Share Pengalaman: Penerimaan Pegawai KUM Syariah

ruminesia.id – Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengalaman penerimaan pegawai KUM Syariah, kamu berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi berbagai cerita dan pengalaman saya yang telah mengikuti proses seleksi dan menjadi bagian dari KUM Syariah.

Temukan insight berharga tentang tahapan seleksi, pengalaman interview, dan tantangan yang dihadapi selama proses penerimaan pegawai. Yuk, simak selengkapnya!

Penerimaan Pegawai KUM Syariah

Kamu bisa menemukan informasi terkait proses penerimaan pegawai di KUM Syariah langsung dari website resminya, kumsyariah.com. Situs tersebut menyediakan informasi terbaru mengenai proses rekrutmen.

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengirimkan email berisi lamaran kerja dan Curriculum Vitae ke alamat email career@kumsyariah.org. Di dalam email tersebut, kamu menegaskan minatmu untuk mengisi posisi pekerja lapangan di KUM Syariah.

Tidak butuh waktu lama untuk mendapat tanggapan dari HRD KUM Syariah. Mereka mengirimkan pesan singkat yang memberitahumu bahwa kamu termasuk salah satu kandidat yang akan mengikuti proses interview.

Proses Interview KUM Syariah

Proses interview di KUM Syariah dilaksanakan di Hotel Tyara Plaza Ciamis pada pukul 08.30. Tahapan seleksi karyawan di KUM Syariah terdiri dari tiga bagian, yakni psikotes, wawancara dengan HR, dan wawancara dengan Kepala Cabang KUM Syariah.

Saat hari H, kamu akan menjalani psikotes dan wawancara dengan HRD. Wawancara dilakukan secara bersama-sama, sehingga kamu akan berinteraksi dengan peserta lainnya. Psikotes biasanya meliputi tes aritmatika dan penalaran logika.

Karena interview dilakukan secara berkelompok, setiap peserta akan menjawab pertanyaan yang sama secara bergantian. Hal ini memungkinkan para pihak yang terlibat untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai kemampuan dan kepribadian setiap peserta.

Dokumen yang Perlu Dibawa Untuk Interview KUM Syariah

Untuk persiapan interview di KUM Syariah, ada beberapa dokumen yang penting kamu bawa. Ini termasuk surat lamaran kerja, Curriculum Vitae (CV), dan ijazah asli untuk keperluan verifikasi.

Meskipun tidak wajib, kamu juga bisa membawa dokumen pendukung seperti piagam penghargaan atau nilai TOEFL jika ada.

Namun, yang paling penting adalah membawa alat tulis agar kamu bisa mencatat informasi penting selama proses interview berlangsung. Dengan membawa semua dokumen yang diperlukan, kamu bisa mempersiapkan diri secara optimal untuk menghadapi tahapan interview dengan lebih percaya diri.

Gaji Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah

Pada saat interview untuk penerimaan pegawai di KUM Syariah, biasanya tidak ada pembahasan langsung tentang gaji. Namun, dari pengalaman teman yang juga mengikuti interview, gaji di KUM Syariah biasanya mengikuti UMR Bogor.

Selain itu, informasi yang saya dapatkan dari website Jobplanet menyebutkan bahwa gaji untuk karyawan di Koperasi Karya Usaha Mandiri adalah sebesar 3,4 juta. Meskipun demikian, pastikan untuk memverifikasi informasi gaji secara langsung dengan pihak KUM Syariah atau sumber terpercaya lainnya.

Hasil Mengikut Penerimaan Pegawai KUM Syariah

Setelah menjalani proses interview dan psikotes, hasilnya diumumkan langsung pada hari itu juga. Ada waktu tunggu sekitar satu jam setelah interview selesai.

Syukurlah, saya termasuk salah satu kandidat yang dipilih untuk melanjutkan ke tahap wawancara dengan Kepala Cabang KUM Syariah. Saya diminta untuk datang ke kantor cabang untuk wawancara lanjutan dan pada hari itu juga saya sudah bisa menandatangani kontrak kerja.

Jika berhasil lolos dan menandatangani kontrak, biasanya dua hari kemudian kamu bisa langsung memulai pekerjaan.

Namun, saya tidak melanjutkan ke tahap kedua karena orang tua saya tidak mengizinkan, karena pekerjaannya berada di lapangan dan spesifikasi pekerjaan tersebut lebih sesuai untuk lulusan SMA.

Ini bukan berarti saya atau orang tua meremehkan lulusan SMA. Pada saat itu, saya sudah menyelesaikan pendidikan tinggi dan hanya menunggu prosesi wisuda. Begitulah cerita pengalaman saya dalam proses penerimaan pegawai di KUM Syariah (Koperasi Karya Usaha Mandiri).

Pengenalan tentang KUM Syariah

Penerimaan Pegawai KUM Syariah Logo
logo KUM Syariah

KUM Syariah adalah koperasi yang berbasis syariah, yang memiliki fokus pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di Indonesia.

Mereka menawarkan solusi pembiayaan mikro yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam. Selain itu, KUM Syariah juga menyediakan layanan pinjaman WASH (water, sanitation, and hygiene) dan mendukung usaha kecil yang dijalankan serta dikelola oleh anggotanya.

Sejarah Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah

Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah (KUM Syariah) berdiri sejak bulan Juni 1989 di desa Curugbitung, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Awalnya dikenal dengan nama Karya Usaha Mandiri, koperasi ini mulai berfokus pada pemberdayaan masyarakat perdesaan.

Seiring berjalannya waktu, KUM Syariah berkembang menjadi koperasi syariah yang menekankan pada usaha mikro dan menyediakan pinjaman modal usaha sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam.

KUM Syariah telah menginisiasi berbagai program untuk mendukung masyarakat, termasuk program kredit jamban yang fokus pada air bersih dan sanitasi. Program ini telah memberikan manfaat kepada 1.195 penerima sejak tahun 2016.

Selain itu, koperasi ini juga aktif dalam kegiatan rembug anggota, seperti di Kelompok Ayah Bunda, yang bertujuan untuk membantu anggotanya dalam mengelola kredit dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Visi dan Misi KUM Syariah

Visi dan Misi KUM Syariah adalah sebagai berikut:

Visi KUM Syariah

“Menjadi Lembaga Keuangan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dan menengah bawah terutama wanita di wilayah Indonesia, berdasarkan prinsip-prinsip syariah.”

Misi KUM Syariah

  • Mengembangkan jasa simpan pinjam bagi masyarakat miskin untuk memberikan manfaat bersama.
  • Membangun solidaritas dan kemandirian masyarakat miskin dengan membentuk kelompok.
  • Meningkatkan kesejahteraan antar anggota kelompok dan pengurus KUM Syariah serta pemangku kepentingan.

Layanan KUM Syariah

KUM Syariah adalah koperasi yang berbasis syariah, fokus utamanya adalah pada pemberdayaan perempuan pengusaha mikro di Indonesia.

Mereka menyediakan solusi pembiayaan mikro yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum Islam, serta layanan pinjaman WASH (water, sanitation, and hygiene) dan mendukung usaha kecil yang dijalankan dan dikelola oleh anggotanya. Di antara layanan utamanya adalah:

  1. Kredit Usaha: KUM Syariah menawarkan kredit usaha untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah yang sulit mendapatkan akses ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Skema kredit ini dilengkapi dengan tanggung renteng, di mana semua peminjam bertanggung jawab bersama-sama terhadap kerugian yang dialami oleh usaha peminjam.
  2. Kredit Jamban (Air Bersih dan Sanitasi): Program unik ini membantu masyarakat di area KUM Syariah mendapatkan fasilitas kamar mandi atau toilet yang layak. Sejak 2016, program ini telah membantu 1.195 penerima manfaat, meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mereka.
  3. Usaha Kecil: KUM Syariah juga mendukung pendirian dan pengelolaan usaha kecil oleh anggotanya, seperti restoran, bengkel sepeda motor, dan toko isi ulang air mineral. Ini memberikan peluang ekonomi bagi anggota koperasi dan mendorong pertumbuhan usaha mikro di komunitas lokal.

Alamat KUM Syariah

Alamat kantor KUM Syariah terletak di Jl. Raya Leuwiliang Km. 09 Desa Kolong I Kec. Leuwisadeng Kab. Bogor, Jawa Barat 16640, Indonesia.

Kontak KUM Syariah

Jika kamu ingin menghubungi KUM Syariah, kamu bisa melakukannya melalui berbagai saluran komunikasi.

Kamu dapat menghubungi mereka melalui telepon di nomor (0251) 8681475 atau melalui faksimili di (0251) 8680154. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan email ke alamat office@kumsyariah.com.

Untuk tetap terhubung dengan informasi terbaru dan kegiatan mereka, kamu bisa mengikuti akun sosial media KUM Syariah. Mereka aktif di Facebook dengan nama @kumsyariah, di Instagram dengan username @kumsyariah, dan di Youtube dengan nama @kumsyariah.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi website resmi mereka di https://www.kumsyariah.com/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan dan program yang mereka tawarkan.

Statistik Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah

Per April 2018, Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah telah mencatat beberapa statistik yang menarik. Mereka telah melayani 141.397 peminjam dengan total pinjaman yang tersalurkan mencapai Rp 305 miliar. Tingkat kredit bermasalah (NPL) mereka cukup rendah, hanya sebesar 0,05%.

KUM Syariah juga telah mengembangkan keberadaannya dengan memiliki 40 unit kantor cabang. Mereka telah menjangkau area Tangerang Selatan, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, memperluas dampak dan cakupan layanan mereka kepada masyarakat.

Baca Juga:

Kesimpulan

Dengan demikian, mengikuti pengalaman penerimaan pegawai KUM Syariah dapat menjadi langkah awal yang menarik untuk memperluas wawasan dan kesempatan kariermu.

Dari cerita-cerita yang telah dibagikan, kamu bisa melihat beragam tantangan dan pembelajaran yang dialami oleh para pelamar. Jika kamu memiliki pengalaman serupa atau ingin berbagi pendapat, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah artikel ini.

Selain itu, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman atau keluarga yang mungkin juga tertarik dengan topik ini. Terima kasih telah menyimak dan bergabung dengan kami dalam menjelajahi pengalaman penerimaan pegawai di KUM Syariah!

Referensi

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *