Cara Membuka HP iPhone yang Terkunci dengan Nomor Darurat

ruminesia.id – Jika kamu pernah mengalami situasi di mana HP iPhone kamu terkunci dan kamu memerlukan akses darurat, kamu mungkin bertanya-tanya tentang cara terbaik untuk mengatasinya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan dengan detail tentang cara membuka HP iPhone yang terkunci dengan Nomor Darurat.

Dengan memahami langkah-langkah yang benar, kamu dapat dengan mudah mengatasi masalah tersebut tanpa harus khawatir kehilangan akses ke perangkatmu.

Apa itu Fitur “Nomor Darurat”?

Fitur “Nomor Darurat” pada iPhone, juga dikenal sebagai Emergency SOS, memungkinkan kamu untuk dengan cepat dan mudah memanggil bantuan serta memberi tahu kontak daruratmu.

Perlu diingat bahwa jika kamu menggunakan pintasan Emergency SOS, kamu perlu memasukkan kode sandi untuk mengaktifkan kembali Touch ID atau Face ID, bahkan jika kamu tidak menyelesaikan panggilan ke layanan darurat.

Fungsi dan Kegunaan dari Fitur Nomor Darurat pada iPhone

Fitur Nomor Darurat pada iPhone, yang juga dikenal sebagai Emergency SOS, memiliki beberapa fungsi penting:

  1. Panggilan Darurat Cepat: Fitur ini memungkinkan kamu untuk dengan cepat memanggil bantuan dengan secara otomatis menelepon nomor darurat setempat.
  2. Berbagi Lokasi: iPhone kamu akan membagikan informasi lokasi kepada layanan darurat saat kamu melakukan panggilan dengan fitur SOS. Ini dapat menjadi penting dalam situasi di mana kamu tidak dapat mengkomunikasikan lokasimu.
  3. Pemberitahuan Kontak Darurat: Setelah panggilan darurat berakhir, iPhone kamu akan memberi tahu kontak daruratmu dengan pesan teks, kecuali jika kamu memilih untuk membatalkannya. Kontak daruratmu akan menerima pembaruan saat lokasimu berubah untuk jangka waktu setelah kamu memasuki mode SOS.
  4. Emergency SOS melalui Satelit: Pada iPhone 14 atau yang lebih baru (semua model), kamu dapat menggunakan Emergency SOS melalui satelit untuk mengirim pesan teks kepada layanan darurat saat tidak ada cakupan seluler dan Wi-Fi yang tersedia.
  5. Keamanan: Jika kamu menggunakan pintasan Emergency SOS, kamu perlu memasukkan kode sandi untuk mengaktifkan kembali Touch ID atau Face ID, bahkan jika kamu tidak menyelesaikan panggilan ke layanan darurat. Ini dapat berguna jika kamu berada dalam situasi di mana kamu ingin dengan cepat mengunci ponselmu.

Ingatlah, cara mengaktifkan Emergency SOS bervariasi tergantung pada model iPhone dan wilayah tempat kamu tinggal. Ide bagus untuk mengenalinya dengan baik cara kerjanya pada perangkatmu dan di lokasimu. Fitur ini dapat menjadi penyelamat dalam situasi darurat.

Cara Mengatur dan Mengaktifkan Fitur “Nomor Darurat” pada iPhone

Cara Mengatur dan Mengaktifkan Fitur "Nomor Darurat" pada iPhone
Sumber Gambar: support apple

Untuk menyiapkan dan mengaktifkan fitur “Nomor Darurat” di iPhone kamu, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Tambahkan Kontak Darurat:
    • Buka aplikasi Kesehatan dan ketuk foto profil kamu.
    • Ketuk ID Medis.
    • Ketuk Edit, lalu gulir ke Kontak Darurat.
    • Ketuk tombol Tambah untuk menambahkan kontak darurat.
    • Ketuk kontak, lalu tambahkan hubungannya.
    • Ketuk Selesai untuk menyimpan perubahanmu¹².
  2. Aktifkan Emergency SOS:
    • Buka Pengaturan > Emergency SOS.
    • Kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa opsi. Misalnya, “Panggilan dengan Tahan dan Lepas” memungkinkan kamu untuk menelepon layanan darurat dengan terus menahan tombol samping dan salah satu tombol volume⁴.

Ingatlah, cara mengaktifkan Emergency SOS bervariasi tergantung pada model iPhone dan wilayah tempat kamu tinggal. Ide bagus untuk mengenalinya dengan baik cara kerjanya pada perangkatmu dan di lokasimu.

Fitur ini dapat menjadi penyelamat dalam situasi darurat. Perlu diingat bahwa kamu tidak dapat menyetel layanan darurat sebagai kontak SOS¹.

Situasi Umum Ketika Perlu Membuka iPhone yang Terkunci dengan Nomor Darurat

Membuka iPhone yang terkunci menggunakan fitur Nomor Darurat biasanya diperlukan dalam situasi-situasi berikut:

  1. Lupa Kode Sandi: Ini adalah skenario yang paling umum. Kamu mungkin lupa kode sandi iPhone kamu karena banyaknya kata sandi yang harus diingat untuk berbagai akunmu.
  2. Mengakses Kontak Darurat di iPhone yang Terkunci: Jika kamu perlu mengakses kontak darurat di iPhone yang terkunci, kamu bisa mengetuk tombol Darurat di layar kunci, lalu pilih ID Medis.
  3. Memanggil Layanan Darurat dari iPhone Orang Lain: Jika kamu tidak memiliki akses ke iPhone milikmu sendiri dan ada iPhone yang masih berfungsi di sekitarmu, tetapi pemiliknya tidak bisa membukanya, kamu masih bisa memanggil layanan darurat.

Cara Membuka HP iPhone yang Terkunci dengan Nomor Darurat

Cara Membuka HP iPhone yang Terkunci dengan Nomor Darurat
Sumber Gambar: support apple

Membuka iPhone yang terkunci menggunakan fitur Nomor Darurat biasanya diperlukan dalam situasi seperti lupa kode sandi atau untuk mengakses kontak darurat di iPhone yang terkunci. Berikut langkah-langkah untuk membuka iPhone dengan Layar Panggilan Darurat (hanya untuk iOS 6.1):

  1. Geser untuk membuka iPhone. Ketikkan kode sandi apa pun. Kode sandi harus salah agar trik ini berhasil.
  2. Batalkan layar kode sandi iPhone. Lagi-lagi, geser untuk membuka dan alihkan ke tombol Panggilan Darurat. Tahan tombol Daya sampai slider mati muncul. Ketuk Batal.
  3. Dial nomor darurat (112 atau 911), klik tombol panggilan darurat dan segera setelah itu, klik tombol Batal. Tekan tombol daya dan lepaskan segera untuk mematikan layar iPhone kamu.
  4. Setelah layar mati, tekan tombol Beranda atau tombol Daya untuk menyalakannya kembali. Geser untuk membuka lagi. Tahan tombol daya selama sekitar 3 detik lalu klik Panggilan Darurat sebelum slider mati muncul di layar. Ini seharusnya membuka iPhone.

Perlu diingat bahwa membuka iPhone menggunakan Layar Panggilan Darurat merupakan celah yang ada dalam iOS 6.1 dan telah diperbaiki dalam versi iOS yang lebih baru. Oleh karena itu, metode ini mungkin tidak berfungsi pada perangkat yang menjalankan versi iOS yang lebih baru.

Selain itu, bahkan jika kamu berhasil membuka iPhone menggunakan metode ini, kamu hanya akan mendapatkan akses ke foto, dialer telepon, dan kontak. Jika kamu mencoba mengakses fitur lain dari iPhone kamu, kamu akan kembali ke layar kunci.

Alternatif Fitur “Nomor Darurat” Tidak Berhasil Membuka iPhone

Jika fitur Nomor Darurat gagal membuka iPhone kamu, ada metode alternatif yang bisa kamu gunakan. Namun, perlu diingat bahwa metode-metode ini sebaiknya hanya digunakan pada perangkat yang kamu miliki dan memiliki hak hukum untuk membukanya. Membuka perangkat tanpa izin dapat melanggar perjanjian pengguna dan hukum yang berlaku.

1. iPhone Passcode Unlocker Tool

Alat ini dapat membuka iPhone dari semua versi iOS tanpa kode sandi. Ini adalah solusi perangkat lunak yang bisa kamu unduh dan gunakan untuk melewati kunci kode sandi iPhone.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan alat seperti ini bisa membatalkan garansi atau menyebabkan kehilangan data, jadi berhati-hatilah dan pastikan untuk mencadangkan data kamu terlebih dahulu.

2. Pemulihan melalui iTunes

Jika kamu telah melakukan sinkronisasi iPhone kamu dengan iTunes, kamu bisa melakukan pemulihan, yang akan menghapus perangkat dan kode sandi-nya. Caranya:

  • Hubungkan iPhone kamu ke komputer yang biasa kamu sinkronkan.
  • Buka iTunes. Jika diminta kode sandi, coba gunakan komputer lain yang pernah kamu sinkronkan, atau gunakan mode pemulihan.
  • Tunggu iTunes untuk menyinkronkan perangkatmu dan membuat cadangan.
  • Setelah sinkronisasi dan pembuatan cadangan selesai, klik “Pemulihan [perangkatmu]”.
  • Ketika kamu mencapai layar Pengaturan saat memulihkan perangkat iOS kamu, ketuk “Pulihkan dari cadangan iTunes”.
  • Pilih perangkat kamu di iTunes. Perhatikan tanggal dan ukuran setiap cadangan dan pilih yang paling relevan.

3. Pemulihan melalui iCloud

Jika kamu telah mengaktifkan Fitur Temukan iPhone di perangkatmu, kamu bisa menggunakan iCloud untuk menghapus dan memulihkannya. Ini akan menghapus perangkat dan kode sandi-nya. Caranya:

  • Dari perangkat lain, buka icloud.com/find.
  • Jika diminta, masuk dengan Apple ID kamu.
  • Klik “Semua Perangkat” di bagian atas layar.
  • Pilih perangkat yang ingin kamu hapus.
  • Klik “Hapus [perangkat]” untuk menghapus perangkat dan kode sandi-nya.
  • Sekarang kamu bisa memulihkan dari cadangan atau mengatur sebagai perangkat baru.

Ingatlah, jika kamu lupa kode sandi dan tidak bisa masuk ke iPhone kamu, pilihan terbaik adalah menghubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan. Mereka dapat membimbing kamu melalui proses pemulihan perangkat kamu.

Tips untuk Menghindari iPhone Terkunci

Berikut beberapa tips untuk menghindari iPhone kamu terkunci:

  1. Atur Kode Sandi yang Mudah Diingat: Pilihlah kode sandi yang unik namun mudah diingat untukmu.
  2. Gunakan Face ID atau Touch ID: Fitur-fitur ini memungkinkan kamu untuk membuka iPhone menggunakan wajah atau sidik jari, yang bisa lebih mudah daripada mengingat kode sandi.
  3. Raise to Wake: Fitur ini secara otomatis menyalakan layar saat kamu mengangkat iPhone kamu. Untuk mengaktifkannya, buka “Pengaturan > Tampilan & Kecerahan” dan aktifkan “Raise to Wake”.
  4. Ubah Pengaturan Kunci Otomatis: Jika layar terlalu cepat terkunci, kamu bisa mengubah pengaturan kunci otomatis. Buka “Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci Otomatis” dan sesuaikan waktunya.
  5. Cadangkan iPhone Secara Berkala: Cadangan reguler dapat membantumu memulihkan data jika kamu terkunci dari iPhone.
  6. Gunakan Manajer Kata Sandi: Jika kamu kesulitan mengingat kode sandi, manajer kata sandi dapat menyimpannya dengan aman untukmu.

Ingatlah, tips-tips ini dimaksudkan untuk membantu kamu menghindari terkunci dari iPhone kamu. Namun, jika kamu lupa kode sandi, sebaiknya hubungi Dukungan Apple untuk bantuan.

Pertanyaan terkait Fitur Nomor Darurat di iPhone

1. Apa penyebab iPhone terkunci?

Ada beberapa alasan mengapa iPhone bisa terkunci:

  • Kamu mengganti passcode iPhone tetapi lupa dengan kode yang baru.
  • Seseorang mengubah passcode iPhonemu.
  • Salah memasukkan kata sandi iPhone berulang kali.
  • Kerusakan layar iPhone yang membuatmu sulit memasukkan kata sandi.
  • Keseringan menggunakan Face ID atau Touch ID membuatmu lupa Passcode iPhone.

2. Berapa kali kesempatan buka kunci iPhone?

Biasanya, iPhone memberikan kesempatan hingga 10 kali kesalahan. Jika kesalahan terjadi terus-menerus, kamu akan melihat pesan bahwa perangkat dinonaktifkan atau terkunci.

3. iCloud terkunci apakah masih bisa digunakan?

Jika iPhone-mu terkunci iCloud dan kamu tidak tahu detail akunnya, kamu masih bisa menggunakannya. Namun, hanya bisa sebagai pajangan atau jika beruntung bisa dikembalikan ke pemilik aslinya.

Namun, iPhone yang terkunci iCloud tidak akan bisa digunakan sama sekali, karena akan terus meminta Apple ID untuk memverifikasi kepemilikannya.

4. Bagaimana cara membuka iPhone yang terkunci?

Ada beberapa metode yang bisa kamu coba:

  • Menggunakan iTunes: Sambungkan iPhone ke komputer, buka iTunes, pilih iPhone kamu, dan klik “Restore iPhone”.
  • Menggunakan Find My iPhone: Kunjungi situs web iCloud, masuk dengan ID Apple dan kata sandi, pilih “Find My iPhone”, pilih iPhone kamu, dan klik “Erase iPhone”.
  • Menggunakan Mode Pemulihan: Sambungkan iPhone ke komputer, tahan tombol “Sleep / Wake” dan “Home” secara bersamaan hingga muncul layar recovery mode.

5. Bagaimana cara mereset iPhone yang terkunci?

Kamu bisa mereset iPhone yang terkunci dengan beberapa cara:

  • Menggunakan iTunes: Sambungkan iPhone ke komputer, buka iTunes, pilih iPhone kamu, dan klik “Restore iPhone”.
  • Menggunakan Find My iPhone: Kunjungi situs web iCloud, masuk dengan ID Apple dan kata sandi, pilih “Find My iPhone”, pilih iPhone kamu, dan klik “Erase iPhone”.
  • Menggunakan Mode Pemulihan: Sambungkan iPhone ke komputer, tahan tombol “Sleep / Wake” dan “Home” secara bersamaan hingga muncul layar recovery mode.

Harap diingat bahwa metode ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone kamu. Pastikan untuk mencadangkan data kamu sebelum melakukan reset. Jika ada kesulitan, lebih baik hubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Dengan memahami langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, kamu sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengatasi masalah “Cara Membuka HP iPhone yang Terkunci dengan Nomor Darurat” dengan lebih percaya diri.

Ingatlah bahwa keamanan dan ketersediaan informasi pribadi kamu sangatlah penting. Selalu pastikan untuk menggunakan fitur-fitur keamanan yang disediakan oleh iPhone dengan bijaksana dan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pengalaman yang ingin kamu bagikan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini.

Kami senang mendengar pendapat kamu dan berbagi pengalaman dengan pembaca lainnya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman atau keluargamu yang mungkin membutuhkan informasi ini. Terima kasih telah membaca!

Referensi

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *