Cara dan Biaya Ganti Plat Kendaraan Bermotor

Beberapa hari yang lalu saya baru saja, memperpanjang STNK 5 tahunan. Dan pada artikel ini akan membahas terkait cara dan biaya ganti plat motor kendaraan bermotor terbaru.

Apa Syarat Perpanjang STNK atau Persyaratan Ganti Plat?

Cara dan Biaya Ganti Plat Motor

Menjadi pertanyaan yang banyak adalah untuk bayar Pajak STNK bawa apa saja. Untuk pembayaran STNK Tahunan biasanya hanya membawa fotokopi STNK, STNK Asli dan KTP Asli Pemilik.

Sedangkan untuk memperpanjang STNK 5 tahunan yang diperlukan adalah BPKB, Cek Fisik, STNK dan KTP.

Apakah perpanjangan STNK atau ganti plat motor 5 Tahunan bisa Online?

Sebenarnya saat ini perpanjangan STNK sudah sama seperti SIM bisa dilakukan secara online. Akan tetapi untuk perpanjangan STNK harus dilakukan di samsat pusat.

Hal ini dilakukan karena harus ada motor yang datang ke samsat, untuk di cek fisik. Agar dapat mengetahui nomor rangka kendaraan bermotor.

Apakah Perpanjangan STNK Harus Membawa Motor?

Untuk perpanjangan STNK harus membawa motor karena akan dilakukan cek fisik di SAMSAT. Ini merupakan salah satu syarat untuk memperpanjang STNK.

Apakah Bisa Bayar Pajak Motor dan Mobil tanpa KTP Pemilik?

Perpanjangan bisa dilakukan tanpa KTP pemilik, tetapi harus bisa menunjukan surat kuasa. Hal ini saya ketahui ketika membayar pajak motor di unit samsat.

Tanpa KTP pemilik juga bisa dilakukan apabila alamat yang memperpanjang sama dengan alamat yang ada di STNK. Namun nanti akan ditanyakan hubungan antar Kamu dan pemilik STNK.

Baca Juga: Cara Perpanjang STNK Terbaru 2021

Berapa Biaya Perpanjang Ganti Plat Motor atau STNK?

Untuk biaya sendiri ganti plat mobil dan motor berfariasi tergantung dengan daerah masing-masing. Namun pada umumnya adalah penggantian kaleng sebesar 60 ribu dan penggantian STNK sebesar 100 ribu.

Untuk biaya diluar perpanjang STNK tidak ada, jadi untuk biaya tambahannya hanya pajak kendaraan bermotor Kamu.

Saya sendiri menghabiskan biaya sebesar 472 ribu, termasuk biaya penggantian kaleng dan STNK. Sisanya adalah pajak dan bisa lain-lain. Tidak ada pungutan biaya lainnya untuk memperpanjang STNK.

Berapa Biaya Biro Jasa Perpanjang STNK?

Kemarin sebelum memperpanjang sendiri pernah bertanya terlebih dahulu ke Biro Jasa. Dan untuk biaya jasa perpanjang STNK 5 tahunan adalah sekitar 100 sampai 200 ribu.

Biaya tersebut diluar pengurusan STNK atau hanyak untuk membayar biro jasa saja. Harga juga berbeda-beda biasanya melihat kelengkapan dari dokumen yang Kamupunya.

Saran saya apabila pekerjaan masih bisa izin lebih baik untuk mengerjakan sendiri karena mudah dan cepat. Hanya butuh dua hari ganti plat nomor kendaraan bermotor sudah selesai.

Prosedur Ganti Plat Motor Samsat Kota Jakarta Timur

Saya akan share pengalaman saya untuk mengganti plat motor di Samsat Kota Jakarta Timur. Prosedur yang perlu dilakukan antaralain:

1. Siapkan Dokumen Bayar Pajak Motor 5 Tahunan

Dokumen yang perlu Kamu siapkan antaralain fotokopi KTP, fotokopi STNK dan Fotokopi BPKB. Jangan lupa untuk membawa STNK asli juga dan BPKB asli untuk berjaga-jaga.

2. Melakukan Pengecekan Fisik Motor

Ketika datang ke Samsat saya langsung pergi untuk mengecek fisik motor yang dilakukan di samping gedung utama samsat. Nanti Kamu akan dibantu oleh petugas untuk menggesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan bermotor.

Untuk kertas geseknya nanti akan didapatkan dari petugas yang berjaga. Untuk geseknya sendiri dilakukan oleh petugas. Sebenarnya tidak ada biaya gesek, tetapi apabila ingin memberi setelah gesek selesai tidak masalah.

Pastikan untuk dokumen lengkap karena ada verifikasi setelah dilakukan cek fisik.

3. Legalisir dan Mengisi Formulir

Kamu harus mengisi formulir yang sudah disediakan. Isi sesuai dengan arahan yang ada pada formulir, jangan lupa untuk membawa pena sendiri.

Cara dan Biaya Ganti Plat Motor
Penyerahan Dokumen

Di Samsat Jakarta Timur kamu perlu legalisir dokumen pengecekan fisik di lantai 2. Karena saya sekalian balik nama untuk di lantai 2 menyerahkan semua dokumen seperti hasil cek fisik asli, STNK asli, Fotokopi STNK, Fotokopi KTP dan BPKB Fotokopi.

4. Lakukan Pembayaran

Untuk pembayaran dilakukan besok paginya, sepertinya karena sedang covid maka prosesnya di tangguhkan. Yang saya bawa sendiri adalah BPKB asli dan bukti telah diserahkannya STNK.

Cara dan Biaya Ganti Plat Kendaraan Bermotor

Pembayaran dilakukan di lantai 2 dengan memberikan bukti tadi. Kemudian Kamu akan mendapatkan 3 kwitansi dalam bentuk STNK dengan beberapa warna.

Cara dan Biaya Ganti Plat Kendaraan Bermotor 3 1

Saya lupa lagi dengan warnanya tetapi 3 kwitansi itu digunakan untuk bayar STNK, bawa plat nomor dan untuk membawa BPKB. Untuk plat nomor sendiri bisa didapatkan di dekat tempat cek fisik motor Samsat Jakarta Timur.

Nah sekian artikel kali ini terkait cara dan biaya ganti plat motor. Semoga bermanfaat apabila ada yang mau ditanyakan atau ditambahkan silahkan tuliskan dikolom komentar. Terimakasih telah membaca. See Yaa.

Jangan lupa untuk like fanspage Ruminesia, klik gambar dibawah ini..

Like Fanspage Facebook Ruminesia.id
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *