Review: Anime Weathering With You (Tenki no Ko)

ruminesia.id – “Weathering With You” adalah film anime fantasi drama Jepang yang dirilis pada tahun 2019, disutradarai oleh Makoto Shinkai.

Cerita ini mengikuti petualangan Hodaka Morishima, seorang siswa SMA yang melarikan diri ke Tokyo dan bertemu Hina Amano, seorang gadis dengan kemampuan mengendalikan cuaca.

“Weathering With You” tidak hanya menawarkan animasi yang memukau, tetapi juga kisah emosional yang menyentuh. Temukan lebih lanjut tentang film ini dan bagaimana ia berhasil memikat hati penonton di seluruh dunia.

Review Weathering With You (8.5/10)

Weathering with You Review - Image from Dreamers
Image from Dreamers

“Weathering with You” adalah film anime fantasi drama Jepang yang dirilis pada tahun 2019 dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. Film ini mengisahkan perjalanan Hodaka Morishima, seorang siswa SMA yang melarikan diri dari rumahnya di pulau terpencil menuju Tokyo.

Di kota besar tersebut, ia bertemu dengan seorang gadis muda bernama Hina Amano yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca.

Plot dan Tema

Plot “Weathering with You” lebih sederhana dibandingkan karya Shinkai sebelumnya, “Your Name”. Ceritanya mengikuti petualangan Hodaka dan Hina, yang harus menghadapi berbagai tantangan dalam hubungan mereka dan konsekuensi dari kemampuan Hina.

Meskipun narasinya menarik, beberapa kritik menyebutkan bahwa film ini kurang kompleks dan mendalam dibandingkan “Your Name”.

Animasi dan Visual

Animasi dalam film ini sangat indah, menampilkan warna-warna yang cerah dan latar belakang yang detail. Visualnya benar-benar memukau, terutama pada adegan-adegan di mana Hina menggunakan kemampuannya untuk mengendalikan cuaca. Kualitas animasi ini menjadi salah satu daya tarik utama film ini.

Ending dan Kritik

Ending dari “Weathering with You” mendapat kritik karena dianggap terlalu sentimental dan kurang memiliki kedalaman emosional seperti “Your Name”. Beberapa penonton juga merasa terganggu dengan penggunaan layar hitam dan transisi mendadak antar adegan.

Selain itu, beberapa aspek cerita seperti asal-usul makhluk transparan yang muncul saat hujan dan makna pistol dalam cerita tidak sepenuhnya dijelaskan.

Penilaian Pribadi

“Weathering with You” adalah film yang cocok untuk semua umur dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang menyukai cerita ringan dengan visual yang memanjakan mata. Ditambah dengan musik latar yang mendukung suasana, film ini layak mendapatkan nilai 8.5 dari 10.

Sekilas Weathering With You

Weathering With You adalah film kedua karya Makoto Shinkai, penulis dan sutradara yang terkenal melalui film sebelumnya, “Your Name” (Kimi No Na Wa).

Diproduksi oleh CoMix Wave Films, Genki Kawamura, dan Story Inc., dengan musik yang diciptakan oleh Radwimps, film ini menawarkan pengalaman sinematik yang memukau.

Dalam versi bahasa Indonesia, judulnya diterjemahkan menjadi “Merubah Cuaca Bersamamu”, sebuah cerita yang menggugah perasaan dan menghadirkan keajaiban di sekitar kita.

Pada tanggal 21 Agustus 2019, “Weathering With You” tiba di bioskop-bioskop di Indonesia, mengundang penonton untuk menyaksikan petualangan yang penuh warna dan emosional.

Prestasi luar biasa dari “Weathering With You” tidak berhenti di situ. Film ini dipilih sebagai perwakilan Jepang untuk kategori Film Internasional Terbaik di Academy Award-92, menunjukkan dampak dan apresiasi global terhadap karya seni dari Jepang.

Produksi Weathering With You

Yuk, kita bahas sedikit tentang produksi film anime Jepang “Weathering with You”. Film ini diproduksi oleh CoMix Wave Films, dengan Genki Kawamura bertindak sebagai produser dan Makoto Shinkai sebagai penulis serta sutradaranya. Durasinya sekitar 114 menit dan dirilis dalam bahasa Jepang.

Penayangan perdana film ini dilakukan di beberapa bioskop di Tokyo dan Osaka pada tanggal 18 Juli 2019, sehari sebelum pemutaran resmi di seluruh Jepang pada tanggal 19 Juli.

Setelah sukses di Jepang, film ini juga ditayangkan di berbagai negara di Asia, Eropa, Amerika Utara, serta beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia, Hong Kong, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

Inilah salah satu film yang mendapat sambutan hangat di berbagai belahan dunia, menciptakan gelombang kegembiraan di kalangan penggemar anime dan sinema internasional.

Musik Weathering With You

Untuk musik dalam film anime Jepang “Weathering with You”, kamu akan menemukan karya dari RADWIMPS, sebuah band Jepang yang sudah terkenal melalui lagu-lagu tema untuk film-film anime seperti “Your Name”. Mereka menciptakan album soundtrack berjudul “Weathering with You”, yang dirilis pada tahun 2019.

Album ini tidak hanya menyajikan lagu-lagu tema utama seperti “Voice of Wind”, “Celebration”, dan “Grand Escape”, tetapi juga beberapa lagu lain yang memberikan nuansa khusus dalam film tersebut.

RADWIMPS juga meluncurkan EP “Weathering with You (Complete Version)”, yang menghadirkan versi lengkap dari beberapa lagu yang terdapat dalam album soundtrack.

Dengan sentuhan musik yang khas dan memikat, RADWIMPS berhasil menambahkan dimensi emosional yang mendalam pada pengalaman menonton “Weathering with You”, membuatnya lebih unik dan mengesankan bagi para penonton.

Penayangan Weathering With You

Film anime Jepang “Weathering with You” merupakan karya dari CoMix Wave Films, dengan produser Genki Kawamura dan Makoto Shinkai sebagai penulis serta sutradaranya. Film ini disajikan dalam bahasa Jepang dengan durasi sekitar 114 menit.

Debutnya dilakukan di Jepang pada tanggal 19 Juli 2019, dengan pemutaran perdana di beberapa bioskop di Tokyo dan Osaka sehari sebelumnya. Selain itu, film ini juga merambah ke berbagai negara di Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Di Asia, seperti di Hong Kong, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Korea Selatan, penayangan dilakukan dengan tanggal yang bervariasi, mulai dari Agustus hingga Oktober 2019. Bahkan, di India, penayangan film ini dijadwalkan setelah petisi yang didukung oleh sekitar 50.000 orang.

Dengan jangkauan yang luas, “Weathering with You” berhasil ditayangkan di 140 negara, melebihi pencapaian “Your Name” yang hanya mencapai 130 negara. Ini menunjukkan popularitas dan daya tarik yang luar biasa dari karya ini di seluruh dunia.

Adaptasi Film Weathering With You

Untuk adaptasi film anime Jepang “Weathering with You”, CoMix Wave Films menjadi pihak yang bertanggung jawab, dengan Genki Kawamura sebagai produser dan Makoto Shinkai sebagai penulis serta sutradaranya. Film ini disajikan dalam bahasa Jepang dengan durasi sekitar 114 menit.

Perilisan perdana dilakukan di beberapa bioskop di Tokyo dan Osaka pada tanggal 18 Juli 2019, diikuti oleh penayangan luas di seluruh Jepang pada tanggal 19 Juli.

Novel

Shinkai juga merilis adaptasi novel dari filmnya, yang tersedia sehari sebelum pemutaran resmi film. Novel ini, meskipun memiliki cerita yang serupa dengan versi layar lebar, memiliki beberapa perbedaan detail.

Kisahnya dimulai dengan perjalanan Hodaka dari pulau ke Tokyo, di mana ia bertemu dengan Suga Keisuke, seorang pria dewasa yang bekerja di sebuah kantor redaksi.

Manga

Sementara itu, adaptasi manga dari “Weathering with You” tengah dalam proses dan direncanakan untuk diterbitkan dalam edisi selanjutnya dari majalah Kodansha Afternoon pada tanggal 25 Juli 2019.

Manga ini akan ditangani oleh Watari Kubota. Dengan kehadiran versi film, novel, dan manga dalam waktu yang relatif singkat, penggemar dapat menikmati berbagai interpretasi yang berbeda dari kisah yang sama.

Sinopsis Weathering With You

Sinopsis Weathering with You Image from My Best
Image from My Best

“Weathering with You” mengisahkan perjalanan Hodaka Morishima, seorang pemuda yang meninggalkan kampung halamannya di sebuah pulau terpencil untuk mencari kehidupan baru di Tokyo.

Saat tiba di sana, dia harus berjuang keras untuk mencari penghidupan dan akhirnya menemukan pekerjaan sebagai penulis untuk sebuah majalah yang unik.

Di tengah perjalanannya, Hodaka bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis yang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengendalikan cuaca. Meskipun Hina dan adiknya hidup dalam kedamaian dan kebahagiaan, keduanya juga menghadapi masalah yang perlu diselesaikan.

Hodaka dan Hina kemudian harus bersatu dalam menghadapi tantangan hidup mereka, berjuang bersama untuk menemukan kebahagiaan di tengah badai masalah yang datang.

Film ini juga memperlihatkan bagaimana Tokyo dilanda hujan deras yang mengganggu kehidupan sehari-hari penduduknya. Hodaka dan Hina bersama-sama mencoba menemukan solusi untuk menghadapi cuaca ekstrem tersebut, mencari cara untuk membawa kembali cahaya dalam kegelapan yang melanda kota mereka.

Daftar Karakter Weathering With You

Dalam film anime Jepang “Weathering with You”, kamu akan bertemu dengan sejumlah karakter yang memperkaya cerita:

Karakter Utama

1. Hina Amano

Karakter Weathering with You Hina Amano Image from Pinterest
Image from Pinterest

Hina Amano adalah karakter utama dalam “Weathering with You”. Dia memiliki kemampuan unik untuk mengendalikan cuaca, termasuk menghentikan hujan dan membuat langit cerah. Hina tinggal bersama adik laki-lakinya, Nagi Amano.

2. Hodaka Morishima

Karakter Weathering with You Hodaka Morishima Image from Pinterest
Image from Pinterest

Hodaka Morishima adalah seorang siswa sekolah menengah yang meninggalkan kampung halamannya di sebuah pulau terpencil untuk mencari kehidupan baru di Tokyo. Dia berjuang dengan masalah pribadinya dan memiliki bakat sebagai penulis. Di Tokyo, dia bekerja untuk sebuah majalah yang tidak biasa.

Karakter Pendukung

1. Keisuke Suga

Karakter Weathering with You Keisuke Suga Image from Pinterest
Image from Pinterest

Keisuke Suga adalah seorang pria dewasa yang bekerja di sebuah kantor redaksi. Dia memainkan peran penting dalam hidup Hodaka, membantu dan membimbingnya. Keisuke menghadapi tantangan pribadi, termasuk kehilangan istrinya dan mengurus anaknya yang menderita asma.

2. Nagi Amano

Karakter Weathering with You Nagi Amano Image from Pinterest
Image from Pinterest

Nagi Amano adalah adik laki-laki Hina. Dia dikenal dengan sifatnya yang ceria dan pandai bergaul. Meskipun usianya muda, Nagi cerdas dan sering mengetahui hal-hal yang tidak disadari oleh orang lain.

3. Moka Suga

Karakter Weathering with You Moka Suga Image from anime planet
Image from anime planet

Moka Suga adalah anak perempuan Keisuke Suga. Dia memiliki sifat ceria dan suka bermain, menambah dinamika keluarga Suga.

Karakter Cameo Weathering With You

1. Mitsuha Miyamizu

Karakter Weathering with You Mitsuha Miyamizu Image from Quora
Image from Quora

Mitsuha Miyamizu adalah karakter dari film anime “Your Name” (Kimi no Na wa) yang muncul sebagai cameo dalam “Weathering with You”. Kehadirannya membawa nostalgia bagi para penggemar film sebelumnya.

2. Taki Tachibana

Karakter Weathering with You Taki Tachibana Image from Pinterest
Image from Pinterest

Taki Tachibana, juga dari “Your Name”, muncul sebagai cameo dalam “Weathering with You”. Dia dikenal dengan penampilannya yang khas, termasuk rambut cokelat berduri dan sikap yang tampan. Kehadirannya di film ini memberikan koneksi menarik antara kedua karya Makoto Shinkai.

Dengan karakter-karakter ini, “Weathering with You” menyajikan cerita yang kaya dan penuh dengan emosi, menggambarkan perjuangan dan hubungan antar karakter yang mendalam.

Link Streaming Weathering With You

Untuk menonton “Weathering with You” secara streaming, kamu bisa mengaksesnya di platform seperti Max, Hoopla, atau Amazon Video. Selain itu, kamu juga dapat membeli atau menyewanya di berbagai layanan seperti Apple TV, Microsoft Store, Google Play Movies, YouTube, dan Vudu.

Pastikan untuk memilih platform legal untuk menikmati film ini, agar kamu mendukung para pembuatnya dan mendapatkan kualitas terbaik.

Video Trailer Weathering With You

Baca Juga:

Kesimpulan

“Weathering With You” adalah film yang berhasil menggabungkan animasi menakjubkan dengan cerita yang mengharukan, mengisahkan tentang persahabatan dan pengorbanan di tengah tantangan cuaca ekstrem.

Dengan alur yang memikat dan visual yang memanjakan mata, “Weathering With You” telah memantapkan dirinya sebagai salah satu karya terbaik Makoto Shinkai.

Bagi kamu yang mencari film dengan cerita yang mendalam dan visual yang memukau, “Weathering With You” adalah pilihan yang tepat. Bagaimana pendapatmu tentang film ini? Tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu!

Referensi

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *