Olahraga di Stadion GBK (Gelora Bung Karno) saat Pandemi

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) masih menjadi salah satu opsi tempat untuk berolahraga. Namun pada masa pandemi terdapat beberapa penyesuaian untuk dapat olahraga di Stadion GBK dan dibahas pada artikel ini

Sekilas Tentang Stadion GBK (Gelora Bung Karno)

Stadion Gelora Bung Karno merupakan kompleks olahraga yang berada di Senayan, Jakarta. Dibangun pada tahun 1960.

Tampak Luar Stadion (GBK) Gelora Bung Karno

Didalam kompleks stadion ini terdapat beberapa arena olahraga seperti Tennis Outdoor/ Indoor, Istora GBK, Lapangan Panahan, Lapangan Bisbol dan lain-lain.

Tidak hanya untuk olahraga Kompleks Stadion GBK juga digunakan oleh berbagai macam event seperti konser musik, festival kebudayan nasional maupun internasional, kulineran dan lain-lain.

Apakah bisa Olahraga di Stadion GBK?

Apabila kamu bertanya gbk buka atau tutup hari ini ? Jawabannya adalah saat ini stadion GBK mulai dibuka kembali untuk umum. Baik yang ingin berolahraga atau pun yang ingin bermain di kompleks Stadion GBK.

Syarat Olahraga di Stadion GBK

Masyarakat yang ingin olahraga di Stadion GBK diharuskan telah melakukan vaksin. Untuk memasuki kawasan utama Stadion GBK harus melakukan scan peduli lindungi dan di periksa oleh security.

Kapasitas yang boleh memasuki kawasan utama Stadion GBK sebanyak 3 ribu orang. Untuk hari Sabtu dan Minggu kawasan ini biasnya penuh berdasarkan dari aplikasi peduli lindungi.

Pengunjung juga diwajibkan untuk memakai masker. Saya tidak menemukan adanya aturan khusus terkait masker yang dipakai seperti wajib double atau tidak boleh menggunakan masker kain.

Apakah Anak-Anak bisa Masuk Stadion GBK?

Saat ini anak-anak dibawah 6 tahun, tidak diperbolehkan masuk kedalam kawasan utama stadion (Ringroad) GBK. Akan tetapi untuk anak diatas 6 tahun boleh masuk dengan persyaratan telah divaksin.

Untuk anak-anak dibawah 6 tahun memang tidak bisa masuk ke kawasan utama Stadion GBK, tetapi untuk diluar masih diperbolehkan bermain.

Baca Juga: Swab Antigen Klinik Fakhira Tebet

Informasi Tambahan Terkait Stadion GBK

Berikut beberapa informasi tambahan terkait stadion GBK:

Jam Tutup dan Buka Masuk Stadion GBK

Pintu masuk GBK dibuka mulai pukul 5 pagi sampai 10 malam. Untuk pintu yang dibuka antara lain gerbang 5 (seberang FX Sudirman) dan gerbang 10 (depan TVRI). Sedangkan untuk kawasan utama atau Ringroad Stadion GBK dibuka mulai jam 5 pagi sampai jam 9 malam.

Jarak Lari Satu Putaran Luar Stadion GBK

Lari & Olahraga di Stadion (GBK) Gelora Bung Karno

Lari satu putaran di kawasan utama Stadion GBK memiliki jarak kurang lebih 1 kilometer.

Penitipan Barang Stadion GBK

Di area ringroad stadion GBK terdapat loker untuk menitipkan barang. Harga sewanya sendiri adalah 10 ribu untuk satu loker tanpa batasan waktu. Loker ini bisa ditemukan di pintu 40-43 atau zona 11.

Walaupun tidak ada batasan waktu untuk penitipan barang, loker ini akan berhenti beroperasi sekitar jam setengah 9 malam.

Parkir di Stadion GBK

Tempat parkir yang mudah dijangkau untuk lari atau olahraga di stadion GBK ada di dekat masjid albina, pintu gerbangnya sendiri terletak diantara pintu 3 dan pintu 4 stadion GBK (seberang FX Sudirman).

Jarak dari tempat parkir motor atau mobil ke pintu masuk kawasan utama stadion GBK kurang lebih sekitar 500 meter.

Parkir Stadion GBK - Gelora Bung Karno

Masuk ke dalam tempat parkir Masjid Al Bina diharuskan menggunakan kartu elektronik secara langsung. Kartu elektronik yang bisa dipakai antaralain Emoney, Flazz, Brizi dan Tapcash.

Namun untuk hari Sabtu dan Minggu pintu masuk parkir Masjid Al Bina di tutup. Dan dipindahkan ke gerbang lain. Parkir Motor dialihkan ke Istora dan Akuatik, sedangkan untuk parkir mobil dialihkan ke Area Parkir Timur.

Tarif Parkir di Stadion GBK

Motor dan mobil diharuskan untuk tap langsung kartu elektronik ketika masuk Stadion GBK, tarifnya sendiri berbeda antara motor dan mobil. Untuk motor 2 ribu perjam, sedangkan untuk mobil 5 ribu perjam.

Shalat di Stadion GBK

Apabila Kamu berolahraga di jam tanggung untuk sholat, maka tidak perlu Apabila Kamu berolahraga di jam tanggung untuk sholat, maka tidak perlu khawatir karena di stadion GBK terdapat masjid. Masjid ini bernama Al Bina berada di kompleks GBK ada diantara pintu 3 dan pintu 4 Stadion GBK.

Jangan lupa untuk membawa peralatan sholat sendiri seperti sarung atau mukena, untuk menghindari penularan virus covid 19.

Waktu Olahraga yang Baik di Stadion GBK

Saya menyarankan untuk berolahraga di jam 7 malam sampai jam 8. Karena didalam cenderung sepi. Selain itu bisa juga dicoba berolahraga pada hari senin atau kamis.

Alternatif Parkir Selain di Kawasan GBK

Apabila kamu terlupa membawa kartu uang elektronik, kamu bisa parkir ditempat alternatif sekitar GBK. Kamu bisa parkir di Mall FX Sudirman.

Di Mall FX Sudirman menyediakan pembayaran selain kartu uang elektronik yaitu uang tunai dan pembayaran uang digital (Gopay dan Dana).

Untuk jam buka sendiri saya tidak mengetahuinya. Tetapi saya pernah parkir di FX Sudirman jam 9 pagi. Kamu bisa menanyakan kepada satpam yang ada di FX.

Jam Tutup Stadion GBK

Apabila kamu bertanya stadion GBK tutup jam berapa? Saat ini tutup & bukanya stadion GBK tergantung dengan level PPKM di Jakarta. Untuk sekarang GBK tutup pukul 9 malam.

Berapa Harga Masuk Stadion GBK

Untuk masuk dan olaharaga di stadion GBK (sekitar stadion) adalah gratis. Sedangkan untuk berlari di dalam stadion GBK harus bayar 100 ribu untuk satu jam.

Bagaimana pengalaman kamu olahraga di Stadion GBK? tuliskan dikolom komentar yah. Share artikel ini apabila bermanfaat. Termikasih telah membaca. See Yaa.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *