bisa mengklik banner dibawah ini.

Digital Marketing Property DAV DIGI - Tips Cara Jual Rumah Cepat Lewat Online (Gratis)

Nah itu lah beberapa tips cara jual rumah cepat melalui media online yang bisa saya sampaikan. Semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan sharing dengan teman yang berjualan property.

Apakah kamu ada tips cara menjual rumah secara online lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini apabila bermanfaat. Terimakasih. See Yaa..

Tips Cara Jual Rumah Cepat Lewat Online (Gratis)
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *