7 Rekomendasi Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Terkadang karena mendengarkan saran dari orang tua, mertua dan tetangga kita menjadi terlalu banyak membeli perlengkapan bayi baru lahir. Padahal tidak semuanya harus dibeli.

7 Rekomendasi Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Pada artikel ini akan membahas daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Semuanya berdasarkan pengalaman saya pribadi menyiapkan perlengkapan tersebut.

Diakhir artikel akan saya lampirkan link untuk belanja beberapa produk yang anak saya gunakan. Semoga membantu.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Apa Saja?

Anak pertama saya merupakan anak perempuan, jadi untuk rekomendasi ini dapat disesuaikan dengan jenis kelamin bayi kamu. Berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir dan jumlahnya.

Pertama, Perlengkapan Bayi Saat Mandi

peralatan-dan-perlengkapan-bayi-mandi.webp

Perlengkapan yang dimaksud peralatan mandi antaralain bak mandi, handuk dan sabun mandi. Untuk bak mandi sesuaikan dengan keperluan, karena ada bak mandi yang sudah ada tempat duduk atau tanpa tempat duduk.

Sedangkan untuk handuk sendiri usahakan yang khusus untuk bayi, karena kelembutannya berbeda.

Sabun mandi bayi biasanya sudah gabung dengan shampo, lebih baik membeli sabun mandi dengan ukuran kecil terlebih dahulu. Karena sabunnya bisa saja tidak cocok dengan kulit bayi.

Anak pertama saya sendiri kulitnya memerah seperti alergi. Dan setelah mengganti sabun kulitnya pun menjadi normal. Awalnya mencoba beberapa merek tetapi anak saya cocok dengan sabun mandi Geovan dan Chico.

Untuk merek sabun dan shampo geovan sendiri merupakan sabun yang diberikan pertama kali oleh bidan yang menangani istri.

Kedua, Perlengkapan Bayi Setelah Mandi

peralatan-dan-perlengkapan-bayi-setelah-mandi.webp

Ada beberapa barang yang diperlukan anak setelah mandi seperti bedak, minyak wangi, hair lotion, minyak telon, nappy cream dan minyak kembung. Semua hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak kamu.

Untuk merek minyak telon, minyak wangi dan hair lotion tergantung dengan referensi ayah bunda. Tetapi minyak telon biasanya wajib ada untuk menghangatkan bayi setelah mandi.

Nappy cream diperuntukan untuk mengurangi ruam bekas popok karena anak saya memiliki kulit yang sensitif. Untuk nappy cream sendiri saya menggunakan merek pure baby dan sangat membantu menghilangkan ruam.

Sedangkan untuk minyak kembung sendiri yaitu minyak oles untuk bayi yang mengalami perut kembung (bentuknya seperti freshcare). Untuk mereknya sendiri yaitu Natuna dan untuk anak saya sendiri cukup ampuh mengatasi perut kembung.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sembelit Bayi Mpasi (Usia 6 Bulan Keatas)

Ketiga, Pakaian Bayi Baru Lahir

peralatan-dan-perlengkapan-pakaian-bayi.webp

1. Pakaian, Celana atau Jumper

Saya dan istri menyiapkan pakaian panjang, pakaian pendek dan celana masing-masing setengah lusin. Dan saya juga ditambah jumper 2-3 pasang.

Untuk jumper kenapa tidak membeli banyak? Karena bayi pertumbuhannya sangat cepat. Anak saya sendiri umur 4 bulan sudah memiliki tinggi sekitar 63 cm.

Dan untuk pakaian, celana atau jumper lebih baik membeli produk lokal yang harganya lebih murah. Alasannya karena pertumbuhan bayi tidak ada yang tahu.

Selain pakaian, saya dan isteri juga membeli kaos kaki dan sarung tangan 4 pasang. Dan membeli bedong setengah lusin untuk satu minggu.

Saya sarankan membeli baju bayi satu ukuran lebih besar dibandingkan dengan ukuran seharusnya. Untuk belanja online lebih baik dilihat deskripsi dan ukurannya, karena bisa jadi ukurannya berbeda tergantung merek.

2. Popok Kain dan Popok Bayi

Popok kain ini bisa dibeli atau tidak tergantung dengan referensi ayah dan bunda. Saya dan istri sendiri membeli popok kain setengah lusin dan digunakan untuk tiga minggu.

Untuk popok bayi yang biasanya yang digunakan berbagai macam merek. Untuk popok sendiri saya menyediakan dua jenis yaitu satu yang mahal dan satu lagi yang murah.

Popok Bayi yang mahal biasanya saya dan istri menggunakan merek Genki atau Pampers. Sedangakan untuk yang murah biasanya saya menggunakan merek merries atau pokana.

Biasanya untuk popok yang murah biasanya digunakan untuk sehari-hari. Sedangkan untuk popok mahal digunakan untuk perjalanan jauh atau bermain diluar.

Keempat, Perlengkapan Bayi Untuk Tidur

peralatan-dan-perlengkapan-bayi-tidur.webp

Untuk perlengkapan tidur saya bisa membeli tempat tidur kecil dan juga selimut. Jika dibutuhkan kamu bisa menambahkan kelambu agar anak terhindar dari nyamuk.

Kelima, Alat Kesehatan Bayi Baru Lahir

peralatan-dan-perlengkapan-kesehatan-bayi.webp

Terkadang alat kesehatan ini selalu terlewat, saya pun begitu pada kelahiran anak pertama. Beberapa alat yang bisa kamu siapkan seperti thermometer, alat penyedot ingus dan gunting kuku.

Untuk penyedot ingus saya dan istri membeli penyedot ingus manual, tidak memakai mesin. Karena mau memakai mesin khawatir menyakiti anak. Kamu juga bisa menghisap ingus keluar melalui mulut.

Sedangkan untuk gunting kuku diperlukan untuk memotong kuku tangan anaknya. Karena pertumbuhan kuku anak bayi bisa dibilang cepat. Dan hal ini bisa melukai wajah atau bagian tubuh lain.

Sebenarnya memakaikan kaos kaki atau sarung tangan bisa menjadi solusi apabila tidak mau menggunting kuku anaknya. Akan tetapi beberapa anak tidak mau atau bahkan risih menggunakan sarung tangan seperti anak saya.

Hati-hati dalam memilih gunting kuku karena ada beberapa gunting kuku khusus bayi tetapi memiliki pisau yang tajam. Alternatif lain kamu bisa menggunakan gunting kecil untuk memotong kuku.

Keenam, Perlengkapan Bayi Untuk ASI

peralatan-dan-perlengkapan-asi-bayi.webp

Untuk ASI ini perlengkapan yang bisa kamu beli seperti pumping, dot, empeng, botol dan sterilizer. Pumping merupakan hal yang wajib apabila ibunya bekerja dan ingin memberikan ASI ekslusif.

Saya menyarankan untuk menyewa atau meminjam terlebih dahulu pumping ASI. Karena ada beberapa Ibu yang ASInya tidak keluar menggunakan pumping manual atau pumping otomatis, selain itu merek juga mempengaruhi.

Istri sendiri menggunakan pumping merek NUK. Untuk jenisnya sendiri adalah NUK Luna Electric Breast Pump. Testimoni istri tarikan dari NUK tidak menyebabkan sakit, tetapi untuk memenuhi botol memakan waktu yang lama.

Alternatif untuk sterilizer kamu bisa menggunakan air panas untuk merendam botol ASI. Sedangkan untuk dot atau empeng lebih baik dicoba oleh anak bayi.

Untuk dot lebih baik cari yang anti kolik. Kolik sendiri merupakan kondisi dimana bayi menangis diwaktu tertentu. Belum diketahui penyebabnya tapi biasanya masalah diperut.

Ketujuh, Perlengkapan Bayi Untuk Berpergian

peralatan-dan-perlengkapan-berpergian-bayi.webp

Ada beberapa barang yang bisa disiapkan untuk mengajak anak bayi kamu berpergian, antaralain:

1. Stroller

Stroller ini untuk bayi baru lahir tidak direkomendasikan karena biasanya tidak memiliki tempat duduk yang bisa berbaring. Jadi pastikan apabila membeli Stroller untuk bayi baru lahir posisi senderannya bisa dibaringkan.

Saya sendiri membeli stroller ketika anak berusia 3 bulan lebih, ketika anak sudah mulai belajar duduk. Merk untuk stroller yang digunakan oleh anak saya adalah Mothercare – Amble Stroller.

Mothercare Amble Stroller

Kenapa memilih Mothercare – Amble Stroller? Selain bisa dilipat dan senderannya juga bisa dibaringkan. Selain itu terdapat penutup, tempat menyimpan barang dan penutup hujan untuk stroller.

Apabila kamu ingin membeli produk mothercare amble stroller atau yang lainnya. Kamu bisa klik gambar dibawah ini untuk mendapatkan diskon 20% (Maksimal Rp. 500 ribu) untuk transaksi pertama kamu.

Diskon 20 Produk Mothrcare

2. Gendongan Bayi

Gendongan bayi atau kain jarik bisa menjadi alternatif stroller, tentunya dengan pertimbangan tidak berpergian dalam waktu yang lama.

3. Tas Besar

Peralatan bayi baru lahir yang paling banyak dibawa adalah popok, pakaian ganti dan lain-lain. Tentunya hal ini memerlukan ruang yang besar untuk hal tersebut.

Maka saran dari saya ganti tas yang sekarang anda pakai dengan tas yang lebih besar dan dapat menampung banyak barang serta memiliki banyak kompartemen.

Pilih tas dengan model dirasa nyaman saat dipakai dalam jangka waktu yang lama seperti tas ransel (backpack).

4. Car Seat

Saya sarankan untuk tidak membeli car seat apabila tidak sering berpergian menggunakan mobil. Terlebih car seat memiliki perbedaan untuk newborn atau toddler.

Sebelum berpergian pastikan car seat memiliki fungsi yang baik dan sesuaikan dengan berat badan bayi. Daripada membeli kamu bisa menyewa car seat sebagai salah satu pilihan.

Tips Mencicil Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Ada beberapa tips sebelum kamu membeli atau mencicil perlengkapan bayi antaralain:

  1. Pastikan jenis kelamin; Paling aman kamu mulai membeli peralatan bayi ketika umur 7 bulanan.
  2. Sesuaikan kebutuhan; Seperti apabila kamu jarang berpergian lebih baik tidak membeli stroller.

Harga Perlengkapan Bayi Beserta Link Belinya

  1. Nappy Cream Pure Baby – Rp. 80 ribuan
  2. Minyak Kembung Natuna – Rp. 60 ribuan

Terimakasih telah membaca artikel ini. Apakah ada perlengkapan bayi baru lahir yang terlewat? Jangan lupa untuk tulis di kolom komentar yah. Terimakasih. See Yaa.

Jangan lupa juga Likes Fanspage kita Ruminesia.id di tombol dibawah ini.

Like Fanspage Rumineisa
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *