5 Tips Cara Mudah Menyusun Rencana Keuangan di Tahun 2022

Berbicara terkait keuangan tidak akan ada habisnya. Bahkan dalam merencanakan keuangan bisa menjadi hal yang sulit bagi beberapa orang. Disini Ruminesia akan merangkum cara mudah menyusun rencana keuangan di tahun 2022.

Apa yang dimaksud Rencana Keuangan

Perencanaan keuangan merupakan satu cara untuk mengatur keuangan agar bisa efektif dan efisien. Dalam hal ini mencakup penghasilan yang didapatkan dan pengeluaran.

Kegiatan ini dilakukan agar kita dapat memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan sekarang maupun kebutuhan masa depan. Contoh kebutuhan sekarang seperti makan, biaya listrik, biaya telepon, dan lain-lain.

Sedangkan untuk kebutuhan masa depan contohnya adalah biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, dan dana pensiun.

Pentingnya Menyusun Rencana Keuangan

Menyusun rencana keuangan ini penting karena kita tidak mengetahui apa hal yang terjadi dimasa depan. Oleh karena itu dengan merencanakan keuangan diharapkan kemungkinan terburuk dimasa depan dapat diatasi atau dikurangi dampaknya.

Contoh kemungkinan yang dapat terjadi dimasa depan seperti kecelakaan, pemberhentian kerja dan lainnya. Dengan perencanaan keuangan diharapkan kita tetap bisa memenuhi kebutuhan .

Baca Juga: Tips Cara Transfer ke Berbagai Bank Secara Gratis

Langkah-Langkah Menyusun Rencana Keuangan di Tahun 2022

5 Tips Cara Mudah Menyusun Rencana Keuangan di Tahun 2022

Setelah mengetahui pengertian dan urgensi dari menyusun perencanaan keuangan, berikutnya kita akan membahas bagaimana cara menyusun rencana keuangan, antaralain:

Pertama, Memahami Kondisi Keuangan Saat Ini

Hal yang pertama dilakukan adalah, kita bisa mengelompokan penghasilan yang tetap dan tidak tetap serta menetapkan kebutuhan kita. Setelah itu kita mendata aset seperti uang tunai, uang tabungan, emas, rumah dan lain-lain.

Jangan lupa untuk mendata hutang yang Anda punya baik kepada pribadi atau cicilan kepada pihak lain seperti KPR, kendaraan dan lain-lain.

Apabila jumlah aset Anda lebih banyak dibandingkan dengan jumlah hutang, maka kondisi keuangan Anda saat ini bisa dianggap baik. Sedangkan apabila jumlah hutang lebih dari aset maka kondisi keuangan Anda kurang baik.

Apabila hutang melebihi aset, maka itu alert untuk Anda agar segera merencanakan keuangan lebih baik.

Kedua, Mebuat Target Keuangan

Anda bisa memulai dengan menentukan target jangka menengah dan jangka panjang. Untuk jangka menengah misalkan dalam 3 tahun membeli mobil, sedangkan untuk jangka panjang misalkan kuliah anak.

Membuat Target Keuangan untuk Menyusun Rencana Keuangan

Setelah itu Anda bisa dengan mudah memecah target menjadi jangka pendek. Agar mengetahui apa yang harus Anda lakukan saat ini juga. Apabila Anda mempunyai hutang masukan juga menjadi target Anda. Apakah selesai untuk jangka waktu pendek, menengah atau akhir.

Membuat target keungan bisa menjadikan Anda lebih teratur dalam hal pengeluaran yang harus dilakukan.

Ketiga, Budgeting

Untuk membuat perencanaan keuangan yang komprehensif, maka lebih baik Anda mulai untuk melakukan budgeting. Budgeting yang dimaksud adalah mecenakan pengeluaran yang akan dilakukan.

Misalkan, Anda memiliki gaji sebanyak 5 Juta. Anda bisa menyisihkan 2 juta untuk kebutuhan satu bulan untuk listrik, kuota, air, makan dan transport.

Anda juga harus memiliki budget khusus setiap bulannya untuk dana darurat dan juga asuransi kesehatan. Khusus untuk dana darurat tidak ada patokan harus berapa dana yang dianggarkan. Akan tetapi banyak financial advisor yang menyarakan tiga sampai lima kali dari gaji.

Keempat, Membuat Skala Prioritas

Setelah menetapkan target keungan dan telah menjadikannya target jangka pendek. Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat skala prioritas.

Contohnya, dalam jangka pendek ada 3 hal yang perlu dipenuhi antaralain cicilan kendaraan, membeli sepatu baru dan bayaran sekolah anak.

Maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membayar cicilan kendaraan, membayar sekolah Anak dan kemudian terakhir membeli sepatu baru.

Kelima, Investasi

Setiap harinya pengeluaran itu pasti akan terus ada, ditambah dengan inflasi yang menyebabkan harga barang dan jasa naik. Mengharapkan kenaikan dari gaji akan terasa sulit.

Anda bisa mulai investasi mulai tahun ini, sebelumnya pastikan dan pelajari terlebih dahulu instrumen yang paling cocok dengan keuangan anda.

Karena saat ini banyak sekali instrumen investasi seperti peer to peer, saham, deposito, reksadana dan sebagainya. Yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk investasi saham Anda bisa coba Go Trade, sebuah aplikasi investasi saham luar negeri – US. Kelebihannya adalah Anda tidak perlu membeli langsung saham dalam jumlah banyak atau seratus lembar. Selain itu tampilannya mudah untuk dipahami. Anda bisa mencoba Aplikasi Go Trade dengan klik gambar dibawah ini!

Investasi Saham Go Trade

Demikianlah artikel mengenai pengertian, seberapa penting dan langkah-langkah menyusun rencana keuangan di tahun 2022. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda!

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *