Review Jago Syariah: Bank Digital Syariah Indonesia

ruminesia.id – Saat ini, banyak orang mencari informasi terkait pengalaman menggunakan layanan perbankan digital yang sesuai dengan prinsip syariah. Nah, jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan memberikan ulasan menyeluruh mengenai pengalaman saya menggunakanJago Syariah. Mari kita lihat bersama apa yang ditawarkan oleh Jago Syariah dan bagaimana pengalaman penggunaannya dalam “Review Jago Syariah”.

Review Jago Syariah

Review Jago Syariah

Hingga saat ini saya telah menggunakan Jago Syariah selama 2 tahun. Faktor utama saya menggunakan Bank Digital ini adalah fitur fitur yang ditawarkan serta menggunakan akad syariah. Berikut beberapa penjelasan review jago syariah mengenai fitur fiturnya, antaralain:

1. Menggunakan Akad Syariah

Tahun 2022, tidak banyak pilihan Bank Digital apalagi yang menggunakan akad syariah. Oleh karena itu saya menggunakan Jago Syariah. InsyaAllah, dengan menggunakan aplikasi ini lebih terhindar dari transaksi riba di perbankan.

Selain itu, walau pun tidak memiliki ATM, Bank Jago Syariah menawarkan tarik tunai uang di ATM mana pun secara gratis.

2. Promo Diskon dan Cashback

Bank Jago Syariah sering menawarkan promo diskon serta cashback ketika melakukan transaksi dengan berbagai merchant. Untuk merchantnya sendiri banyak sekali, mulai dari tiket menonton bioskop, F&B, bahkan sampai pengisian bensin.

Cashback Bank Jago Syariah
Cashback Bank Jago Syariah

3. Gratis Transfer dan Top Up E-Wallet

Gratis Transfer dan Top Up E-Wallet Jago Syariah

Salah satu yang menjadi concern kita kebanyakan adalah banyak biaya yang perlu dikeluarkan untuk transfer beda bank atau top up ewallet. Jago syariah menawarkan gratis transfer dan top up ewallet secara gratis.

Untuk jumlah transfer dan top up ewallet, berbeda-beda tergantung dengan level akun (berdasarkan rata-rata saldo bulanan). Semakin banyak saldo yang ada di akunmu, semakin banyak jumlah gratis transfer dan ewallett yang kamu punya.

Menurut saya ini masih fair, karena promo gratis transfer dan top upnya harus memiliki saldo. Dibandingkan Bank Digital lainnya, hanya melakukan promo ini saat awal awal saja.

4. Bisa Memiliki Banyak Pocket

Pocket Jago Syariah

Dapat memiliki banyak pocket merupakan salah satu fitur yang saya suka, karena bisa memudahkan mengalokasikan uang untuk keperluan tertentu. Untuk pocketnya sendiri terdapat 2 macam yaitu pocket saving dan pocket spending.

Untuk pemindahan saldo pun cukup mudah, baik antara main pocket dan pocket lainnya atau dari pocket lain ke main pocket.

5. Sharing Pocket

Pocket Bareng Jago Syariah

Fitur Sharing Pocket ini membantu kamu yang memiliki tabungan bersama dengan pasangan atau teman. Jadi, apabila kamu memiliki suatu tujuan finansial bersama seperti membeli sesuatu maka bisa menggunakan fitur ini.

Dalam fitur ini juga kamu bisa menentukan target berapa uang yang ingin dikumpulkan dan target kapan uangnya harus terkumpul.

6. Bagi Hasil Deposito Kompetitif

Deposito Jago Syariah

Jago Syariah menawarkan bagi hasil deposito yang kompetitif. Pengalaman saya sendiri pernah deposito selama 3 bulan, dengan nominal Rp. 10.000.000 selama 3 bulan, bagi hasil yang didapatkan adalah Rp. 100.000.

Berbeda dengan Bank lain yang tidak membolehkan uang deposito di tarik kapan pun. Di Bank Jago Syariah, kamu bisa menarik uang deposito kapan pun tanpa khawatir terkena pinalti atau denda.

Pengalaman saya jika uang deposito ditarik maka tetap mendapatkan bagi hasil sesuai dengan bulan yang telah berjalan.

7. Pembayaran Digital Internasional

Pembayaran Digital Internasional Jago Syairah

Karena saya memiliki pekerjaan yang memerlukan platform/ aplikasi yang berbayar, Bank Jago Syariah memudahkan saya walau pun tidak memiliki kartu kredit. Karena debit Jago Syariah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran digital internasional.

Saya sendiri sudah mencoba melakukan pembayaran beberapa platform/ aplikasi internasional, seperti: Linkedin, ChatGPT, Ubbersuggest, Canva, Grammarly dan lain-lain. Sampai saat ini belum pernah mengalami adanya kendala melakukan pembayaran tersebut.

Apa itu Jago Syariah?

Kamu pasti sudah tahu tentang Jago Syariah, kan? Ini adalah platform perbankan digital yang berbasis syariah di Indonesia, yang secara khusus menawarkan solusi keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Mulai beroperasi sejak Februari 2022, Jago Syariah diklaim dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip syariah.

Dengan Jago Syariah, kamu bisa merasakan manfaat dari prinsip-prinsip syariah seperti Akad Wadiah Yad Dhamanah dan Akad Mudharabah Muthlaqah. Ini artinya kamu bisa menabung dan bertransaksi dengan aman, sekaligus tetap mematuhi prinsip-prinsip hukum Islam.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat membantu, seperti pembuatan kantong digital dan kemungkinan untuk mendapatkan kartu debit digital dan fisik.

Kelebihan Jago Syariah

Pasti penasaran dengan kelebihan Jago Syariah, ya? Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Fitur Akad Wadiah

Jago Syariah menggunakan prinsip akad Wadiah yang memungkinkan kamu menabung dan bertransaksi dengan aman serta sesuai dengan hukum Islam. Di sini, tidak ada bunga yang dikenakan pada tabungan, karena akad Wadiah ini tidak menjanjikan imbalan.

2. Fitur Mudharabah

Buat produk Deposito Syariah, Jago Syariah menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah yang memberikan nisbah bagi hasil yang kompetitif pada akhir masa penyimpanan uangmu.

3. Fitur Tabungan Syariah

Di sini, kamu bisa menikmati tabungan syariah dengan prinsip Wadi’ah, yang berarti tidak ada bunga yang dikenakan. Kamu bisa memiliki banyak tabungan dalam satu aplikasi dan bahkan menabung bersama keluarga atau teman.

4. Fitur Deposito Syariah

Deposito Syariah di Jago Syariah juga menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah, dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif. Kamu bisa mencairkan dana kapan saja tanpa biaya penalti dan tetap mendapatkan bagi hasil secara prorata.

5. Fitur Digital

Kamu bisa langsung membuka dan mencairkan Deposito Syariah melalui aplikasi Jago dengan cepat dan mudah.

6. Life-Centric Solution

Life-Centric Solution berarti solusi keuangan yang ditawarkan sangat fokus pada kehidupan kamu. Tujuannya sederhana: memberikan kemudahan dan keunggulan dalam mengatur keuangan sesuai dengan prinsip syariah.

7. Fitur Kemudahan

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai kemudahan, mulai dari pembuatan kantong digital hingga mendapatkan kartu debit digital dan fisik. Plus, kamu bisa menabung bersama keluarga atau teman.

Jadi, dengan semua fitur dan kemudahan yang ditawarkan, Jago Syariah memang bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mengatur keuangan dengan prinsip syariah.

Perbedaan Jago dan Jago Syariah

PerbedaanJagoJago Syariah
Prinsip TransaksiJago menggunakan prinsip konvensional dalam transaksi penyimpanan, di mana nasabah menyetor uang dan bank memberikan imbalan berupa bunga.Jago Syariah menggunakan prinsip syariah dalam transaksi penyimpanan. Nasabah menitipkan uang ke bank dengan akad Wadi’ah Yad Dhamanah, di mana bank mengelola uang sesuai prinsip syariah tanpa menjanjikan imbalan.
Akad DepositoJago menggunakan akad konvensional untuk Deposito, di mana bank memberikan bunga kepada nasabah.Jago Syariah menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah untuk Deposito Syariah, memberikan nisbah bagi hasil pada akhir masa penyimpanan uang tanpa menjanjikan imbalan.
Imbalan Kantong PenyimpananJago memberikan imbalan kepada nasabah dalam bentuk bunga untuk kantong penyimpanan.Jago Syariah tidak menawarkan imbalan, seperti bunga, untuk kantong penyimpanan nasabahnya.
Jumlah Kantong RekeningJago memungkinkan pembukaan hingga 40 kantong rekening.Jago Syariah memungkinkan pengguna untuk membuka hingga 60 kantong rekening.
Tabel Perbedaan Jago dan Jago Syariah

Fitur-Fitur Jago Syariah

Jago Syariah punya beragam fitur yang bisa memudahkan kamu dalam mengelola keuangan sesuai prinsip syariah. Yuk, kita bahas satu per satu.

  1. Kantong Berbagi (Shared Pocket): Dengan fitur ini, kamu bisa mengelola dana di kantong dengan lebih efektif dan transparan. Kamu bisa mengundang beberapa orang terpercaya untuk bergabung dengan kantong bersama, sehingga mereka bisa melihat saldo dan mutasi.
  2. Tabungan Syariah: Jago Syariah menawarkan tabungan syariah dengan prinsip Wadi’ah. Artinya, tidak ada bunga yang dikenakan dan kamu bisa memiliki banyak tabungan dalam satu aplikasi. Bahkan, kamu bisa menabung bersama keluarga atau teman.
  3. Deposito Syariah: Buat Deposito Syariah, Jago Syariah menggunakan akad Mudharabah Muthlaqah. Kamu bisa mendapatkan nisbah bagi hasil yang kompetitif, plus bisa mencairkan dana kapan saja tanpa biaya penalti.
  4. Fitur Digital: Kamu bisa langsung membuka dan mencairkan Deposito Syariah langsung dari aplikasi Jago dengan cepat dan mudah.
  5. Life-Centric Solution: Jago Syariah menawarkan solusi keuangan yang sangat fokus pada kehidupan kamu. Tujuannya sederhana: memberikan kemudahan dan keunggulan dalam mengatur keuangan sesuai prinsip syariah.
  6. Pay and Send: Fitur ini memudahkan pembayaran tagihan dan pengisian dompet digital. Kamu bisa bayar tagihan listrik, internet, PDAM, bahkan isi saldo dompet digital kamu.
  7. Kartu Debit Digital dan Fisik: Jago Syariah menawarkan kartu debit digital dan fisik yang bisa digunakan di banyak jaringan ATM, baik lokal maupun internasional.
  8. Plan Ahead: Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur transaksi berulang seperti tagihan bulanan atau pembayaran seluler dengan lebih mudah.
  9. Transfer dan Tarik Tunai: Jago Syariah menawarkan gratis transfer dan tarik tunai di ATM manapun, tergantung pada level akun nasabah.

Jago syariah Apakah Aman?

Jago Syariah yang disediakan oleh Bank Jago merupakan pilihan yang aman, kamu tahu. Kenapa? Karena mereka diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain itu, Jago Syariah juga sesuai dengan fatwa DSN MUI dan dipantau oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Untuk menjaga keamanan data dan informasi penggunamu, Jago Syariah menerapkan enkripsi data. Mereka juga menyediakan beberapa fitur keamanan tambahan, seperti:

  • autentikasi dua faktor untuk mencegah pembobolan rekening,
  • pengaturan autentikasi transaksi sesuai batas yang kamu tentukan,
  • penggunaan token keamanan untuk setiap transaksi,
  • dan pilihan metode keamanan seperti sidik jari, pengenalan wajah, PIN, atau password saat login dan melakukan transaksi.

Selain itu, kamu juga bisa atur notifikasi untuk login dan transaksi sesuai kebutuhanmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang dalam menggunakan layanan perbankan digital ini.

Dapatkan 50 Ribu dengan Daftar Jago Syariah

Untuk yang menggunakan kode Refferal “ATHD1F57” milik saya harap komen dibawah artikel ini. Agar saya bisa memenuhi syarat dan ketentuan Refferal Jago Syariah.

Kode Refferal Jago Syariah
  1. Unduh Aplikasi Jago: Pertama, unduh aplikasi Jago dari App Store atau Google Play Store atau dengan klik link https://jagobanking.onelink.me/9ryZ/xv6ll44r.
  2. Buat Akun: Begitu aplikasinya terpasang, klik “Buat Akun” dan pilih opsi “Jago Syariah”.
  3. Isi Informasi: Isi nomor HP dan email yang aktif untuk proses verifikasi. Ingat, pakai kode Referral “ATHD1F57” untuk dapat bonus saldo 50 ribu rupiah.
Kode Refferal Jago Syariah
  1. Ijab dan Kabul: Proses pembukaan rekening perlu ijab dan kabul secara digital antara kamu dan bank.
  2. Verifikasi: Setelah itu, kamu akan dapat konfirmasi lewat SMS dan email. Cek status akunmu dengan klik link yang dikirim.
  3. Aktivasi: Aktivasi akun dilakukan sesuai instruksi yang dikirim lewat SMS dan email.
  4. Login dan Gunakan: Begitu akun aktif, kamu bisa langsung login ke aplikasi Jago dan manfaatkan fitur-fiturnya. Mulai dari tabungan syariah, deposito syariah, sampai kartu debit digital dan fisik, semuanya bisa kamu akses di situ.

Syarat dan Ketentuan

  • Periode promo: 15 April – 31 Desember 2024.
  • Promo berlaku hanya untuk pengguna baru Jago Syariah.
  • Pastikan kamu sudah mendaftar akun Jago Syariah.
  • Isi saldo minimal Rp500.000 dalam 7 hari sejak buka akun, dan punya saldo minimal Rp500.000 di akhir bulan dan melakukan satu kali pembayaran QRIS sebanyak Rp. 20.000.
  • Jangan ganti nomor HP yang terhubung dengan rekening Jago Syariah selama periode promo.
  • Kamu bisa undang teman pengguna Jago atau Jago Syariah.
  • Bonus 50 ribu akan dikirimkan setelah semua ketentuan terpenuhi.
  • Jago bertanggung jawab atas pajak hadiah.
  • Promo ini tidak dikenakan biaya apapun.
  • Jago berhak mengubah syarat dan ketentuan promo.
  • Dengan mengikuti promo ini, kamu dianggap setuju dengan semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jadi, ayo ikut promo ini dan dapatkan bonusnya! Kalau ada pertanyaan, langsung aja hubungi Jago Customer Care di 1500746 atau (021) 3000 0746, email di tanya@jago.com, atau lewat Instagram dan Twitter di @tanyajago.

Cara Membuka Rekening Jago Syariah

Membuka rekening di Jago Syariah gampang banget, kok! Yuk, ikuti langkah-langkahnya:

  1. Unduh Aplikasi Jago: Langkah pertama, unduh aplikasi Jago dari App Store atau Google Play Store atau dengan klik link https://jagobanking.onelink.me/9ryZ/xv6ll44r.
  2. Buat Akun: Setelah aplikasi terpasang, klik “Buat Akun” dan pilih opsi “Jago Syariah”.
Cara Mendaftar Jago Syariah
  1. Isi Informasi: Masukkan nomor HP dan alamat email yang aktif untuk proses verifikasi. Oh ya, jangan lupa masukkan kode Referral “ATHD1F57” untuk dapat bonus saldo 50 ribu rupiah.
Kode Refferal Jago Syariah
  1. Ijab dan Kabul: Proses pembukaan rekening membutuhkan ijab dan kabul secara digital antara kamu dan bank.
  2. Verifikasi: Setelah ijab dan kabul, kamu akan dapat konfirmasi melalui SMS dan email. Cek status akunmu dengan mengikuti link yang kamu terima.
  3. Aktivasi: Aktivasi akun dilakukan sesuai dengan instruksi yang kamu terima melalui SMS dan email.
  4. Login dan Gunakan: Begitu akun aktif, kamu bisa langsung login ke aplikasi Jago dan manfaatkan fitur-fiturnya. Mulai dari tabungan syariah, deposito syariah, hingga kartu debit digital dan fisik, semuanya ada di sana untuk memudahkan kamu mengatur keuangan.

Dengan proses yang mudah dan cepat, serta fitur-fitur yang lengkap, membuka rekening di Jago Syariah jadi lebih praktis dan efisien.

Baca Juga:

Pertanyaan terkait Jago Syariah

Berikut merupakan pertanyaan terkait Jago Syariah yang sering ditanyakan, antaralain:

1. Apa saja syarat untuk membuka rekening Jago Syariah?

Penting untuk dicatat bahwa untuk menjadi nasabah Jago Syariah, kamu perlu menjadi Warga Negara Indonesia yang telah memiliki e-KTP dan menggunakan smartphone.

Dengan memenuhi syarat-syarat ini, kamu bisa dengan mudah bergabung dan menikmati layanan perbankan syariah yang ditawarkan oleh Jago Syariah. Jadi, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan ini sebelum mendaftar sebagai nasabah.

2. Berapa biaya pembukaan rekening Jago Syariah?

Untuk membuka rekening di Jago Syariah, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya. Bank Jago tidak mengenakan biaya pembukaan rekening ataupun biaya administrasi bulanan. Jadi, kamu bisa membuka rekening tanpa harus mengeluarkan uang tambahan.

Namun, perlu diingat bahwa jika kamu ingin membuat kartu tambahan atau mengganti kartu setelah kuota kartu gratis habis, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp40.000.

Selain itu, untuk pengguna baru, kamu bisa mendapatkan kartu debit Jago Visa secara gratis dengan cara melakukan top up saldo Jago sebesar Rp500.000. Jadi, kamu bisa menikmati layanan perbankan dengan lebih praktis dan mudah tanpa harus khawatir tentang biaya tambahan.

3. Bagaimana cara mendapatkan kartu debit Jago Syariah?

Untuk mendapatkan kartu debit dari Jago Syariah, kamu bisa membuatnya dengan mudah melalui aplikasi Jago Syariah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Jago Syariah di smartphone kamu.
  2. Pilih menu Kartu yang tersedia di dalam aplikasi.
  3. Selanjutnya, pilih opsi “Buat Kartu” atau ikon tambah (+).
  4. Masukkan nama untuk kartu yang ingin kamu buat.
  5. Pilih jenis kartu debit yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  6. Setelah itu, pilih atau buat Kantong yang akan terhubung dengan kartu sebagai sumber dana.
  7. Masukkan nama yang akan dicetak di kartu fisik.
  8. Pastikan semua informasi terkait alamat pengiriman kartu dan Kantong yang dihubungkan sudah benar.
  9. Terakhir, tekan tombol “Buat Kartu” untuk menyelesaikan proses pembuatan kartu.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu dapat memiliki kartu debit Jago Syariah dengan cepat dan praktis melalui aplikasi Jago Syariah.

4. Apa saja jenis investasi yang tersedia di Jago Syariah?

Jago Syariah menawarkan berbagai jenis investasi yang mengikuti prinsip syariah, seperti deposito dan reksa dana.

Deposito Syariah merupakan pilihan yang fleksibel karena dapat dicairkan kapan saja tanpa dikenakan penalti, sehingga cocok untuk menabung dana darurat atau tujuan jangka pendek lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi dalam reksa dana melalui Jago Syariah dengan menghubungkan akunmu dengan akun Bibit.

5. Bagaimana cara bersedekah dan berdonasi melalui Jago Syariah?

Ingin bersedekah atau berdonasi melalui Jago Syariah? Gampang banget! Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Unduh Aplikasi Jago Syariah: Pertama, unduh aplikasi Jago Syariah dari App Store atau Google Play Store.
  2. Buat Akun: Setelah itu, buat akun dengan mengklik “Buat Akun” dan pilih “Jago Syariah” di dalam aplikasi Jago.
  3. Login: Gunakan akun yang sudah kamu buat untuk login ke dalam aplikasi Jago Syariah.
  4. Pilih Fitur Jago Amal: Di dalam aplikasi Jago Syariah, pilih menu “Jago Amal”.
  5. Pilih Jenis Donasi: Selanjutnya, pilih jenis donasi yang ingin kamu berikan, apakah zakat atau infak.
  6. Pilih Lembaga Amil Zakat: Kamu bisa memilih lembaga amil zakat seperti Baznas, Dompet Dhuafa, atau Rumah Zakat sebagai tujuan donasi atau zakatmu.
  7. Konfirmasi: Terakhir, konfirmasi transaksimu dan proses donasi atau zakat akan selesai dengan mudah.

Dengan langkah-langkah yang sederhana tersebut, Jago Syariah memudahkanmu untuk bersedekah dan berdonasi melalui aplikasi yang praktis dan mudah digunakan.

6. Bagaimana cara menghubungi layanan pelanggan Jago Syariah?

Langsung saja hubungi Jago Customer Care di 1500746 atau (021) 3000 0746, email di tanya@jago.com, atau lewat Instagram dan Twitter di @tanyajago.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan lengkap tentang pengalaman menggunakan Jago Syariah, kamu tentu memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang ditawarkan oleh platform ini.

Dengan berbagai fitur yang mengedepankan prinsip syariah, Jago Syariah memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan sehari-hari serta bertransaksi secara digital.

Bagi kamu yang ingin mencari alternatif perbankan digital yang sesuai dengan nilai-nilai syariah, Jago Syariah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jangan ragu untuk mencoba dan bagikan pengalaman serta pendapat kamu tentang Jago Syariah dalam “Review Jago Syariah” ini kepada teman dan keluarga. Tetaplah terhubung dengan kami untuk informasi lebih lanjut dan berikan komentar atau pertanyaan kamu di bawah artikel ini. Terima kasih telah membaca!

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *