Cara Mengatasi Sembelit Bayi Mpasi (Usia 6 Bulan Keatas)

Sembelit pada bayi sangat mungkin terjadi, ditambah dengan bayi yang berusia MPASI. Salah memberi makan akan menyebabkan bayi susah untuk buang air besar atau BAB.

Hal ini pernah terjadi pada anak saya ketika mulai makan makanan padat. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengatasi sembelit Bayi mpasi.

Penyebab Sembelit Bayi Mpasi

Dikutip dari website alodokter ada beberapa hal yang menyebabkan bayi sembelit, antaralain:

Pertama, Bayi Baru Memakan Makanan Padat

Perubahan ASI ke makanan padat dapat menyebabkan sebelit pada bayi. Hal ini dikarenakan lambung bayi masih dalam penyesuaian dengan makanan padat.

Kedua, Mengalami Kekurangan Cairan

Selain perpindahanan makanan padat, kekurangan cairan bisa menyebabkan sembelit pada bayi. Dehidrasi dapat menyebabkan kotoran kering dan sulit untuk dikeliarkan.

Ketiga, Susu Formula Yang Kurang Cocok

Ada beberapa susu formula memiliki komposisi yang sulit dicerna oleh pencernaan bayi. Selain komposisi yang sulit dicerna, ini bisa menjadi salah satu indikasi anak kamu alergi kepada susu formula.

Baca Juga: Cara Penanganan Bayi Alergi Usia Mpasi

Keempat, Kondisi Khusus Tertentu

Untuk bayi umur kurang dari 6 bulan, biasanya memiliki keadaan khusus, antaralain:

  1. alergi susu sapi
  2. penyakit celiac
  3. kadar kalsium terlalu tinggi dalam darah
  4. hipotiroid 
  5. penyakit Hirschprung
  6. dan kelainan sumsum tulang belakang.

Semua keadaan tersebut dapat menyebabkan susah untuk buang air besar atau sembelit pada bayi.

Ciri-Ciri Bayi Sembelit Saat Mpasi

Untuk tahu cara mengatasi sembelit bayi mpasi. Lebih baik mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri bayi yang mengalami sembelit, antaralain:

  1. Untuk bayi usia kurang dari 5 bulan, apabila BAB hanya satu kali dalam seminggu adalah normal. Untuk umur MPASI kurang dari dua kali dalam seminggu dapat dikatakan sembelit.
  2. Frekuensi dari buang air besar tidak berubah, tetapi tekstur dari kotoran lebih keras dibandingkan biasanya.
  3. Anak terlihat sakit pada saat buang air besar
  4. Terdapat bercak darah pada kotoran bayi

Cara Mengatasi Bayi Sembelit Umur 6 Bulan

Cara mengatasi Sembelit Bayi Mpasi

Ada beberapa cara mengatasi sembelit bayi mpasi. Dikutip dari alodokter ada beberapa cara untuk mengatasinya:

Pertama, Mengatasi Sembelit Bayi Mpasi (Umur 6 Bulan – 12 Bulan)

  • Mengubah atau mengganti susu formula
    Anda bisa mengubah susu formula untuk mengatasi sembelit. Akan tetapi kamu harus mendiskusikan terlebih dahulu kepada dokter.
  • Memanfaatkan pelembut tinja
    Hal ini bisa ditanyakan ke dokter pelembut tinja. Biasanya bisa ditambahkan ke dalam susu bayi.

Kedua, Mengatasi Sembelit Bayi Umur 1 Tahun – 2 Tahun

  • Biasakan duduk di toilet secara teratur
    Kamu bisa membiasakan anak untuk duduk di toilet sekitar 3 – 5 menit setelah makan. Hal ini dilakukan walau pun tidak ingin buang air besar (BAB). Ini adalah cara agar anak bisa merespon keinginan untuk BAB dan duduk di toilet.
  • Berikan makanan yang tinggi serat
    Makanan tinggi serat bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi sembelit pada umur mpasi. Hindari sereal siap saji seperti corn flake dan rice bubble.
  • Berikan susu sapi yang diformulasikan khusus
    Sesuaikan susu dengan anjuran dokter, biasanya disarankan untuk memberikan susu berserat tinggi untuk pencernaan lebih sehat.

Ketiga, Alternatif Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Kamu juga bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi sembelit bayi mpasi, antaralain:

  1. Memijat perutnya
    Dengan memijat perut bayi diharapkan bisa membantu untuk mengeluarkan kotoran. Caranya, pijat bagian bawah pusar bayi sekitar 3 jari dari pusar, dengan arah pijatan melingkar dari tengah ke luar.
Mengatasi sembelit bayi mpasi dengan memijat perut
  1. Biarkan anak lebih banyak bergerak
    Ajaklah anak untuk lebih banyak bergerak apabila sudah mulai merangkak biarkan untuk merangkak. Apabila belum bisa merangkap, alternatifnya adalah menggerakan kakinya seperti mengayuh sepeda.
  2. Mengganti susu formula
    Susu formula yang tidak cocok bisa menjadi salah satu alasan bayi mengalami sembelit. Cobalah untuk mengganti susu formula tersebut dengan merk lain.
Mengatasi sembelit bayi mpasi mengganti Susu Formula
  1. Mencampur makanan padat dan lembut
    Untuk masa mpasi usahakan tidak langsung memberikan bayi makanan yang padat, tetapi selingi dengan makanan yang lembut.
  2. Memandikan bayi dengan air hangat
    Mandi dengan air hangat dapat merilekskan badan bayi. Sehingga dapat membantu bayi pada saat mengeluarkan kotoran.

Pengalaman Bayi Sembelit Saat MPASI

Saat ini saya memiliki bayi, saat ini alhamdulillah sudah masuk usia mpasi. Namun beberapa waktu terakhir mengalami kesulitan buang air besar.

Kemungkinan karena perubahan makanan seperti yang dikatakan Alodok. Saat ini sudah berumur 7 bulan, dan sudah mulai mpasi semenjak umur 6 bulan.

Pada hari pertama anak saya susah BAB, kelihatan sekali dari mukanya bahwa sedang menahan rasa sakit susah BAB. Maka setelah search di google maka anak saya pun di ganti makanannya menjadi lebih lembut.

Selain itu anak saya diberikan air putih dan ASI yang banyak. Namun belum ada perkembangan sampai hari ke 2.

Hari kedua, anak saya masih merasakan sembelit. Kemudian saya menelepon sepupu saya yang Dokter untuk menanyakan obat apa yang diberikan kepada anak saya yang sedang mengalami sembelit.

Lalu sepupu saya ini menyarankan untuk memberikan microlax kepada anak saya dan juga memberikan pepaya supaya buang air besarnya lancar.

Pada hari kedua ini saya dan istri tidak langsung memberikan obat, tetapi dengan memberikan pepaya dan juga air yang banyak.

Hari kedua, pada malam harinya Saya dan istri pun pergi ke Bidan di dekat rumah untuk menanyakan kondisi anak kami. Setelah memakan pepaya dan meminum air yang banyak, memang BAB sudah mulai lancar akan tetapi masih sulit untuk keluar.

Dan setelah sampai di Bidan, menyarakan hal yang sama yaitu memakan pepaya, minum air yang banyak dan mencoba untuk menggunakan microlax.

Untuk penggunaan microlax sendiri bisa dibantu oleh tenaga medis (bidan dan lainnya) atau dilakukan sendiri. Dosisnya sendiri secukupnya saja, tidak semua obat dimasukan. Alhamdulillah, anak kami pun tidak sulit lagi buang air besar.

Apabila kamu merasa bahwa artikel mengatasi sembelit bayi mpasi, ini bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media kamu. Komen juga kalau kamu memiliki saran lain untuk mengatasi sembelit bayi mpasi.

Catatan: Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan penulis tidak memiliki latar belakang pendidikan kesehtan. Dan artikel ini telah diedit dan diperbaharui pada tanggal 3 April 2022.

Apabila ada dokter atau tenaga medis yang membaca artikel cara mengatasi sembelit bayi mpasi ini, jika ada informasi yang salah harap dituliskan dikolom komentar untuk dikoreksi. Terimakasih banyak.

Referensi: Alodokter

Likes fanspage ruminesia.id untuk update kabar terbaru!

Like Fanspage Ruminesia
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *