Jenis Jenis Sponsorship Event untuk Acara (Sponsorship Event)

Dalam dunia perencanaan acara, sponsorship atau sponsor merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Sponsorship dapat membantu acara Anda dalam hal pendanaan, promosi, dan dukungan lainnya. Mengetahui jenis jenis sponsorship ini akan membantu Anda dalam merencanakan strategi sponsorship yang efektif untuk acara Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis sponsorship yang dapat dipertimbangkan untuk berbagai jenis acara.

Daftar Isi tampilkan

 Apa Itu Sponsor Event?

Sponsor event adalah konsep di mana sebuah perusahaan atau individu menyediakan dukungan finansial atau sumber daya lainnya untuk sebuah acara atau kegiatan tertentu sebagai bagian dari strategi pemasaran atau hubungan masyarakat mereka.

Sponsor event memiliki tujuan untuk mendapatkan eksposur, meningkatkan branding, atau mencapai tujuan tertentu dalam acara tersebut.

Sponsorship event melibatkan kesepakatan antara pihak penyelenggara acara dan sponsor, di mana sponsor menawarkan kontribusi finansial atau sumber daya seperti produk, layanan, atau fasilitas untuk mendukung acara.

Sebagai imbalannya, penyelenggara acara memberikan eksposur kepada sponsor, seperti mencantumkan logo sponsor di materi promosi, peralatan acara, atau tempat acara.

Sponsor event dapat beragam dalam bentuknya, mulai dari sponsor utama yang menyediakan dukungan utama hingga sponsor kecil yang berpartisipasi dalam kapasitas yang lebih terbatas.

Biasanya, sponsor event memanfaatkan kesempatan ini untuk mencapai audiens yang sesuai dengan target mereka, meningkatkan citra merek, atau memperluas jaringan bisnis.

Dalam konteks acara seperti festival, konser, konferensi, atau kompetisi olahraga, sponsor event seringkali memainkan peran penting dalam memungkinkan acara tersebut terjadi dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada peserta dan penonton.

Sponsorship event adalah strategi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, di mana penyelenggara acara mendapatkan sumber daya tambahan untuk acara mereka, sementara sponsor mendapatkan eksposur dan manfaat pemasaran yang dapat meningkatkan visibilitas dan citra mereka.

Tujuan Sponsorship

1. Mendukung Strategi Pemasaran

Salah satu tujuan utama dari sponsorship adalah mendukung strategi pemasaran perusahaan. Dengan menjadi sponsor dalam acara atau kegiatan tertentu, perusahaan dapat memanfaatkan platform tersebut untuk mencapai audiens yang lebih luas.

Sponsorship membantu memperluas jangkauan pesan pemasaran, memperkenalkan produk atau layanan kepada target pasar yang relevan, dan membangun hubungan dengan konsumen potensial. Ini juga dapat mencakup promosi merek melalui materi promosi terkait acara, yang akan dilihat oleh peserta dan penonton.

2. Mengenalkan Perusahaan kepada Publik

Sponsorship adalah cara efektif untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik. Ketika sebuah perusahaan menjadi sponsor dalam acara yang banyak dihadiri atau memiliki eksposur media yang tinggi, itu menciptakan kesadaran merek.

Dengan logo dan nama perusahaan terpampang di berbagai media dan tempat acara, perusahaan membangun citra positif dan mengukuhkan kehadiran mereka dalam benak konsumen. Hal ini penting untuk memperluas pangsa pasar dan membangun loyalitas pelanggan.

3. Menarik Minat Media untuk Bekerja Sama

Sponsorship juga dapat digunakan untuk menarik minat media untuk bekerja sama. Ketika sebuah acara atau proyek mendapatkan dukungan finansial atau sumber daya dari perusahaan tertentu, ini sering menjadi berita menarik bagi media.

Media cenderung meliput perusahaan yang terlibat dalam aktivitas sponsor, sehingga menciptakan liputan media tambahan yang berharga. Hal ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan visibilitas mereka dan memperkuat hubungan dengan media.

Dengan merencanakan sponsorship dengan tujuan-tujuan ini, perusahaan dapat memaksimalkan manfaat dari investasi mereka dalam sponsor acara atau kegiatan tertentu.

Itu bukan hanya tentang mendukung acara, tetapi juga tentang menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan penyelenggara acara serta audiens yang mereka layani.

Jenis Jenis Sponsorship

Jenis Jenis Sponsorship

Berikut beberapa jenis jenis sponsorship, antara lain:

1. Sponsor Utama

Sponsor utama adalah sponsor utama dalam suatu acara atau kegiatan. Mereka biasanya menyumbang jumlah dana yang signifikan dan mendapatkan eksposur paling besar. Nama mereka sering kali menjadi bagian dari nama acara, menciptakan keterkaitan erat antara sponsor utama dan acara tersebut.

2. Sponsor Umum

Sponsor umum adalah sponsor yang memberikan dukungan finansial atau sumber daya dalam kapasitas yang lebih umum, tanpa keterkaitan yang sangat khusus dengan acara tersebut. Mereka mungkin tidak mendapatkan eksposur sebesar sponsor utama, tetapi mereka tetap memberikan kontribusi yang berarti.

3. Sponsor Resmi

Sponsor resmi adalah sponsor yang memiliki hak eksklusif untuk mempromosikan diri mereka sebagai sponsor dalam kategori tertentu. Mereka biasanya memiliki hubungan yang kuat dengan penyelenggara acara dan mendapatkan hak-hak tertentu dalam pertukaran untuk dukungan mereka.

4. Sponsor Teknis

Sponsor teknis adalah sponsor yang menyediakan layanan atau teknologi khusus yang diperlukan untuk pelaksanaan acara. Contohnya adalah penyedia peralatan suara dan pencahayaan dalam sebuah konser.

5. Sponsor Berpartisipasi

Sponsor berpartisipasi adalah sponsor yang terlibat aktif dalam acara, mungkin dengan menyelenggarakan zona khusus atau aktivitas yang berkaitan dengan bisnis mereka. Ini dapat menciptakan pengalaman yang lebih kaya bagi peserta acara.

6. Sponsor Informal

Sponsor informal adalah sponsor yang tidak memiliki perjanjian resmi dengan penyelenggara acara, tetapi mereka tetap memberikan dukungan finansial atau produk dalam bentuk sumbangan tanpa ekspektasi balik yang formal.

7. Sponsor Finansial

Sponsor finansial memberikan dukungan dalam bentuk dana tunai atau pinjaman yang membantu penyelenggara acara untuk mengatasi biaya produksi dan pelaksanaan.

8. Sponsor dalam Bentuk Barang

Sponsor dalam bentuk barang menyediakan produk atau barang untuk digunakan selama acara, seperti hadiah, peralatan, atau merchandise. Ini dapat membantu mengurangi biaya penyelenggaraan acara.

9. Sponsor Media

Sponsor media adalah sponsor yang memberikan dukungan dalam bentuk iklan atau liputan media. Mereka membantu meningkatkan eksposur acara melalui saluran media mereka.

10. Mitra Promosi

Mitra promosi adalah sponsor yang terlibat dalam promosi acara. Mereka mungkin membantu dalam distribusi materi promosi atau strategi pemasaran.

11. Online Sponsorship

Online sponsorship melibatkan dukungan dan promosi melalui platform online seperti situs web, media sosial, atau aplikasi. Ini menjadi semakin penting dalam era digital.

12. Brand Sponsorship

Brand sponsorship adalah bentuk sponsorship di mana perusahaan ingin membangun atau memperkuat citra merek mereka dengan berhubungan langsung dengan acara atau kegiatan tertentu.

13. Event Sponsorship

Event sponsorship adalah bentuk sponsorship yang berfokus pada dukungan untuk acara atau kegiatan tertentu. Ini mencakup berbagai jenis dukungan, mulai dari finansial hingga sumber daya dan promosi.

Jenis-Jenis Sponsorship Marketing

1. Event Sponsorship

Event sponsorship adalah bentuk sponsorship di mana perusahaan mendukung atau berpartisipasi dalam acara tertentu, seperti festival, konser, konferensi, atau kegiatan komunitas.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan eksposur merek selama acara tersebut. Perusahaan dapat menyediakan dana atau sumber daya, seperti tempat, peralatan, atau hadiah, dalam pertukaran untuk eksposur yang menciptakan kesan positif pada audiens acara.

2. Media Sponsorship

Media sponsorship melibatkan perusahaan yang berkolaborasi dengan media seperti televisi, radio, atau surat kabar. Mereka dapat menyumbangkan iklan atau konten yang relevan dengan acara tertentu. Media sponsor biasanya mendapatkan eksposur dari berbagai saluran media yang mereka dukung.

3. Tim atau Atlet Sponsorship

Sponsorship tim atau atlet adalah bentuk sponsorship yang melibatkan perusahaan yang mendukung tim olahraga, atlet, atau para pemain dalam berbagai cabang olahraga. Sponsor dapat menyediakan dana atau peralatan olahraga dalam pertukaran untuk hak promosi di sekitar tim atau atlet yang didukung.

4. Sponsorship Komunitas

Sponsorship komunitas adalah bentuk dukungan perusahaan untuk proyek atau inisiatif yang berkaitan dengan komunitas setempat. Ini mencakup dukungan untuk acara amal, proyek pembangunan, atau kegiatan sosial yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

5. Sponsorship Produk

Sponsorship produk melibatkan perusahaan yang menyediakan produk mereka sebagai bagian dari acara atau kegiatan tertentu. Contohnya adalah perusahaan makanan yang menyumbangkan produk makanan mereka untuk sebuah festival makanan.

Hal ini dapat membantu menciptakan eksposur merek dan memberikan kesempatan kepada audiens untuk mencoba produk tersebut.

6. Edukasi dan Penelitian Sponsorship

Sponsorship edukasi dan penelitian melibatkan perusahaan yang mendukung proyek penelitian, program pendidikan, atau kegiatan akademis. Sponsorship ini dapat mencakup dukungan finansial atau pemberian sumber daya yang mendukung penelitian atau pendidikan yang relevan dengan bidang bisnis perusahaan.

Dengan memilih jenis-jenis sponsorship marketing yang sesuai dengan tujuan dan nilai perusahaan, perusahaan dapat membangun hubungan yang kuat dengan audiens target mereka dan meningkatkan visibilitas serta citra merek mereka di pasar.

Manfaat atau Keuntungan Sponsorship

1. Meningkatkan Popularitas Merek

Sponsorship dapat membantu meningkatkan popularitas merek dengan memberikan eksposur yang luas kepada audiens yang relevan. Ketika nama merek muncul dalam konteks acara atau kegiatan yang disukai oleh target pasar, hal ini dapat menciptakan kesan positif dan membuat merek lebih mudah diingat.

2. Meningkatkan Reputasi Merek

Sponsorship juga dapat meningkatkan reputasi merek. Dengan mendukung acara atau inisiatif yang dihormati oleh masyarakat, perusahaan dapat mengaitkan diri mereka dengan nilai-nilai positif dan mendapatkan pengakuan sebagai entitas yang peduli dengan komunitas dan lingkungan sekitar.

3. Lebih Unggul daripada Kompetitor

Dalam persaingan bisnis yang ketat, sponsorship dapat memberikan keunggulan kompetitif. Dengan memanfaatkan kesempatan sponsorship dengan baik, perusahaan dapat menjadi lebih menonjol dan menarik perhatian dibandingkan pesaing mereka.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Sponsorship yang efektif dapat memiliki dampak langsung pada penjualan produk. Ketika audiens melihat keterkaitan antara merek dan sebuah acara atau atlet, ini dapat mendorong mereka untuk mencoba atau membeli produk yang disponsori.

5. Diferensiasi Merek

Sponsorship dapat membantu dalam diferensiasi merek dari pesaing. Hal ini dapat menciptakan citra merek yang unik dan menggambarkan perusahaan sebagai yang berbeda dan istimewa di mata konsumen.

6. Hubungan yang Kuat dengan Konsumen

Sponsorship memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Dengan berpartisipasi dalam acara atau kegiatan yang penting bagi audiens target, perusahaan dapat membentuk ikatan emosional yang kuat dengan konsumen.

7. Peluang Pemasaran Khusus

Sponsorship memberikan peluang untuk pemasaran khusus yang tidak dapat diakses melalui saluran konvensional. Ini mencakup hak untuk menggunakan logo sponsor dalam materi promosi, peralatan acara, dan promosi khusus lainnya.

8. Peningkatan Hubungan Bisnis

Sponsorship juga dapat membantu dalam membangun hubungan bisnis yang berharga. Dengan mendukung acara yang dihadiri oleh pemangku kepentingan bisnis, perusahaan dapat memperluas jaringan dan menciptakan peluang kolaborasi yang bermanfaat.

Dengan memahami manfaat atau keuntungan dari sponsorship, perusahaan dapat merencanakan strategi sponsorship yang sesuai dengan tujuan mereka dan memaksimalkan investasi mereka dalam kegiatan sponsorship.

Contoh Bentuk Benefit Sponsorship

1. Media Sosial

Sponsorship dapat memberikan manfaat dalam bentuk eksposur di platform media sosial. Misalnya, perusahaan sponsor dapat memiliki hak untuk memposting konten eksklusif atau mengumumkan keterlibatan mereka dalam acara melalui postingan yang dapat mencapai audiens yang luas.

2. TV dan Siaran Langsung

Sponsorship pada siaran televisi atau siaran langsung acara dapat memberikan eksposur yang signifikan kepada audiens yang menonton acara tersebut. Nama merek sponsor dapat muncul dalam iklan, pengumuman, atau tayangan langsung, menciptakan kesan yang kuat pada pemirsa.

3. Media Cetak

Sponsorship seringkali mencakup eksposur di media cetak seperti surat kabar dan majalah. Logo sponsor, iklan, atau artikel tentang perusahaan sponsor dapat muncul dalam publikasi ini, menciptakan kesadaran dan peningkatan citra merek.

4. Situs Web dan Blog

Penyelenggara acara seringkali memasukkan logo atau promosi sponsor di situs web mereka. Sponsorship juga dapat mencakup pembuatan konten khusus di blog atau situs web penyelenggara yang mencantumkan perusahaan sponsor.

5. Podcast dan Radio

Sponsorship di dunia podcast dan radio dapat menciptakan eksposur suara. Perusahaan sponsor mungkin mendapatkan kesempatan untuk promosi berulang dalam acara atau segmentasi yang relevan dengan audiens mereka.

6. Live Streaming

Sponsorship acara yang disiarkan secara langsung di platform online, seperti YouTube atau Twitch, dapat memberikan eksposur kepada pemirsa yang menonton secara online. Logo sponsor dan pesan promosi dapat ditampilkan selama siaran langsung.

7. Email Marketing

Penyelenggara acara seringkali menggunakan email marketing untuk menginformasikan audiens tentang acara. Sponsorship dapat mencakup penampilan logo sponsor di email pemasaran acara atau bahkan pesan khusus dari sponsor kepada audiens.

8. Penempatan Produk dan Konten

Sponsorship juga dapat mencakup penempatan produk dalam acara atau konten yang relevan dengan merek sponsor. Ini dapat mencakup tayangan produk atau integrasi merek dalam acara tersebut.

9. Media Periklanan Digital

Sponsorship dapat mencakup kampanye periklanan digital yang ditargetkan kepada audiens yang relevan dengan acara atau kegiatan. Ini mencakup iklan banner, iklan video, atau iklan berbayar di platform online yang relevan.

Dengan memanfaatkan berbagai bentuk benefit sponsorship, perusahaan dapat menciptakan eksposur dan kesan yang kuat di mata audiens mereka, meningkatkan visibilitas merek, dan mencapai tujuan pemasaran mereka.

Tips Mendapatkan Sponsorship

Tips Mendapatkan Sponsorship

Mendapatkan sponsorship adalah langkah strategis dalam mengamankan dukungan finansial atau sumber daya lainnya untuk acara atau kegiatan Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan sponsorship dengan sukses:

1. Identifikasi Target Sponsorship

Langkah pertama adalah mengidentifikasi potensi sponsor yang sesuai dengan acara atau kegiatan Anda. Pertimbangkan merek atau perusahaan yang memiliki nilai-nilai dan tujuan yang serupa atau relevan dengan acara Anda. Pastikan target sponsorship tersebut juga memiliki audiens atau pasar yang relevan dengan tujuan Anda.

2. Riset Potensial Sponsor

Lakukan riset mendalam tentang calon sponsor. Ketahui sejarah mereka dalam sponsorship sebelumnya, nilai-nilai merek mereka, dan tujuan pemasaran mereka. Hal ini akan membantu Anda merancang proposal yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan mereka.

3. Persiapkan Proposal yang Profesional

Buat proposal sponsorship yang profesional dan menarik. Proposal ini harus mencakup informasi tentang acara Anda, audiens yang akan dijangkau, manfaat yang akan diberikan kepada sponsor, dan paket sponsorship yang ditawarkan. Pastikan proposal Anda mencerminkan keseriusan dan profesionalisme Anda.

4. Tawarkan Nilai Tambah

Tunjukkan kepada calon sponsor bagaimana kehadiran mereka akan memberikan nilai tambah bagi acara Anda. Berikan insentif khusus, seperti eksposur merek yang maksimal, peluang promosi eksklusif, atau keterlibatan langsung dengan audiens.

5. Jalin Hubungan

Bangun hubungan dengan kontak-kontak yang tepat di perusahaan sponsor. Hubungan ini dapat membantu Anda menjalani proses negosiasi dengan lebih lancar. Ajak mereka untuk bertemu dan berdiskusi lebih lanjut tentang potensi sponsorship.

6. Berikan Bukti Kinerja

Jika Anda telah memiliki pengalaman dalam sponsorship sebelumnya, berikan bukti kinerja dari sponsor-sponsor sebelumnya. Berikan data atau testimonial yang menunjukkan kesuksesan kerja sama sebelumnya.

7. Kustomisasi Proposal

Sesuaikan proposal Anda untuk setiap calon sponsor. Jangan gunakan pendekatan satu ukuran cocok untuk semua. Tunjukkan bagaimana sponsorship mereka akan menjadi unik dan relevan dengan acara Anda.

8. Pertimbangkan Hubungan Jangka Panjang

Jangan hanya berfokus pada satu acara saja. Pertimbangkan kerja sama jangka panjang dengan sponsor yang cocok. Ini dapat menciptakan hubungan yang lebih berkelanjutan dan saling menguntungkan.

9. Tanggapi Dengan Cepat

Setelah Anda menerima tanggapan dari calon sponsor, tanggapi dengan cepat. Ini menunjukkan komitmen Anda dan dapat meningkatkan peluang kesepakatan.

Dengan mengikuti tips ini dan menjalani pendekatan yang proaktif, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan sponsorship yang sesuai dengan acara atau kegiatan Anda. Kesabaran dan dedikasi dalam menjalin kemitraan yang sukses adalah kunci untuk mencapai tujuan Anda dalam sponsorship.

Pertanyaan Tentang Jenis Jenis Sponsorship

1. Apa saja jenis jenis sponsorship?

Jenis-jenis sponsorship meliputi event sponsorship, media sponsorship, sponsorship tim atau atlet, sponsorship komunitas, sponsorship produk, dan sponsorship edukasi.

2. Bagaimana cara mencari sponsor untuk event?

Cara mencari sponsor untuk event meliputi identifikasi calon sponsor, penyusunan proposal yang profesional, dan pendekatan yang personal kepada calon sponsor.

3. Apa itu sponsor pendamping?

Sponsor pendamping adalah sponsor yang mendukung acara atau kegiatan dengan tingkat dukungan yang lebih rendah dibandingkan sponsor utama, tetapi tetap memberikan kontribusi yang berarti.

4. Apa beda sponsor dengan sponsorship?

Sponsor adalah perusahaan atau entitas yang memberikan dukungan, sementara sponsorship adalah tindakan mendukung atau membiayai acara atau kegiatan tertentu.

5. Apa tugas dari sponsor?

Tugas dari sponsor meliputi memberikan dukungan finansial atau sumber daya lainnya kepada acara atau kegiatan yang mereka dukung, serta memanfaatkan hak eksklusif atau promosi yang disepakati.

6. Sponsor bisa berupa apa saja?

Sponsor bisa berupa perusahaan, merek, individu, atau entitas lain yang memiliki kemampuan dan minat untuk mendukung acara atau kegiatan tertentu.

7. Apa yang dimaksud dengan sponsor?

Sponsor adalah entitas yang memberikan dukungan finansial atau sumber daya lainnya kepada acara atau kegiatan dengan harapan mendapatkan eksposur atau manfaat tertentu.

8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sponsor tunggal sponsor utama dan sponsor pendamping?

Sponsor tunggal adalah satu-satunya sponsor utama dalam suatu acara, sementara sponsor utama adalah sponsor utama dengan eksposur terbesar, dan sponsor pendamping adalah sponsor dengan tingkat dukungan yang lebih rendah.

9. Apa yg dimaksud dengan sponsorship?

Sponsorship adalah tindakan mendukung atau membiayai acara atau kegiatan tertentu dengan tujuan mendapatkan eksposur atau manfaat tertentu.

10. Apa itu sponsorship dan contohnya?

Sponsorship adalah dukungan finansial atau sumber daya lainnya yang diberikan kepada acara atau kegiatan. Contohnya adalah sebuah perusahaan yang mendukung festival musik dengan menyumbangkan dana untuk pengadaan panggung.

Kesimpulan Tentang Jenis Jenis Sponsorship

Dalam dunia periklanan dan pemasaran, berbagai jenis sponsorship memiliki peran dan manfaat yang beragam. Jenis jenis sponsorship, seperti event sponsorship, media sponsorship, atau sponsorship produk, memberikan peluang berharga bagi perusahaan untuk meningkatkan visibilitas merek mereka, membangun hubungan dengan audiens target, dan mencapai tujuan pemasaran mereka.

Kesuksesan dalam mendapatkan sponsorship terletak pada pemahaman yang mendalam tentang tujuan perusahaan dan nilai-nilai merek mereka, serta kemampuan untuk menawarkan nilai tambah kepada sponsor potensial.

Semakin relevan dan saling menguntungkan hubungan antara penyelenggara acara dan sponsor, semakin besar potensi untuk menciptakan partnership yang berkelanjutan.

Dengan demikian, sponsorship adalah alat yang efektif dalam mencapai tujuan pemasaran dan membangun citra merek yang kuat. Bagikan artikel ini jika Anda merasa informasinya bermanfaat, dan kami sangat menghargai komentar Anda untuk berbagi pandangan dan pengalaman Anda tentang sponsorship.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *