4 Langkah Mudah Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Jika kamu sering mengendarai sepeda motor atau mobil, pakaian kamu mungkin akan terkena oli motor. Artikel ini akan membahas cara menghilangkan noda oli di Baju.

Mengapa Noda Oli di Baju Sulit Dihilangkan?

Noda oli motor bisa sulit dihilangkan jika tidak dibersihkan dengan hati-hati dan teliti. Hal ini terjadi karena oli motor dapat menyerap kain sehingga menyebabkan noda menempel.

Jika sudah mencoba berbagai cara menghilangkan noda oli di Baju. Lebih baik bawa ke pembersih pakaian profesional.

Jenis Noda Oli Motor

Ada tiga jenis utama noda minyak: terang, gelap, dan hitam. Noda ringan adalah yang paling umum dan biasanya disebabkan oleh tumpahan atau percikan kecil.

Noda gelap biasanya disebabkan oleh tumpahan yang lebih parah, seperti tumpahan yang berasal mesin mobil. Terakhir, noda hitam umumnya menunjukkan kebocoran yang sangat parah pada mesin.

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cara menghilangkan noda oli di Baju. Menghilangkan noda tergantung pada jenis dan jumlah minyak pada pakaian.

4 Langkah Mudah Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda oli motor, di antaranya:

  1. Jika noda oli motor masih baru, maka kamu perlu membersihkannya dengan kain bersih untuk menghilangkannya sebanyak mungkin
  2. Jika minyaknya kering, kamu bisa mengikisnya dengan pisau mentega atau benda tumpul lainnya
  3. Gunakan produk yang dapat menghilangkan minyak, lalu beri beberapa tetes untuk membersihkan noda minyak dengan kuas atau jari
  4. Rendam bagian yang bernoda dalam air sabun hangat selama beberapa menit, lalu kamu bisa mencucinya seperti biasa.

Bahan-Bahan Yang Dapat Menghilangkan Noda Oli Motor dari Pakaian

1.Pemutih Pakaian

Ya, pemutih bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda oli di baju dan kain lainnya. Pertama, hilangkan minyak berlebih dengan handuk kertas untuk menghilangkan noda minyak.

Cara Menghilangkan Noda Oli dengan Pemutih Pakaian

Kemudian, encerkan sedikit pemutih dalam air dan gunakan spons atau sikat untuk mengoleskan campuran tersebut ke noda.

Biarkan pemutih menempel pada noda selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Ulangi proses ini jika perlu.

2. Tepung Maizena

Untuk menghilangkan minyak atau lemak dari permukaan pakaian, kamu bisa mencampurkan tepung maizena dengan jumlah air yang sama untuk membentuk pasta.

Oleskan pasta ke area yang terkena dan biarkan selama 5-10 menit. Kemudian, gunakan sikat atau kain untuk menggosok pasta.

3. Lidah buaya

Pertama, hilangkan noda dengan Aloe Vera, dan rendam area tersebut dalam air hangat selama sekitar 5 menit.

Cara Menghilangkan Noda Oli dengan Lidah Buaya

Kemudian, oleskan sedikit gel lidah buaya pada noda dan gosok dengan lembut. Terakhir, bilas area tersebut dengan air dingin dan biarkan mengering.

4. Bubuk soda kue

Cara menghilangkan noda oli di baju selanjutnya adalah baking soda, kamu hanya cukup membuat pasta dari baking soda dan air dan oleskan ke noda.

Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain lembab. Kamu mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali untuk menghilangkan noda membandel.

5. Sampo

Jika kamu mendapatkan minyak atau lemak pada pakaian, sampo dapat membantu menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Noda Oli dengan Sampo

Oleskan sedikit sampo ke area yang terkena. Bilas area tersebut dengan air hangat. Ulangi proses tersebut jika perlu.

6. Penghapus cat kuku

Cara menghilangkan noda oli di baju selanjutnya adalah dengan penghapus cat kuku. Jika memiliki noda minyak atau lemak pada pakaian, kamu dapat menghilangkannya dengan penghapus cat kuku.

Cukup oleskan penghapus cat kuku ke bola kapas atau kain dan gosokkan pada noda.

Penghapus cat kuku akan melarutkan minyak atau lemak, memungkinkan kamu untuk mencuci item seperti biasa.

Singkirkan oli motor dari pakaian dengan cara merendamnya terlebih dahulu
Jika pakaian terkena oli mesin, kamy bisa merendamnya dalam campuran sabun cuci piring dan air hangat sebelum dicuci seperti biasa.

Ini akan membantu membersihkan minyak dan membuatnya lebih mudah dihilangkan selama siklus pencucian.

7. Deterjen Berbasis Enzim

Untuk menghilangkan lemak dari pakaian kamu menggunakan deterjen berbasis enzim, bersihkan noda dengan sedikit deterjen.

Cara Menghilangkan Noda Oli dengan Deterjen

Kemudian, cuci pakaian dalam air terpanas yang direkomendasikan pada label perawatan, menggunakan pengaturan tanah terberat. Terakhir, periksa pakaian untuk memastikan noda hilang sebelum dikeringkan.

8. Soda kue dan cuka

Cara menghilangkan noda oli di baju selanjutnya adalah mencampurkan 2 bahan yaitu soda kue dan cuka.

Campurkan soda kue dan cuka dengan perbandingan yang sama untuk menghilangkan oli mesin dari pakaian menggunakan soda kue dan cuka dalam mangkuk.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke area pakaian yang terkena dan biarkan selama 15 menit. Terakhir, bilas area tersebut dengan air hangat dan cuci pakaian seperti biasa.

Baca Juga Artikel Tips dan Trik lainnya dari Ruminesia, disini!

Pertanyaan dan jawaban

1. Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Oli Yang Sudah Kering di Baju?

Beberapa cara menghilangkan noda oli motor dari pakaian. Berikut ini adalah langkah-langkah menghilangkan noda oli motor kering, antara lain:

  • Gunakan sedikit sabun cuci piring pada noda lalu gosok dengan sikat.
  • Kamu juga bisa mencoba menyemprotkan noda dengan hairspray lalu mengelapnya dengan kain bersih.

2. Bisakah Oli Motor Merusak Mesin Cuci Kamu?

Ya, oli motor dapat merusak mesin cuci. Jika sedikit saja oli motor masuk ke mesin cuci kamu, itu dapat merusak pompa dan komponen perangkat lainnya. Minyak juga bisa meninggalkan noda permanen pada pakaian.

Bagaimana cara menghilangkan oli motor dari pakaian setelah dicuci dan dikeringkan?

Untuk menghilangkan oli motor dari pakaian yang sudah dicuci dan dikeringkan, bersihkan noda dengan tisu kering untuk menyerap oli sebanyak mungkin.

Kemudian, basahi kain dengan alkohol dan gosok perlahan noda sampai terangkat. Jika noda masih terlihat, obati dengan penghilang noda sebelum dicuci dan dicuci sesuai label perawatan.

3. Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju dengan Jenis Kain Khusus?

Kamu harus ekstra hati-hati untuk menghilangkan noda oli motor dari kain halus, seperti sutra, wol, atau kulit. Pertama, bersihkan noda dengan kain bersih yang dibasahi dengan cuka putih.

Jika ini tidak berhasil, kamu dapat mencoba menggunakan deterjen ringan. Oleskan deterjen ke noda dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci.

Terakhir, jika noda masih ada, kamu mungkin perlu membawa pakaian tersebut ke pembersih kering profesional.

4. Apakah air panas atau dingin lebih baik untuk menghilangkan noda?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena tergantung pada jenis noda dan kainnya. Namun, air panas lebih efektif menghilangkan noda daripada air dingin.

Ini karena air panas memecah molekul dalam noda, membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan. Di sisi lain, air dingin tidak memecah molekul dalam noda, membuatnya lebih sulit untuk dihilangkan.

Apakah kamu memiliki cara lainnya untuk menghilangkan noda oli? Tuliskan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *