Rekomendasi Hostel Yogyakarta dibawah 200 Ribu Terbaru

ruminesia.id – Saat merencanakan liburan di Yogyakarta dengan anggaran terbatas, mencari rekomendasi hostel Yogyakarta di bawah 200 ribu rupiah bisa menjadi langkah cerdas.

Di artikel ini, kamu akan menemukan beberapa pilihan terbaru yang cocok untuk budget travelmu di Yogyakarta. Dengan menginap di hostel yang tepat, kamu bisa menikmati pengalaman liburan yang ekonomis tanpa mengorbankan kenyamanan.

Mengapa Yogyakarta Menjadi Pilihan Tepat Saat Liburan?

Yogyakarta, atau Jogja, adalah kota istimewa di Indonesia yang menawarkan banyak alasan menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Berikut beberapa alasan mengapa Jogja adalah pilihan yang tepat:

1. Kekayaan Budaya dan Sejarah

Jogja terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Kamu bisa menjelajahi situs bersejarah seperti Candi Prambanan, Borobudur, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari. Setiap tempat ini menawarkan pengalaman yang mendalam tentang sejarah dan kebudayaan Jawa.

2. Keindahan Alam

Jogja memiliki keindahan alam yang luar biasa. Kamu bisa menikmati pantai-pantai indah seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti, atau mendaki gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Lawu. Keindahan alam ini membuat Jogja menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam.

3. Keramahan Penduduk

Penduduk Jogja terkenal dengan keramahan mereka. Kamu akan merasa diterima dan nyaman selama berada di Jogja, berkat sambutan hangat dari penduduk lokal.

4. Kuliner yang Lezat

Jogja menawarkan berbagai kuliner lezat yang wajib kamu coba, seperti gudeg, sate klathak, dan bakpia pathok. Setiap hidangan memiliki cita rasa khas yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

5. Harga Terjangkau

Jogja dikenal sebagai kota yang ramah di kantong. Kamu bisa menikmati wisata dan kuliner dengan harga yang terjangkau, membuat liburanmu lebih hemat dan menyenangkan.

6. Beragam Aktivitas

Jogja menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk dilakukan. Kamu bisa hiking, trekking, bersepeda, atau berbelanja di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern.

7. Suasana Nyaman

Jogja memiliki suasana yang nyaman dan santai. Ini adalah tempat yang sempurna untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari dan menikmati ketenangan.

8. Akses yang Mudah

Jogja mudah diakses dari berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai moda transportasi. Bandara Internasional Yogyakarta dan stasiun kereta api yang modern membuat perjalanan ke Jogja semakin mudah.

9. Beragam Pilihan Akomodasi

Jogja menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hostel dan guesthouse hingga hotel berbintang. Kamu bisa memilih sesuai dengan budget dan preferensi.

10. Festival dan Acara

Jogja sering mengadakan berbagai festival dan acara menarik sepanjang tahun, seperti Sekaten, Malioboro Night Market, dan Jazz Goes to Campus. Acara-acara ini menambah semarak dan keseruan liburanmu.

Dengan berbagai alasan di atas, Jogja adalah pilihan yang tepat untuk liburan yang berkesan. Kamu akan menemukan kekayaan budaya, keindahan alam, kuliner lezat, keramahan penduduk, dan banyak lagi yang membuat Jogja istimewa.

Pengertian Hostel

Hostel adalah tempat menginap yang menyediakan berbagai fasilitas bersama untuk para pengunjung. Beberapa fasilitas umum yang biasanya kamu temukan di hostel meliputi:

  • Kamar Mandi: Kamar mandi umum yang digunakan bersama oleh semua pengunjung, biasanya bersih dan terawat.
  • Ruang TV: Ruang TV yang nyaman untuk bersantai dan menonton acara TV favoritmu.
  • Area Duduk atau Kerja: Tempat yang dapat digunakan untuk bersantai, bekerja, atau berkomunikasi dengan teman-teman baru.
  • Dapur Bersama: Dapur yang dilengkapi dengan peralatan memasak yang bisa kamu gunakan untuk menyiapkan makanan.
  • Area Outdoor: Area luar yang nyaman untuk bersantai, berjemur, atau menikmati udara segar.

Di hostel, kamu biasanya bisa memilih antara kamar pribadi atau dormitori. Selain itu, hostel juga sering menawarkan fasilitas tambahan seperti Wi-Fi gratis, AC, dan sarapan.

Karena biaya perawatan hostel relatif lebih rendah dibandingkan dengan hotel, hostel menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya penginapan.

Daftar Hostel Yogyakarta dibawah 200 ribu

Rekomendasi Hostel Yogyakarta dibawah 200 Ribu Terbaru
Image by tirachard on freepik

Berikut adalah daftar hostel di Yogyakarta dengan tarif di bawah Rp 200 ribu per malam, disajikan dalam bentuk tabel:

Nama HostelLokasiFasilitasHarga Per Malam
Omah SumurDanurejanAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 150.000
Laura BackpackersTegal Panggung, DanurejanAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 120.000
Pondok 71Suryodiningratan, MantrijeronAC, TV, Wi-FiRp 60.000
Homey HomePanggungharjo, Sewon, BantulAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 120.000
The Cabin Hotel Gandekan JogjaGandekanAC, TV, Wi-Fi, parkir, snack, welcome drink, teh dan kopi, express check-inRp 69.500
Deep Purple HomestayAC, TV, Wi-FiRp 50.000
Omah Bu DeeJl. WatesAC, TV, Wi-FiRp 60.000
RO DormitoryKota JogjaAC, TV, Wi-FiRp 50.000
Wake Up HomestayJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 80.000
The Capsule MalioboroJl. MalioboroAC, TV, Wi-FiRp 100.000
The ToeRu Pod by The A JogjakartaJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 90.000
Adhisthana Hotel YogyakartaJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 120.000
Trava HouseJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 100.000
Kolo KoloJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 80.000
Otu Hostel by OsticJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 90.000
The Packer Lodge YogyakartaJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 100.000
See You Soon Backpacker HostelJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 80.000
Sante Commune YogyakartaJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 90.000
Peta Lodge Backpacker HostelJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 80.000
ReeneoJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 90.000
Kamala HouseJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 100.000
YezYezYez YogyakartaJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 90.000
Jogja Backpacker HomeJl. WatesAC, TV, Wi-Fi, dapur bersamaRp 80.000

1. Omah Sumur

Terletak di Danurejan, Omah Sumur menawarkan kenyamanan dengan tarif hanya Rp 150.000 per malam. Lokasinya dekat dengan Malioboro, hanya 200 meter, serta mudah diakses dari Bandara Internasional Adisutjipto dan Stasiun Tugu. Fasilitas yang tersedia meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

2. Laura Backpackers

Laura Backpackers di Tegal Panggung, Danurejan menawarkan pengalaman menginap yang unik dengan suasana santai. Dengan tarif mulai dari Rp 120.000, hostel ini memiliki taman yang asri dan dapur bersama. Lokasinya hanya 20 menit dari Malioboro. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

3. Pondok 71

Pondok 71 di Suryodiningratan, Mantrijeron menawarkan tarif menginap mulai dari Rp 60.000. Terletak di pinggir jalan raya, hostel ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti AC, TV, dan Wi-Fi untuk kenyamanan tamu.

4. Homey Home

Homey Home berlokasi di Panggungharjo, Sewon, Bantul, hanya sepuluh menit dari Malioboro. Dengan tarif Rp 120.000 per malam, hostel ini menjanjikan kenyamanan dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV, dan dapur bersama.

5. The Cabin Hotel Gandekan Jogja

Hotel ini berjarak sekitar 2-5 menit dari Malioboro dan menawarkan tarif murah untuk tiga jenis kamarnya. Kamar single dapat kamu sewa dengan harga Rp 69.500 per malam. Fasilitasnya termasuk AC, TV, Wi-Fi, parkir, snack, welcome drink, teh dan kopi, serta express check-in.

6. Deep Purple Homestay

Deep Purple Homestay menawarkan kamar yang bersih dan murah dengan tarif Rp 50.000 per malam. Lokasinya dekat dengan Malioboro dan menyediakan fasilitas seperti AC, TV, dan Wi-Fi.

7. Omah Bu Dee

Terletak di gang di Jl. Wates, Omah Bu Dee menawarkan kamar bersih dengan harga Rp 60.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, dan Wi-Fi, serta lokasinya dekat dengan Malioboro.

8. RO Dormitory

RO Dormitory yang berlokasi di dalam Kota Jogja menawarkan kamar murah dengan tarif Rp 50.000 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, TV, dan Wi-Fi. Lokasinya juga dekat dengan Malioboro.

9. Wake Up Homestay

Berlokasi di Jl. Wates, Wake Up Homestay menawarkan kamar bersih dan murah dengan tarif Rp 80.000 per malam. Fasilitasnya termasuk AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama. Lokasinya dekat dengan Malioboro.

10. The Capsule Malioboro

The Capsule Malioboro yang berlokasi di Jl. Malioboro menawarkan pengalaman menginap yang unik dengan kapsul yang dilengkapi dengan AC, TV, dan Wi-Fi. Tarifnya Rp 100.000 per malam.

11. The ToeRu Pod by The A Jogjakarta

Berlokasi di Jl. Wates, The ToeRu Pod menawarkan kamar bersih dengan harga Rp 90.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama, serta lokasinya dekat dengan Malioboro.

12. Adhisthana Hotel Yogyakarta

Adhisthana Hotel Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Wates menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 120.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

13. Trava House

Terletak di Jl. Wates, Trava House menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 100.000 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

14. Kolo Kolo

Kolo Kolo yang berlokasi di Jl. Wates menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 80.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

15. Otu Hostel by Ostic

Otu Hostel by Ostic berlokasi di Jl. Wates dan menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 90.000 per malam. Fasilitas yang tersedia termasuk AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

16. The Packer Lodge Yogyakarta

Terletak di Jl. Wates, The Packer Lodge Yogyakarta menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 100.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

17. See You Soon Backpacker Hostel Yogyakarta

Hostel ini berlokasi di Jl. Wates dan menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 80.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

18. Sante Commune Yogyakarta

Sante Commune Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Wates menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 90.000 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

19. Peta Lodge Backpacker Hostel

Peta Lodge Backpacker Hostel berlokasi di Jl. Wates dan menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 80.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

20. Reeneo

Terletak di Jl. Wates, Reeneo menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 90.000 per malam. Fasilitas yang tersedia antara lain AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

21. Kamala House

Kamala House berlokasi di Jl. Wates dan menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 100.000 per malam. Fasilitasnya meliputi AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

22. YezYezYez Yogyakarta

YezYezYez Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Wates menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 90.000 per malam. Fasilitasnya termasuk AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

23. Jogja Backpacker Home

Terletak di Jl. Wates, Jogja Backpacker Home menawarkan kamar bersih dengan tarif Rp 80.000 per malam. Fasilitas yang disediakan antara lain AC, TV, Wi-Fi, dan dapur bersama.

Dengan tarif yang terjangkau dan fasilitas yang memadai, hostel-hostel ini cocok untuk backpacker dan wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan di Yogyakarta dengan anggaran yang lebih rendah.

Tips Memilih Hostel Saat Liburan

Ketika memilih hostel untuk liburan, ada beberapa faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memilih hostel yang tepat:

  1. Lokasi: Pilihlah hostel yang berada di lokasi strategis, dekat dengan objek wisata yang ingin kamu kunjungi. Ini akan menghemat waktu dan biaya transportasi, serta memudahkan kamu dalam menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitar.
  2. Fasilitas: Pastikan hostel yang kamu pilih memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, jika kamu suka berenang, carilah hostel dengan kolam renang. Jika kamu perlu bekerja, pastikan ada area kerja yang nyaman.
  3. Harga: Bandingkan harga hostel dengan fasilitas yang ditawarkan. Pilihlah hostel yang menawarkan harga sesuai dengan anggaranmu tanpa mengorbankan kenyamanan dan kebutuhan.
  4. Ulasan: Baca ulasan dari pengunjung sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas hostel. Ulasan ini bisa membantu kamu membuat keputusan yang lebih tepat dan menghindari pengalaman yang kurang menyenangkan.
  5. Fasilitas Pelengkap: Pastikan hostel yang kamu pilih memiliki fasilitas pelengkap seperti Wi-Fi gratis, AC, dan sarapan. Fasilitas ini bisa membantu menghemat biaya tambahan dan membuat liburanmu lebih nyaman.
  6. Kamar: Pilihlah jenis kamar yang sesuai dengan preferensimu. Jika kamu menginginkan privasi lebih, pilih kamar pribadi. Jika kamu ingin berinteraksi dengan tamu lain, pilihlah kamar dormitori yang biasanya lebih terjangkau.
  7. Batasan: Pastikan kamu memahami batasan yang diterapkan oleh hostel, seperti jam masuk dan keluar, serta aturan penggunaan fasilitas. Mengetahui batasan ini akan membantu kamu merencanakan aktivitas dengan lebih baik.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, kamu bisa memilih hostel yang tepat untuk liburanmu dan menikmati pengalaman yang lebih nyaman serta berharga.

Kesimpulan

Setelah mengeksplorasi rekomendasi hostel di Yogyakarta dengan tarif di bawah 200 ribu rupiah, kamu sekarang memiliki banyak pilihan menarik untuk dipertimbangkan.

Dari hostel yang nyaman dengan fasilitas lengkap hingga penginapan yang dekat dengan objek wisata terkenal, semuanya dapat menjadi pilihan tepat untuk liburanmu selanjutnya di kota istimewa ini.

Jangan ragu untuk memilih hostel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu, karena kualitas penginapan yang baik bisa memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah dan bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang juga sedang merencanakan liburan ke Yogyakarta.

Dengan berbagi informasi, kita bisa membantu lebih banyak orang untuk menemukan penginapan yang sesuai dan menghemat budget liburan mereka. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat menikmati liburan di Yogyakarta!

Referensi

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *