Review dan Sinopsis: Hospital Playlist Season 1 dan 2

Hospital Playlist (Wise Doctor Life) adalah serial televisi Korea Selatan yang ditulis oleh Lee Woo-jung dan disutradarai oleh Shin Won-ho. Dibintangi oleh Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung, dan Jeon Mi-do.

Musim pertama ditayangkan di tvN setiap Kamis dari 12 Maret hingga 28 Mei 2020. Setiap episode dirilis di Netflix di Korea Selatan, Asia-Pasifik, dan Amerika Latin setelah siaran televisi mereka.

Menjelang akhir musim pertama, serial ini menjadi drama Korea dengan rating tertinggi kesembilan di sejarah televisi kabel pada saat itu.

Musim kedua ditayangkan antara 17 Juni dan 16 September 2021. Menurut Nielsen Korea, episode pertama mencatat 10,007% penayangan, menetapkan rekor untuk peringkat perdana tertinggi dalam sejarah jaringan.

Saat ini Wise Doctor Life telah memiliki season 2, setiap season memiliki 12 episode.

Daftar Isi tampilkan

Sinopsis Hospital Playlist

Hospital Playlist
  • Rilis: 2020
  • Genre: Slice of Life, Medical, Drama, Romance, Comedy
  • Produksi: Egg is Coming, CJ ENM
  • Sutradara: Shin Won Ho
  • Pemeran Utama: Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyoung Ho, Kim Dae Myung, Jeon Mi Do
  • Jumlah Episode: 12

Hospital Playlis menceritakan tentang kehidupan lima dokter berusia empat puluhan, berikut adalah daftar pemainnya, antara lain: 

  • Lee Ik Jun diperankan Jo Jung Suk, 
  • Ahn Jeong Won diperankan Yoo Yeon Seok, 
  • Kim Jun Wan diperankan Jung Kyung Ho, 
  • Yang Seok Hyeong diperankan Kim Dae Myung, 
  • dan Chae Song Hwa diperankan Jeon Mi Do,

Semua sahabat ini bekerja di Pusat Medis Yulje. Mereka pertama kali bertemu dan berteman pada saat sekolah kedokteran. Secara keseluruhan film ini menceritakan bagaimana kehidupan di Rumah Sakit.

Pemeran Utama Hospital Playlist

Pemeran Utama Hospital Playlist

Berikut merupakan pemeran utama Wise Doctor Life, antara lain:

1. Jo Jung Suk sebagai Lee Ik Jun

Lee Ik-jun merupakan salah satu dokter populer di Rumah Sakit karena memiliki sifat yang ceria dan berkarisma. 

Karakter ini merupakan asisten profesor bedah umum memiliki spesialisasi dalam operasi transplantasi hati.

Saat ini Lee Ik Jun merupakan seeorang single parent dengan memiliki anak satu bernama, U Joo.

2. Yoo Yeon Seok sebagai Ahn Jeong Won

Ahn Jeong Won merupakan anak dari pemilik rumah sakit Yulje serta merupakan seorang kristen yang taat.

Memiliki empati yang luar biasa kepada pasien. Dimana selalu merasa bersalah apabila tidak bisa menyelamatkan nyawa anak.

Karena dia memiliki perasaan bersalah yang terus menerus, maka diam-diam mengajukan diri untuk bersekolah di sekolah pendeta. Namun, keinginan ini ditentang oleh ibunya Jung Ro Sa (Kim Hae Sook).

3. Jung Kyung Ho sebagai Kim Jun Wan

Pada film series ini Kim Jun Wan memiliki profesor dan kepala departemen bedah kardiotoraks di Rumah Sakit Yulje.

Dari lima sahabat, dia menjadi seorang yang di kagumi serta ditakuti oleh seluruh bawahannya. Walau pun sikapnya yang dingin, dia merupakan salah satu yang memiliki keterampilan bedah yang luar biasa.

Kim Jun Wan merupakan teman masa kecil dari Lee Ik Jun dan mengenal keluargannya. Dia juga memiliki perasaan terhadap saudara perempuan Lee Ik Jun (Kwak Sun Young).

4. Kim Dae Myung sebagai Yang Seok Hyeong

Karakter ini memiliki sifat introvert merupakan seorang profesor dibidang kebidanan dan ginekologi. Dimata teman-temannya dia memiliki kepribadian yang tertutup, tetapi dia memiliki sifat perhatian kepada pasiennya.

Dia merupakan salah satu yang sudah menikah diantara kelima sahabat, akan tetapi sudah bercerai. Latar belakang Yang Seok Hyeong memiliki cerita keluarga yang rumit, tetapi dia sangat peduli pada ibunya.

5. Jeon Mi Do sebagai Chae Song Wha

Karakter ini adalah satu-satunya wanita dari kelompok sahabat ini. Chae Song Wha merupakan seorang profesor bedah saraf. Memiliki julukan “setan” oleh rekan kerja karena dedikasinya dalam bekerja.

Dia juga menjadi Vokalis dari Band 5 sahabat ini, walau pun dia buta nada dan memiliki suara yang fals.

Baca Juga: Sinopsis dan Review: Drakor Mouse (TV Series Genre Thriller)

Pemeran Pembantu Hospital Playlist

Berikut merupakan pemeran utama Wise Doctor Life, antara lain:

1. Eun Jin sebagai Choo Min Ha

Choo Min Ha merupakan dokter resident dibawah pengawasan Yang Seok Hyeong. Min Ha dokter residen yang selalu belajar untuk memperbaiki kesalahan.

Saat ini Min Ha tertarik dan suka kepada Seok Hyeong, walau pun di awal menilai Seok Hyeong yang tidak pandai bersosialisasi.

Choo Min Ha memiliki sifat yang tidak pemalu, dibeberapa kesempatan dia tak segan menunjukan perasaannya kepada Seok Hyeong.

2. Shin Hyun Bin sebagai Jang Gyeo Wool

Dokter Jang Gyeo wool adalah seorang dokter residen bedah umum. Dia merupakan salah satu dokter residen yang dibutuhkan oleh Dokter Spesialis Rumah Sakit Yujel.

Namun, saat ini Gyeo Wool lebih tertarik spesialisasi hepatologu seperti Lee Ik Jun. Gyeo Wool memiliki sifat yang dingin, selalu bicara apa adanya dan sedikit menujukan emosinya. Tetapi dia adalah salah satu dokter yang tekun dan cekatan.

Pada musim pertama, dia naksir kepada andrea secara diam-diam. Akan tetapi di musim kedua, Gyeo Wool dan Andrea menjadi pasangan.

3. Kwak Sun Young sebagai Lee Ik Sun

Lee Ik Sun merupakan adik dari Lee Ik Jun, saat ini merupakan salah satu tentara aktif berpangkat sebagai mayor. Dalam musim pertama, Lee Ik Sun berpacaran dengan sahabat kakaknya yaitu Jun Wan.

4. Kim Joon sebagai U Joo

Karakter ini merupakan anak dari Lee Ik Jun, karena menjadi anak seorang dokter yang sibuk. U Joo menjadi anak yang bisa berfikir dewasa serta sangat koperatif.

U Joo tidak pernah merengek serta mengeluh ketika ayahnya sibuk dengan pekerjaan dokternya, karena U Joo sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

5. Kim Hae Sook sebagai Jung Ro Sa

Jung Ro Sa merupakan ibu kandung dari karakter Andrea, dia menolak Andrea untuk menjadi pendeta. Memiliki 5 orang anak, keempat kakak Andrea memilih menjadi Pastur dan Biarawati.

Trailer Hospital Playlist

Review Hospital Playlist

Review Hospital Playlist

Drama Korea ini sangat menarik untuk ditonton dan diikuti. Cerita yang ditawarkan ringan dan sangat menarik untuk diikuti.

Berbeda dari drama bertema komedi biasanya yang menawarkan intrik kekuasaan di Rumah Sakit. Drama Korea ini tidak menawarkan hal tersebut.

Sangat cocok untuk menontonnya dengan keluarga, namun ada beberapa adegan yang mungkin tidak layak ditonton anak-anak. Seperti pendarahan operasi dan ada adegan ciuman.

Untuk cerita saya sendiri sangat suka karena ringan dan mudah dimengerti. Banyak sekali kejutan yang dihadirkan, seperti hasil dari operasi dan lain-lain.

Baca Juga: The Accidental Detective Review: Film Korea Tema Detektif

Terbaik Film Hospital Playlist

Berikut merupakan beberapa poin terbaik dari Film Hospital, antara lain:

1. Kehidupan Rumah Sakit yang Nyata

Drama Korea satu ini mendapatkan banyak apresiasi karena dapat menggambarkan kondisi rumah sakit yang nyata. Seperti adegan operasi, luka lebab korban kekerasan, luka setelah operasi dan lain sebagainya.

Bahkan pada ada salah satu scene yang menunjukan perbedaan suhu ruangan operasi tergantung pasien dan penyakitnya.

2. Kisah Pasien dan Dokter yang Menyentuh Hati

Poin positif lain dari Drama Korea ini adalah penggambaran hubungan antara pasien dan dokter. Dimana banyak adegan yang menunjukan kesulitan seorang dokter dalam memberitahu keluarga atau pasien terkait penyakitnya atau hasil operasi.

3.  Heart-Warming Friendship

Persahabat menjadi salah satu higlight dalam drama korea satu ini. Karena seperti yang dibahas sebelumnya 5 sahabat ini telah menjalin pertemanan selama 20 tahun.

Banyak adegan dalam Drama Korea satu ini yang menunjukan hubung persahabatan mereka yang menggemaskan, baik masih dalam pendidikan dokter hingga sudah menjadi dokter spesialis di Rumah Sakit.

Adegan persahabatan mereka terasa hangat di tambah banyak adegan yang sering kita temukan di dunia nyata, seperti berargumen dengan sahabat karena hal-hal kecil.

4.  Band Session

Selain menampilkan kisah persahabatan antara kelima orang pemain utama, pada film ini juga menonjolkan unsur musik.

Dimana dalam dramana, kelima orang sahabat ini telah memiliki band semenjak menjadi mahasiswa kedokteran.

Setiap episode akan ada adegan dimana kelima sahabat ini sedang berlatih band dengan lagu-lagu korea tempo dulu. 

Setiap lagu yang dipilih masih memiliki hubungan dengan episode yang sedang berjalan, jadi pemilihan musik tidak asal-asalan.

Untuk adegan memainkan musik sendiri, itu merupakan permainan langsung dari aktornya. Bahkan aktornya mempunyai trainer sendiri untuk melatih kemampuan bermusik mereka.

5. Masing-masing tokoh punya karakter yang kuat

Walau pun dalam drama ini terdapat lima tokoh utama, tetapi semua karakter memiliki kekuatan karakter masing-masing.

Seperti sosok Ik Jun, yang ceria, mudah bergaul, namun agak sedikit gila. Dia selalu pergi berkeliling ke setiap departemen bahkan mengikuti acara departemen lain.

Jeong Won, memiliki hati yang lembut dan sangat menyukai anak-anak. Meskipun begitu dia sedikit perhitungan.

Joon Wan memiliki sifat yang tegas serta selalu blak-blakan. Akan tetapi dia merupakan karakter yang setia kawan, meskipun tidak ditunjukan secara langsung tetapi dilakukan diam-diam.

Kemudian, Seok Hywong yang memiliki sifat introvert akan tetapi sangat perhatian kepada pasiennya. Selalu menjadi penengah ketika ke empat sahabatnya berdebat.

Terakhir, ada sosok wanita satu satunya, yaitu Seong Hwa. Walau pun menjadi satu-satunya wanita tidak menjadikn dia manja, bahkn lebih kuat dibandingkan dengan teman-temannya.

6. Plot Ceritanya Ringan tapi Berbobot 

Berbeda dari Drama Korea dengan tema yang sama, Wise Doctor Life menawarkan hal yang ringan dalam ceritannya. Umumnya Dara Korea bertema Rumah Sakit mengusung cerita perebutan kekuasaan, persaingan antar dokter dan detail dalam lokasi.

Walau pun begitu Drama Korea ini tetap menarik diikuti dengan alur yang ringan dan memberikan efek kejutan di setiap episodenya. Efek kejutan ini yang akan membuat kamu terus mengikuti Drama ini setiap episodenya. 

7. Komedi Ringan di Setiap Episode yang Membuat Ketagihan

Meskipun para pemeran Wise Doctor Life mengenakan seragam dokter, tetapi cerita yang ditampilkan tidak berat dan membosankan.

Komedi yang ditawarkan oleh Drama ini sangat ringan dimana ditampilkan pada cerita yang unik dan menarik.

Pertanyaan Terkait Hospital Playlist

1. Apa itu Hospital Playlist?

Wise Doctor Life adalah sebuah drama televisi Korea Selatan yang mengisahkan tentang lima dokter yang berteman sejak masa sekolah dan bekerja bersama di rumah sakit yang sama.

Drama ini menyoroti kehidupan pribadi dan profesional mereka, serta hubungan persahabatan yang erat di antara mereka.

2. Siapa saja pemeran utama dalam Hospital Playlist?

Pemeran utama dalam Wise Doctor Life meliputi Jo Jung-suk sebagai Ik-jun, Yoo Yeon-seok sebagai Jung-won, Jung Kyung-ho sebagai Joon-wan, Kim Dae-myung sebagai Seok-hyung, dan Jeon Mi-do sebagai Song-hwa. Mereka adalah lima dokter utama dalam cerita ini.

3. Siapa sutradara dari Hospital Playlist?

Sutradara Wise Doctor Life adalah Shin Won-ho. Ia juga merupakan sutradara dari serial drama populer lainnya, seperti “Reply 1997” dan “Prison Playbook”.

4. Berapa jumlah episode dalam Hospital Playlist?

Wise Doctor Life terdiri dari dua musim dengan total 24 episode. Musim pertama terdiri dari 12 episode, sedangkan musim kedua juga memiliki 12 episode.

5. Di mana lokasi syuting Hospital Playlist dilakukan?

Sebagian besar syuting Wise Doctor Life dilakukan di Rumah Sakit Universitas Yulje. Beberapa adegan juga difilmkan di tempat-tempat lain di Korea Selatan untuk memberikan nuansa yang beragam dalam cerita.

6. Kapan Hospital Playlist pertama kali tayang?

Musim pertama Wise Doctor Life mulai tayang pada tanggal 12 Maret 2020. Musim kedua kemudian tayang pada tanggal 17 Juni 2021.

7. Apakah ada rencana untuk musim ketiga Hospital Playlist?

Saat ini, belum ada pengumuman resmi tentang musim ketiga Wise Doctor Life. Namun, mengingat popularitasnya yang besar, kemungkinan ada musim ketiga di masa depan tidak dapat dikecualikan.

8. Apakah Hospital Playlist memiliki alur cerita yang tersambung?

Ya, Wise Doctor Life memiliki alur cerita yang tersambung antara musim pertama dan musim kedua. Beberapa cerita yang diperkenalkan di musim pertama diteruskan dan berkembang di musim kedua.

9. Bagaimana cara menonton Hospital Playlist?

Anda dapat menonton Wise Doctor Life melalui platform streaming resmi seperti Netflix. Drama ini memiliki subtitle dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan penonton di Indonesia.

10. Siapa yang pacaran di Hospital Playlist?

Di serial drama Wise Doctor Life, terdapat beberapa karakter yang terlibat dalam hubungan romantis. Berikut adalah pasangan-pasangan yang pacaran di dalamnya:

  1. Ahn Jeong-won dan Jang Gyeo-ul
  2. Kim Jun-wan dan Lee Ik-sun

11. Hospital Playlist cerita tentang apa?

Wise Doctor Life adalah serial drama Korea Selatan yang mengisahkan tentang kehidupan lima dokter bedah dan persahabatan mereka di rumah sakit yang sama.

Ceritanya berfokus pada kisah-kisah pribadi dan profesional mereka, serta interaksi mereka dengan pasien, keluarga, dan rekan kerja lainnya.

12. Hospital Playlist tayang di aplikasi apa?

Wise Doctor Life merupakan serial drama yang tayang di platform streaming Netflix.

Anda dapat menonton seluruh episode serial ini melalui aplikasi Netflix yang tersedia di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, komputer, atau smart TV.

Dengan berlangganan Netflix, Anda dapat menikmati Wise Doctor Life serta beragam konten lainnya yang disediakan oleh platform tersebut.

13. Apakah ada Hospital Playlist 3?

Pada bulan September 2021, sutradara seri ini menyatakan bahwa saat itu tidak ada rencana untuk musim ketiga.

Namun, pada bulan Februari 2022, muncul rumor bahwa pemain utama dan sutradara mengunggah foto bersama yang menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan adanya musim ketiga.

Meskipun demikian, pada saat itu belum ada konfirmasi resmi mengenai musim ketiga dari pihak produksi atau staf.

14. Apakah Hospital Playlist kisah nyata?

Tidak, Hospital Playlist bukan kisah nyata. Wise Doctor Life adalah sebuah drama televisi Korea Selatan yang ditayangkan oleh jaringan televisi tvN.

Drama ini diciptakan oleh penulis skenario Lee Woo-jung dan disutradarai oleh Shin Won-ho.

Meskipun ceritanya mengambil latar di rumah sakit dan menampilkan kehidupan para dokter dan pasien, cerita dalam drama ini adalah fiksi yang dibuat oleh tim produksi.

Meskipun mungkin terinspirasi oleh pengalaman nyata atau penelitian, namun plot, karakter, dan peristiwa dalam Wise Doctor Life semuanya hasil dari imajinasi para penulis dan pembuat drama tersebut.

15. Apakah semua pemain Hospital Playlist bisa main alat musik?

Tidak semua pemain Wise Doctor Life dapat memainkan alat musik dalam kehidupan nyata mereka.

Beberapa di antara mereka telah mengungkapkan bakat mereka dalam musik sebelumnya atau bahkan telah merilis lagu atau album mereka sendiri.

Misalnya, Yoo Yeon-seok (yang memerankan Ahn Jeong-won) adalah seorang aktor yang juga memiliki bakat dalam menyanyi dan bermain piano. Dia telah merilis beberapa lagu solo.

Selain itu, Jung Kyung-ho (yang memerankan Kim Joon-wan) dan Jo Jung-suk (yang memerankan Lee Ik-joon) juga telah menunjukkan kemampuan mereka dalam bernyanyi.

16. Song Hwa dokter apa?

Song Hwa dalam drama Wise Doctor Life adalah seorang dokter bedah saraf. Dia merupakan salah satu karakter utama dalam drama tersebut dan diperankan oleh aktris Jeon Mi-do.

17. Apakah Hospital Playlist 1 dan 2 nyambung?

Ya, Wise Doctor Life Season 1 dan 2 nyambung dalam alur ceritanya. Season 1 memperkenalkan karakter utama, latar belakang, dan hubungan antar karakter, sementara Season 2 melanjutkan cerita mereka.

18. Berapa rating drama Hospital Playlist?

Drama Wise Doctor Life mendapatkan rating yang sangat baik di Korea Selatan. Rata-rata rating nasional untuk kedua musimnya sangat tinggi, menunjukkan popularitas yang besar di antara penonton.

Berdasarkan Nielsen Korea, Wise Doctor Life Season 1 mencatat rating rata-rata sekitar 14,1% untuk seluruh episode yang ditayangkan.

Sedangkan Wise Doctor Life Season 2 mencatat rating rata-rata sekitar 13,8% untuk seluruh episode yang ditayangkan.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa drama ini sangat populer dan berhasil menarik perhatian banyak penonton di Korea Selatan.

19. Hospital Playlist apakah sudah tamat?

Belum ada pengumuman resmi mengenai apakah akan ada musim lanjutan atau tidak.

20. Hospital playlist Season 2 Mulai kapan?

Wise Doctor Life Season 2 mulai ditayangkan di Korea Selatan pada tanggal 17 Juni 2021. Drama ini disiarkan di jaringan televisi tvN dan tayang setiap hari Kamis pada pukul 21.00 waktu Korea Selatan.

21. Hospital Playlist season 1 sampai episode berapa?

Wise Doctor Life Season 1 terdiri dari total 12 episode. Drama ini memperkenalkan penonton pada karakter-karakter utama, latar belakang mereka, dan hubungan mereka satu sama lain.

Setiap episode memiliki durasi sekitar 1 jam dan ditayangkan di jaringan televisi tvN.

22. Hospital playlist season 2 sampai episode berapa?

Wise Doctor Life Season 2 terdiri dari total 12 episode, sama seperti Season 1. Setiap episode memiliki durasi sekitar 1 jam dan ditayangkan di jaringan televisi tvN.

Season 2 melanjutkan perjalanan kelompok lima dokter utama dan menggali lebih dalam tentang kehidupan pribadi mereka, tantangan medis yang mereka hadapi, dan hubungan mereka dengan pasien dan satu sama lain.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *