5+ Cara Menghilangkan Noda Lipstik Dari Dinding dengan Mudah

Saat kamu memiliki rumah, dinding rumah kamu mungkin kotor karena berbagai alasan. Beberapa penyebab dinding kotor antara lain debu, pensil, lipstik, dan lain-lain.

Membersihkan lipstik yang menempel di dinding merupakan tantangan tersendiri. Karena lipstik adalah noda berbasis minyak. Artikel ini akan membahas cara menghilangkan noda lipstik di dinding.

Bahan-Bahan untuk Menghilangkan Noda Lipstik di Dinding

Ada beberapa yang bisa dilakukan cara menghilangkan noda lipstik dari dinding, antara lain:

1. Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Sabun Cuci Piring

Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Sabun Cuci Piring

Kamu bisa mencampur sabun cuci piring dan air hangat untuk menghilangkan noda lipstik di dinding dengan perbandingan 1:2.

Oleskan campuran sabun cuci piring dan air hangat pada noda di dinding menggunakan spons atau sikat, lalu gosok.

Setelah menggosok noda dinding, bilas dengan air bersih dan biarkan dinding mengering.

Campuran sabun cuci piring ini juga bisa menghilangkan noda makeup lain selain lipstik.

2. Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Kain Basah

Cara kedua untuk membersihkan noda lipstik adalah dengan menggunakan kain lembab. Saat lipstik baru menempel, kamu bisa langsung mengelapnya menggunakan kain basah untuk membersihkannya.

3. Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Alkohol

Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Alkohol

Kamu bisa menggunakan alkohol gosok untuk menghilangkan noda lipstik, namun kamu harus memastikan apakah alkohol tersebut merusak cat tembok atau tidak.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menguji alkohol dengan mengoleskannya ke bagian dinding yang tidak mencolok. Hal ini dilakukan untuk melihat reaksi cat terhadap alkohol.

Oleskan sedikit alkohol ke kain pembersih lalu tepuk kain ke noda lipstik, periksa apakah kain pembersih menyerap lipstik.

Jika noda lipstik terangkat, lakukan hal yang sama dengan menggunakan bagian kain yang bersih.

4. Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Air Lemon

Cara menghilangkan noda lipstik di dinding bisa menggunakan air lemon. Dalam hal ini, air lemon dapat menghilangkan noda lengket, seperti noda lipstik.

Sebelum mengaplikasikan, pastikan air lemon tidak merusak cat tembok kamu dengan menggunakan sedikit pada bagian dinding yang tidak mencolok.

Kamu hanya perlu mengoleskan sedikit air lemon pada kain pembersih dan mengoleskannya ke dinding sambil membalik kain sesuai kebutuhan.

Setelah noda lipstik hilang, kamu hanya perlu membersihkan air lemon dengan kain pembersih yang lembab. Kemudian, keringkan dinding agar tidak menimbulkan noda dan jamur baru.

5. Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Handuk Kertas

Cara Menghilangkan Noda Lipstik dengan Handuk Kertas

Beberapa merek lipstik dapat dengan mudah dihilangkan, terutama untuk noda lipstik baru. kamu bisa menggunakan handuk kertas. Namun, kurangi noda lipstik dengan mengangkatnya menggunakan sendok plastik.

Pastikan noda berada di atas tisu terlebih dahulu. Ketuk noda lipstik beberapa kali dengan handuk kertas hingga noda hilang.

6. Cara Menhilangkan Noda Lipstik dengan Bola Kapas

Kamu dapat membersihkan bekas lipstik di dinding dengan bola kapas dan air hangat. Lakukan hal tersebut beberapa kali hingga warna lipstik menghilang dari dinding.

Langkah dan Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Dinding

Untuk menghilangkan noda lipstik, kamu harus menyiapkan barang-barang yang diperlukan seperti kertas tisu, sendok plastik, pasta gigi non gel, kain bersih, dan air.

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan noda lipstik, antara lain:

  1. Hapus Lipstik Sebisa Mungkin

Saat dinding diwarnai dengan lipstik, lepaskan sesegera mungkin. Ambil sendok plastik dan beberapa tisu.

Gunakan sendok plastik untuk menghilangkan lipstik sebanyak mungkin. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati tanpa merusak cat tembok.

Untuk menghilangkannya, kerjakan dari luar ke arah tengah, agar noda tidak menyebar.

Setelah berhasil mengikis lipstik sebanyak mungkin menggunakan sendok plastik, bersihkan sisa noda lipstik dengan tisu. Ulangi ini sampai lipstik tidak lagi menempel pada handuk kertas.

Jangan pernah menggosok noda lipstik langsung dengan tisu, karena dapat menyebarkan warna.

  1. Oleskan sedikit pasta gigi ke area yang terkena

Kamu harus menggunakan pasta gigi putih non-gel untuk menghilangkan noda lipstik. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada noda lipstik.

Selain itu kamu bisa menggunakan kapas untuk membantu mengoleskan pasta gigi tepat pada noda lipstik.

Mengapa pasta gigi menjadi pilihan? Karena pasta gigi merupakan bahan pembersih yang cukup abrasif namun tidak akan merusak cat tembok.

  1. Tinggalkan Pasta Gigi

Biarkan pasta gigi selama sekitar 10 menit.

  1. Gosok area yang bernoda dengan lembut dengan gerakan melingkar

Setelah pasta gigi kering, gosok perlahan area tersebut dengan kain lembab.

Saat noda lipstik sudah menempel di kain, balik kain kamu. Hal ini agar noda lipstik tidak menyebar ke bagian dinding lainnya.

Kamu bisa mengganti pasta gigi dengan sabun cuci piring yang ringan jika tidak memiliki pasta gigi.

Sabun cuci piring dimaksudkan untuk menghilangkan noda minyak. Tentu saja, ini akan membantu kamu menghilangkan noda lipstik dari dinding. Kamu bisa mengoleskan sabun menggunakan kapas pada noda lipstik.

  1. Membersihkan Pasta Gigi Dengan Kain Basah

Jika noda lipstik sudah hilang, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan area dinding yang tidak sengaja terkena pasta gigi atau sabun.

Menghapus sisa pasta gigi atau sabun sangat mudah: basahi kain pembersih dan bersihkan area yang terkena.

Jangan gunakan kain yang terlalu basah karena sebagian cat akan berubah warna saat terkena air.

  1. Keringkan Area yang Terkena

Terakhir, keringkan area yang sebelumnya dibersihkan dengan kain pembersih baru.

Pastikan dinding benar-benar kering untuk menghindari noda air dan jamur pada dinding.

Baca juga tips dan trik lainnya dari ruminesia, disini!

Kumpulan QnA Seputar Cara Menghilangkan Noda Lipstik di Dinding

  • Apakah ada alternatif selain pasta gigi untuk menghilangkan noda lipstik di dinding?

Ya. Kamu dapat menggunakan beberapa bahan seperti sabun cuci piring, alkohol, bola kapas, kain lembab, dll.

  • Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Lipstik Kering?

Pertama, bersihkan sisa lipstik dan basahi bola kapas dengan alkohol. Kemudian oleskan dan ketuk bola kapas pada noda lipstik.

Setelah noda lipstik hilang, ambil kain putih dan basahi dengan air dingin. Kain ini dimaksudkan untuk menghilangkan sisa alkohol dari dinding.

  • Apa yang harus saya lakukan jika lipstik ada di dinding keramik?

Jika lipstik menempel di dinding keramik, membersihkannya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengelapnya dengan kain lembab. Jika tidak berhasil, coba gunakan sabun dan air.

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan sedikit minyak siku. Pertama, kamu harus menggunakan spidol penghapus kering untuk mewarnai noda lipstik. Setelah itu, dilap menggunakan kain lembab pada area yang bernoda.

  • Bisakah Cuka Menghilangkan Noda Lipstik?

Ya, cuka dapat menghilangkan noda lipstik pada pakaian atau cat tembok. Baik tembok atau pun pakaian, cara menghilangkan noda lipstik di baju putih adalah kamu bisa mencampur air dengan cuka dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, kamu hanya perlu menyeka noda lipstik menggunakan campuran tersebut. Namun, ada yang perlu diingat tidak semua cat tahan terhadap cuka. Sebaliknya, noda lipstik hilang, dan warna cat juga rusak.

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan noda lipstik. Beberapa penjelasan diatas juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda lipstik pada media lain selain dinding.

Untuk mempermudah membersihkan noda tersebut pastikan kamu segera membersihkannya ketika noda tersebut terlihat.

Nah, sekian artikel kali ini, apakah ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda lipstik? Tuliskan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca.

Referensi:

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *