Blue Lock Review: Manga Tema Sepak Bola Terbaru dan Unik

Manga dengan tema sport merupakan salah satu genre populer yang disukai oleh para fans. Contohnya Tsubasa, Slamdunk dan lai-lain. Artikel ini akan membahas salah satu manga sport terbaru yaitu Blue Lock.

Sekilas Tentang Blue Lock

Sekilas Tentang Blue Lock

Blue lock merupakan salah satu manga dengan genre olahraga bertema sepak bola terbaru. Manga ini sendiri dipublikasikan pada majalah Majalah Mingguan Shonen Milik Kondansha.

Saat ini sudah kurang lebih 160 chapter yang telah rilis. Manga ini pertama kali muncul pada tanggal 8 Agustus tahun 2018.

Dan untuk tahun ini direncanakan akan muncul adaptasi anime dari manga ini dan direncakan rilis pada bulan oktober 2022. Manga ini ditulis oleh Muneyuke Kaneshiro dan diilustrasikan oleh Yusuke Nomura.

Manga ini juga pernah mendapatkan penghargaan peringkat 45 di Kondansha Manga Award untuk kategori Shonen pada tahun 2021.

Berbeda dari manga sepak bola lainnya, manga ini menampilkan sisi psychological yang lebih banyak.

Kurang lebih manga ini menceritakan tentang program yang dilakukan oleh Timnas Jepang untuk mencari striker andalan. Para striker ini diambil dari SMA yang mengikuti kompetisi sekolah.

Dengan mengikuti program ini, para striker muda dijanjikan untuk masuk ke Timnas Jepang u-20 menjadi striker inti dan mengikut piala dunia yang akan berlangsung..

Namun, dari 300 ratus orang yang mengikuti program tersebut hanya akan ada satu orang yang akan menjadi striker andalan Timnas Jepang.

Dan untuk striker yang gagal dalam program ini, tidak bisa mempunyai kesempatan untuk menjadi pemain Timnas Jepang selamanya.

Diceritakan bahwa yang menginginkan adanya program ini ada adalah seorang wanita bernama Anri Teieri.

Anri ini merupakan salah satu anggota dari asosiasi sepak bola Jepang, tetapi dia mempunyai ambisi agar Jepang bisa menjuarai Piala Dunia.

Program ini sendiri dirancang oleh seorang jenius dan berbakat yaitu Jinpachi Ego. Di mana Ego percaya bahwa untuk menjuarai sebuah kompetisi suatu tim harus memiliki striker yang egois.

Blue Lock Sinopsis

Pada awal cerita, Isagi Yoichi karakter utama dari manga ini mengalami kekalahan dari sekolah SMA lainnya. Padahal, kekalahan tersebut bisa membuat timnya lolos kompetisi tingkat nasional.

Cuplikan-Manga-Blue-Lock-Chapter-132

Kekalahan tersebut terjadi karena Isagi pada kesempatan terakhir di depan gawang memberikan umpan kepada temannya dan berakhir tidak bisa mencetak gol.

Setelah kekalahan tersebut Isagi merasa frustasi dan kecewa tentang apa yang telah dia perbuat pada pertandingan tersebut.

Ketika Isagi di rumah mendapatkan informasi dari Ibunya bahwa terdapat surat dari asosiasi sepak bola Jepang.

Isi suratnya adalah bahwa Isagi Yoichi menjadi salah satu striker yang terpilih untuk mengikuti pelatihan program seleksi Timnas Jepang U-20.

Setelah membaca surat undangan dari Ssosiasi Jepang tersebut, Isagi tanpa berpikir panjang mengikuti camp program tersebut. Maka mulailah perjalanan seorang Isagi menjadi striker utama Timnas Jepang.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Sport Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Karakter Blue Lock

Daftar Karakter Asosiasi Jepang

  1. Anri Teierei; Seorang wanita yang mengusulkan program pelatihan ini dijalankan, memiliki ambisi membawa jepang menang di Piala Dunia.
  2. Jinpachi Ego; Pelatih yang memiliki ambisi untuk menciptakan striker terbaik di Dunia. Dengan membuat program pelatihan yang sesuai dengan kemauan Ego.

Daftar Karakter Yang Mengikuti Program Blue Lock

Isagi-Yoichi-Karakter-Utama-Manga-Anime-Blue-Lock
  1. Isagi Yoichi; Pemeran utama dari manga ini. Memiliki karakter yang naif, tidak memiliki kemampuan khusus dalam bersepak bola
  2. Bachira Meguru; Bisa dikatakan merupakan teman pertama dari Isagi. Memiliki kemampuan dalam mendrible bola dengan baik.
  3. Chigiri Hyouma; Teman satu blok Isagi, memiliki kemampuan dalam menggunakan kecepatan. Menjadi salah satu pemain dengan lari tercepat pada program ini.
  4. Gagamaru Gin; Memiliki kemampuan dalam melompat serta menjangkau bola yang jauh. Gin juga merupakan salah satu teman satu blok Isagi.
  5. Kunigami Rensuke; Pemain dengan rasa keadilan paling tinggi pada program ini, salah satu temen akrab dari Bachira Meguru.

Review Manga Blue Lock

Menurut saya sendiri manga ini sangat menarik. Menampilkan manga olahraga dengan tema sepak bola dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Selain menampilkan olahraga sepak bola , manga ini menawarkan ketegangan tanpa ada pembunuhan di dalamnya.

Karena setiap striker yang mengikuti program pelatihan hanya memiliki satu kesempatan untuk menjadi striker andalan Timnas Jepang.

Manga ini juga menampilkan bagaimana seseorang bisa melakukan apa saja untuk mencapai tujuan yang dia inginkan.

Terdapat beberapa level yang harus dilalui oleh setiap peserta program untuk bisa menjadi striker terbaik di Jepang.

Namun, ada yang disayangkan dari manga tersebut yaitu ada beberapa skill yang ditunjukkan oleh pemain tidak masuk akal. Walaupun pada manganya sendiri diberikan penjelasan terkait skillnya tersebut.

Contohnya adalah isagi, di mana dia bisa melihat keseluruhan lapangan di dalam benaknya atau disebut dengan penglihatan spasial.

Karena sebelumnya ketika awal-awal membaca, manga ini menunjukan sepak bola yang normal seperti biasanya.

Secara keseluruhan saya sendiri sangat menyukai manga ini. Meskipun membacanya penuh dengan ketegangan, terdapat beberapa selipan komedi yang hadir secara pas pada manga ini.

Apabila memberikan nilai, saya akan memberi nilai untuk manga ini adalah 7,5 dari 10.

Tanggal Rilis, Opening dan Ending Song Anime Blue Lock

Adaptasi-Anime-Blue-Lock

Saat ini tanggal rilis dari adaptasi anime manga ini direncanakan akan mulai tayang pada Oktober tahun 2022. Tidak ada penjelasan berapa banyak episode yang akan ditayangkan pada anime tersebut.

Untuk opening song dan ending song juga belum ada yang mengetahui siapa yang akan mengisinya. Namun, beberapa pengisi suara sudah ditunjuk untuk memainkan beberapa peran di anime tersebut.

Menurut pendapatmu sendiri bagaimana cerita dari manga blue lock? Apakah setuju dengan penilaian saya? Tuliskan opinimu di kolom komentar. Terima kasih telah membaca.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *