4 Tips Memilih Aplikasi Kasir Digital Terbaik

Ketika jajan kamu pasti sering melihat kasir memproses pembayaran melalui tablet atau handphone. Hal itu karena banyak pengusaha atau UMKM yang sudah menggunakan aplikasi kasir digital.

Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Kasir Digital

Ada beberapa alasan mengapa banyak UMKM berpindah ke kasir digital. Salah satunya adalah memudahkan pencatatan penjualan dan mendukung pembayaran digital.

Saat ini banyak sekali pilihan aplikasi kasir digital yang di tawarkan oleh banyak startup. Agar kamu tidak bingung memilih Saya akan memberikan tips memilih aplikasi kasir digital terbaik.

Tips Memilih Aplikasi Kasir Digital Terbaik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih aplikasi kasir digital yang tepat untuk usaha Anda, antaralain:

Pertama, Ketahui Kebutuhan Bisnis Anda

Setiap kasir digital memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda untuk ditawarkan. Pastikan kamu mengetahui kebutuhan dan keperluan dari bisnis anda.

Misalkan bisnis anda hanya membutuhkan aplikasi kasir digital hanya untuk pencatatan transaksi dan pembayaran digital. Maka kamu tidak perlu menggunakan aplikasi yang menawarkan perhitungan pajak.

Kedua, Memiliki Fitur Yang Dibutuhkan oleh Bisnis

Ada beberapa fitur yang perlu ada pada aplikasi digital seperti input produk jualan, mencatat transaksi pembayaran, bisa memberikan bukti pembayaran dan mempunyai pilihan pembayaran tunai dan non tunai.

Ketiga, Aplikasi Mudah Digunakan

Sangat disayangkan apabila fitur yang ditawarkan sudah lengkap. Akan tetapi akan sangat disayangkan apabila penggunaan aplikasi sangat membingungkan.

Bukannya memudahkan UMKM atau pebisnis untuk berjualan, tetapi menyulitkan. Jadi pilihlah aplikasi yang memiliki kemudahan dalam pemakaian.

Keempat, Pastikan Biaya-Biaya Tambahan Tidak Membebani Anda

Biasanya dalam menggunakan kasir digital ketika terjadi pembayaran digital penyedia layanan akan memberikan tambahan biaya (Merchant Fee).

Setiap penyedia layanan mempunya merchant fee yang berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing. Jadi pastikan merchant fee ini tidak menganggu keuangan usaha Kamu.

Baca Juga: Tips Menghindari Penipuan dan Aman Berbelanja Online

Rekomendasi Aplikasi Kasir Digital

Untuk Kamu yang ingin menggunakan kasir digital, saya merekomendasikan menggunakan aplikasi sooltanPay.

AplikasiSooltanPay sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia untuk membantu perkembangan UMKM. Kamu bisa mengaksesnya di website resmi SooltanPay atau mendownload aplikasinya di Playstore.

Mengapa Memilih Aplikasi Kasir Digital SooltanPay?

Beberapa alasan mengapa kamu UMKM atau pebisnis harus memilih Aplikasi SooltanPay sebagai kasir digital, antaralain:

Pertama, Dikembangkan oleh BUMN

Aplikasi SooltanPay dikembangkan oleh PT Telkom, dimana PT Telkom sendiri merupakan salah satu BUMN yang ada di Indonesia.

Jadi Kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi atau menggunakan aplikasi SooltanPay.

Kedua, User Friendly

Tampilan dari aplikasi SooltanPay sangat mudah untuk digunakan. Tidak terlalu banyak tombol dan navigasi didalam aplikasi sangat mudah dipahami.

Menurut saya hal ini penting, karena ada kemungkinan bisnis yang kita jalani dijalankan oleh orang lain. Dan ini bisa memudahkan kamu untuk mengajarkan menggunakan SooltanPay.

Ketiga, Merchant Fee 0%

SooltanPay menawarkan biaya 0% untuk pembayaran menggunakan QRIS (barcode) untuk pembayaran digital.

Merchant Fee 0% atau Merchant Discount Rate pada Aplikasi SooltanPay

Biasanya aplikasi kasir digital membebankan biaya berbeda-beda untuk setiap transaksi yang disebut Mercant Fee atau Merchant Discount Rate (MDR).

Hal ini jelas membantu sekali pebisnis dan UMKM yang menggunakan aplikasi SooltanPay.

Keempat, Support Berbagai Macam Pembayaran Digital

Dengan fitur QRIS nya SooltanPay memberikan support berbagai macam pembayaran digital. Contohnya seperti Link Aja, Gopay, OVO, Shopeepay, DANA dan juga tersedia untuk pembayaran mobile Banking.

Ini akan memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran, karena dengan satu QRIS kamu bisa melakukan pembayaran berbagai macam e-wallet.

Untuk membuat QRIS SooltanPay sendiri, kamu hanya perlu daftar dan mempunyai akun pada aplikasi SooltanPay. Dan mengupgrade akunmu dengan verifikasi identitas.

Kelima, Mempunyai Fitur PPOB

Ini fitur yang mungkin tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya yaitu pembelian pulsa, paket data, voucher game dan internet serta pembayaran PPOB (Tagihan). Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk top up e-wallet.

Hal ini bisa menjadi penghasilan tambahan untuk bagi UMKM atau pebisnis yang menggunakan aplikasi SooltanPay.

PPOB yang bisa dibayar dalam aplikasi SooltanPay antalain Listrik Pascabayar dan Prabayar, Indihome, SooltanNET, BPJS dan Telepon Pasca Bayar.

Untuk menggunakan fitur ini kamu harus melakukan Top Up terlebih dahulu saldo modal usaha di Aplikasi SooltanPay. Tidak ada minimum saldo yang di topup, bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Misalkan, ada pelanggan yang membeli pulsa sebesar 5 ribu rupiah, maka kamu hanya perlu top up saldo sesuai dengan tagihan yang tersedia di aplikasi SooltanPay.

Saat ini SooltanPay sedang mengadakan promo menarik yaitu cashback 5 ribu rupiah untuk pembelian pulsa, Top up dan pembayaran berbagai macam tagihan (Terbatas hanya sampai akhir Februari).

Promo Aplikasi Kasir Digital SooltanPay

Keenam, Memiliki Fitur Produk Toko

Salah satu hal yang sering dilupakan oleh pelaku UMKM adalah tidak adanya pencatatan keuangan yang baik. SooltanPay menghadirkan fitur produk toko untuk mengatasi hal tersebut.

Fitur produk toko ini merupakan pencatatan otomatis transaksi yang dilakukan melalui aplikasi SooltanPay atau QRIS SooltanPay. Untuk pembayaran manual, transaksinya pun bisa ditambahkan pada laporan transaksi.

Pada fitur ini juga kamu bisa menggunakannya untuk mengelola karyawan, toko cabang dan kasbon dari konsumen.

Dengan memiliki fitur produk toko ada berbagai macam manfaat yang bisa kamu rasakan, seperti:

  • Pelayanan yang Lebih Efektif
    Dengan pencatatan dan pelayanan otomatis akan mempermudah kamu memberikan pelayanan lebih cepat pada pelanggan.
  • Penyimpanan Data Transaksi
    Data transaksi kamu akan otomatis disimpan di database. Jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan kerusakan atau kehilangan laporan keuangan.
  • Analisa Laporan Keuangan Lebih Praktis
    Pencatatan otomatis memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan laporan keuangan dan tentunya analisa terkait bisnis kamu pun akan lebih cepat.

Baca Juga: Apes Kena Tipu Online? Begini Tata Cara Blokir Rekening Penipuan Online

Cara Daftar Aplikasi Kasir Digital SooltanPay

Untuk memulai menggunakan aplikasi SooltanPay kamu bisa mendaftarkan diri pada link ini. Atau kamu bisa mendaftarkan diri pada aplikas2i SooltanPay yang tersedia di Playstore. Berikut cara mendaftar melalui aplikasi SooltanPay:

Cara Daftar dan Upgrade Akun Aplikasi Kasir Digital SooltanPay 1
  • Klik Daftar
  • Masukan Nama dan Nomor Telepon. Apabila memiliki kode referal bisa dimasukan
  • Nanti kamu akan diminta untuk memasukan OTP yang dikirimkan ke nomor telepon
  • Setting Password
  • Login menggunakan nomor telepon dan password yang telah dibuat sebelumnya
  • Kemudian Kamu akan diminta untuk membuat PIN untuk melakukan Transaksi

Kamu sudah bisa menggunakan aplikasi SooltanPay, tetapi belum bisa memakai fitur QRIS. Karena untuk menggunakan QRIS SooltanPay harus melakukan upgrade akun terlebih dahulu.

Cara Upgrade Akun SooltanPay

Cara Daftar dan Upgrade Akun Aplikasi Kasir Digital SooltanPay 2

Untuk melakukan upgrade akun SooltanPay sangat mudah, caranya adalah:

  1. Klik Upgrade akun
  2. Kemudian masukan nama lengkap dan nomor KTP
  3. Selanjutnya foto KTP dan foto Selfie + KTP
  4. Langkah selanjutnya masukan alamat sesuai dengan KTP
  5. Terakhir masukan nomor rekening untuk pencairan uang transaksi di aplikasi SooltanPay.

Untuk proses upgrade akun ini membutuhkan waktu kurang lebih satu hari. Kamu bisa menanyakan hal lainnya ke nomor kontak yang ada pada aplikasi SooltanPay.

Nah itulah tips memilih aplikasi kasir digital terbaik, apakah kamu memiliki saran lainnya? Silahkan tuliskan dikolom komentar. Jangan lupa juga untuk share. Terimakasih telah membaca. See Yaa.

Jangan lupa untuk likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Cara Membuat Member Parkir Bassura City
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *