5 Cara Mudah Mengamankan Akun Whatsapp Agar Tidak Dibajak

Media sosial sedang berkembang pesat pada masa ini, hal ini berjalan lurus juga dengan berbagai tindak kejahatan seperti doxing (menyebarkan informasi pribadi), penipuan hingga peretasan.

Untuk peretasan sendiri sangat banyak kasus yang terjadi seperti pada Akun Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp. Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengamankan akun whatsapp kamu.

Ciri-Ciri Akun Whatsapp Dibajak

Kenali ciri-ciri akun whatsapp kamu dibajak oleh orang lain, antara lain:

Pertama, Keluar dari Akun Whatsapp Dengan Sendirinya

Khusus untuk Whatsapp, aplikasi ini tidak bisa digunakan di dua perangkat ponsel secara bersamaan. Maka apabila ada yang berhasil masuk melalui akun kamu, pasti akun kamu akan segera keluar dengan sendirinya.

Ada kemungkinan nomor kamu telah dikloning oleh pelaku peretasan agar bisa mendapatkan kode OTP milik kamu. Dan digunakan untuk login ke akun whatsapp kamu.

Kedua, Pesan Telah Terbaca

Apabila kamu menemukan pesan yang belum dibaca, tetapi statusnya terbaca. Maka bisa jadi indikasi bahwa akun whatsapp kamu telah dibajak oleh orang lain.

Ketiga, Mengirimkan Pesan Tanpa Sepengetahuan

Terkadang pembajak akun whatsapp mengirimkan pesan kepada orang lain tanpa sepengetahuan kita.

Keempat, Online Padahal Tidak Membuka Whatsapp

Hal ini bisa kita melihat status online pada akun whatsapp di perangkat teman kita. Padahal Whatsapp tidak sedang terbuka.

Kelima, Log Perangkat Yang Tidak Dikenal

Pastikan tidak ada yang perangkat yang tidak dikenal mengakses whatsapp web nomor whatsapp kamu. Apabila ada maka segera tutup aksesnya.

Untuk menutup akses whatsapp web, bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp kamu di handphone. Hal ini juga bisa kita gunakan apabila kita lupa mengeluarkan whatsapp web kita di komputer publik.

Untuk pemutusan akses whatsapp web di android, bisa dilakukan dengan cara:

  • Pada tab Chat, ketuk menu pada titik tiga di kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak dikenal, pilih keluar (log out) dari perangkat atau pilih keluar dari semua perangkat.

Untuk pemutusan akses whatsapp web di ios, bisa dilakukan dengan cara:

  • Pilih Seting atau Pengaturan di kanan bawah
  • Pilih WhatsApp Web/ Desktop
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tak dikenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluar dari seluruh perangkat.

Baca Juga: Tips Membuat Password Kuat Agar Tidak Mudah di Retas

Cara Mencegah Peretasan Akun Whatsapp

Cara Mudah Mengamankan Akun Whatsapp Agar Tidak Dibajak

Untuk pencegahan peretasan akun whatsapp, bisa dilakukan langkah langkah sebagai berikut:

Pertama, Tidak Membagikan Kode OTP

Berbagai modus operandi dilakukan oleh peretas untuk mendapatkan kode OTP pengguna whatsapp. Mulai dari mengaku menjadi teman yang dikenal, mendapatkan hadiah dan lain sebagainya.

Biasanya setelah mendapatkan hadiah atau yang lainnya, peretas akan meminta kode 6 digit angka yang merupakan OTP. Apabila kita tidak teliti bahwa itu merupakan OTP Whatsapp dan tidak sengaja untuk mengirimkannya.

Kedua, Tidak Sembarangan Mengklik Link

Kasus ini biasanya adalah meminta kamu untuk mengklik link yang sudah disediakan, yang nantinya akan mengarah kepada situs website.

Jangan pernah melakukan pengisian form sembarangan atau login menggunakan akun email karena bisa jadi merupakan fake login atau halaman login palsu.

Pastikan link website merupakan link resmi dari perusahaan apabila link tersebut menawarkan hadiah atau apa pun yang gratis.

Bisa dilihat dari domain yang digunakan biasanya untuk website resmi menggunakan .co.id, .id, .com atau .org. Khusus website pemerintahan biasanya menggunakan domain .go.id.

Ketiga, Tidak Membuka Whatsapp Web Di Sembarang Tempat

Whatsapp Web bisa menjadi salah satu jalan peretasan akun Whatsapp. Ada baiknya tidak membuka whatsapp web disembarang tempat atau di pc/ laptop yang bisa digunakan oleh orang lain, seperti warnet atau fasilitas kantor.

Apabila terpaksa maka jangan lupa untuk logout akunnya di pc/ laptop yang sudah digunakan. Jika terlupa untuk melakukan logout bisa melakukan logout dimasing-masing handphone baik android atau ios.

Cara Mengamankan Akun Whatsapp dari Hacker

Cara Mengamankan Akun Whatsapp Agar Tidak Dibajak

Ini adalah beberapa cara mengamankan nomor whatsapp kamu:

Pertama, Aktifkan Keamanan Tambahan (Keamanan 2 Faktor)

Dikutip dari the verge, cara untuk mengamankan akun WhatsApp kamu yang selanjutnya adalah mengaktifkan verifikasi dua faktor.

Jadi apabila akun kita masuk kedalam perangkat baru maka akan diminta untuk memasukan 6 angka pin yang telah kita tentukan. Untuk cara mengaktifkannya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Setting > Account > Two Step Verification
  • Klik Enable
  • Masukkan enam kode rahasia yang dipilih
  • Masukkan email untuk memulihkan kata kunci jika pengguna lupa.

Kedua, Menggunakan Verifikasi Sidik Jari

Agar tak sembarang pengguna bisa masuk ke akun WhatsApp kamu dan memindai kode QR untuk menyadap, pengguna bisa aktifkan fitur pemindai sidik jari.

  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Klik Privasi
  • Klik kunci sidik jari
  • Aktifkan
  • Pengguna akan diminta untuk merekam sidik jari

Whatsapp meminta pengguna memilih berapa lama aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

Ketiga, Tambah Email untuk Mengamankan Akun Whatsapp

Menambah email salah satu cara untuk mengamankan akun whatsapp. Ini merupakan opsi tambahan tapi cukup penting, karena terdapat beberapa alasan seperti bisa memulihkan akun yang lupa pin untuk masuk. Dan juga memudahkan kita untuk mengklaim/ membuat aduan akun whatsapp kita apabila sudah Dibajak.

Keempat, Logout Whatsapp Web

Selalu logout Whatsapp Web apabila digunakan pada laptop atau komputer publik. Apabila terlupa maka bisa di cek di handphone bagian log penggunaan whatsapp web, yang bisa di cek di hp android atau pun ios.

Kelima, Non Aktifkan Akun Whatsapp

Apabila kamu kehilangan nomor telepon atau memiliki nomor telepon yang hangus. Ada baiknya untuk menonaktifkan akun yang terhubung pada nomor HP tersebut.

Karena untuk nomor telepon yang hangus bisa digunakan kembali oleh orang lain (daur ulang SIM CARD). Apabila tidak menonaktifkan kamu bisa mengganti nomor WA yang hangus dengan nomor WA kamu yang dipegang sendiri.

Cara Mengamankan Akun Whatsapp Yang Sudah Dibajak

Pertama, Install Ulang Whatsapp

Catatan: Cara ini hanya bisa dilakukan apabila nomor Handphone yang terdaftar masih dalam penguasaan/ kepemilikan.

Dengan menginstall ulang whatsapp maka kamu akan mendapatkan nomor OTP whatsapp baru dan kamu pun bisa kembali menggunakan akun Whatsapp kamu.

Lakukan aktivasi verifikasi 2 faktor, menambahkan email dan juga verifikasi sidik jari agar akun kamu aman terjaga.

Kedua, Kirim Email Ke Pihak Whatsapp

Kamu juga mengirim email ke pihak whatsapp dengan menyertakan kronologi kejadian, kapan kemungkinan terjadi dan kemungkinan bagaimana akun whatsapp bisa di retas.

Kamu bisa mengirimkan ke email resmi whatsapp yaitu support@whatsapp.com.

Ketiga, Lapor kepada Pihak Berwajib

Apabila nomor Whatsapp sudah digunakan untuk penipuan misalkan untuk meminta transfer dan lain-lain.

Ada baiknya kamu sebagai yang punya Akun Whatsapp bertanggung jawab dengan membuat laporan kepada pihak berwajib.

Dan apabila ada nomor Rekening pelaku peretasan kamu juga bisa mencoba untuk membekukan nomor rekeningnya ke pihak Bank bersangkutan, dengan membawa laporan polisi tersebut.

Nah itulah beberapa cara mengamankan akun whatsapp kamu. Dirangkum dari berbagai sumber, untuk sumber resmi whatsapp bisa dilihat pada tautan berikut ini (Pusat Bantuan Whatsapp).

Likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *