Apakah Soundcore r50i Waterproof? Temukan Jawaban Disini!

Jika kamu sedang mencari informasi tentang apakah Soundcore R50i waterproof, penting untuk memahami rating tahan air earbud ini. Soundcore R50i memiliki rating IPX5, yang berarti earbud ini dapat menahan semburan air dari segala arah.

Namun, perlu diingat bahwa earbud ini tidak dirancang untuk tahan terhadap air dalam kondisi terendam. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang fitur-fitur dan kemampuan tahan air dari Soundcore R50i.

Apakah Soundcore r50i Waterproof?

Apakah Soundcore r50i Waterproof?
Sumber Gambar: Website Anker

Ya, Soundcore R50i memang tahan air dengan rating IPX5. Hal ini berarti bahwa earbud ini dapat menahan semburan air dari segala arah.

Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan earbud ini tanpa khawatir saat melakukan aktivitas outdoor, berolahraga, atau bahkan saat cuaca sedang hujan.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa rating IPX5 tidak menjamin ketahanan terhadap air dalam kondisi terendam.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari penggunaan Soundcore R50i saat berenang atau dalam situasi di mana earbud tersebut akan terendam air untuk waktu yang lama.

Fitur Waterproof Soundcore R50i

Fitur waterproof pada Soundcore R50i menjadi salah satu keunggulan dengan rating IPX5. Fitur ini membuatnya sangat cocok untuk menemani aktivitas aktif dan dinamismu, terutama saat ada cipratan air. Mari kita lihat lebih dalam mengenai kemampuan waterproof dari Soundcore R50i:

1. Ketahanan Terhadap Semburan Air

Rating IPX5 menunjukkan bahwa Soundcore R50i dapat menahan semburan air bertekanan rendah dari segala arah.

Ini membuatnya ideal untuk digunakan saat berlari atau berolahraga di luar saat hujan, di gym, atau dalam penggunaan sehari-hari tanpa perlu khawatir terhadap cipratan air tak terduga.

2. Batas Ketahanan Air

Perlu diingat bahwa meskipun memiliki rating IPX5, Soundcore R50i tidak dirancang untuk bertahan dalam air terendam. Hindari menggunakan earbud ini ketika berenang, mandi, atau terkena hujan deras dalam waktu lama.

3. Tekanan Air

Ketahanan terhadap semburan air pada IPX5 memiliki batas tekanan tertentu. Semburan air dengan tekanan tinggi berpotensi merusak earbud ini.

4. Durasi Paparan Air

Meskipun tahan terhadap semburan air, paparan air terus menerus pada earbud IPX5 dapat meningkatkan risiko kerusakan. Sebaiknya, segera keringkan earbud menggunakan kain lembut jika terkena air.

Penjelasan Singkat Sertifikasi IPX5

Sertifikasi IPX5 menunjukkan bahwa perangkat elektronik tersebut memiliki ketahanan terhadap air. Ketika sebuah perangkat memiliki rating IPX5, ini berarti perangkat tersebut dapat melindungi diri dari percikan air dengan intensitas tertentu selama 3 menit, dengan debit air mencapai sekitar 12,5 liter per menit.

Perangkat dengan rating IPX5 hanya dapat bertahan dari percikan air ringan dan tidak akan melindungi jika terendam dalam air dalam jangka waktu yang lama. Namun, perangkat ini masih dapat digunakan saat hujan atau saat mencuci tangan, asalkan air tidak langsung mengenai komponen internalnya.

Sertifikasi IPX adalah standar internasional yang menunjukkan seberapa baik perangkat tersebut melindungi dari benda padat (seperti debu) dan cairan (seperti air). Sertifikasi ini terdiri dari dua angka:

  • Angka pertama mengindikasikan level proteksi terhadap benda padat. Sebagai contoh, X pada angka pertama menunjukkan bahwa perangkat tersebut tidak diuji untuk perlindungan terhadap benda padat.
  • Angka kedua menunjukkan tingkat perlindungan terhadap cairan. Sebagai contoh, rating IPX5 menunjukkan perlindungan terhadap percikan air dengan tekanan tertentu, tetapi tidak terhadap perendaman air atau air bertekanan tinggi.

Dengan demikian, saat memilih perangkat dengan sertifikasi IPX, penting untuk memahami apa yang diindikasikan oleh angka-angka tersebut agar sesuai dengan kebutuhan penggunaan sehari-hari.

Catatan Penting tentang IPX5

Ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang rating IPX5:

  1. Bukan Tahan Air Sepenuhnya: Earbud dengan rating IPX5 tidak sepenuhnya tahan air jika terendam. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan earbud ini di kolam renang, laut, atau saat mandi.
  2. Tekanan Air: Ketahanan terhadap semburan air pada rating IPX5 memiliki batasan tekanan tertentu. Semburan air dengan tekanan tinggi berpotensi dapat menembus perlindungan yang dimiliki oleh earbud ini.
  3. Durasi Paparan: Meskipun earbud ini tahan terhadap semburan air, paparan air yang terus menerus pada earbud dengan rating IPX5 dapat meningkatkan risiko masalah. Sebaiknya, segera keringkan earbud tersebut jika terkena air untuk mencegah kerusakan.

Spesifikasi Produk TWS Soundcore r50i

AspekKeterangan
Nama ProdukTWS Earphone Anker Souncore r50i
DeskripsiSoundcore r50i merupakan TWS Earphone dari brand Anker. TWS ini memiliki suara super bass serta handal. Untuk harga TWS ini termasuk murah, tetapi memiliki banyak fitur didalamnya.
Spesifikasi
  • Bluetooth 5.3
  • IPX5
  • Aplikasi Soundcore (Gratis di Playstore dan Appstore)
  • Extra Bass
  • Kontrol Sentuh
  • EQ Bass-Up dan 22 Mode Equalizer lainnya
  • Gaming Mode (Low Latency)
  • Fast Charging (10 menit untuk 2 jam pemakaian)
  • Tahan terhadap keringat dan cipratan air yang ringan
Fitur
  • Extra-bass
  • Mendukung EQ Bass-Up dan 22 EQ lainnya
  • 10 jam pemakaian untuk 1x charging dengan maksimal playtime 30 jam
Cara Menggunakan
  1. Buka TWS Soundcore r50i dan jangan tutup terlebih dahulu
  2. Keluarkan TWS Soundcore r50i
  3. Hidupkan bluetooth pada device yang mau kamu koneksikan ke TWS (baik Laptop atau Smartphone)
  4. Cari Device TWS Soundcore r50i
  5. Sambungkan
  6. TWS Soundcore r50i siap digunakan.
Dimensi12cm x 5cm x 12cm
Berat700 gram
Varian Warna
  • Black A3949H11
  • White A3949H21
  • Blue A3949H31
Kisaran Harga
  • Shopee: Rp166.000 – Rp199.000
  • Tokopedia: Rp189.000 – Rp197.000
  • Bukalapak: Rp195.000 – Rp199.000
  • Lazada: Rp199.000
CheckoutTombol Checkout Affiliate Lazada
Tombol Checkout Affiliate Shopee
Tombol Checkout Affiliate Tokopedia
Ringkasan Produk TWS Earphone Anker Souncore r50i

Pertanyaan terkait Soundcore r50i

Tentang Soundcore R50i, berikut jawaban untuk beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

1. Seberapa Tahan Air Soundcore R50i Waterproof?

Soundcore R50i Waterproof memiliki rating IPX5, yang artinya earbud ini dapat tahan terhadap semburan air dari segala arah. Namun, perlu diingat bahwa earbud ini tidak tahan air jika direndam dalam air untuk waktu yang lama.

2. Berapa Lama Baterai Soundcore R50i Waterproof Dapat Bertahan?

Soundcore R50i Waterproof dapat memutar musik hingga 8 jam dengan satu kali pengisian daya. Selain itu, charging case-nya dapat mengisi daya earbud hingga 3 kali, memberikan total waktu pemakaian yang lebih panjang.

3. Apakah Soundcore R50i Waterproof Kompatibel dengan Semua Perangkat Smartphone?

Ya, Soundcore R50i Waterproof kompatibel dengan semua perangkat smartphone yang mendukung Bluetooth 5.0 atau versi yang lebih tinggi. Ini berarti kamu dapat menggunakannya dengan berbagai jenis smartphone modern yang mendukung teknologi Bluetooth terbaru.

Baca Juga:

Kesimpulan

Dengan demikian, sekarang kamu telah memahami bahwa Soundcore R50i memiliki rating IPX5, yang artinya earbud ini dapat menahan semburan air dari segala arah. Namun, ingatlah bahwa earbud ini tidak tahan terhadap air dalam kondisi terendam.

Jika kamu memiliki pengalaman menggunakan Soundcore R50i atau punya pertanyaan lebih lanjut tentang fitur-fiturnya, jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah atau berbagi artikel ini kepada teman-teman yang mungkin tertarik. Terima kasih telah membaca!

Referensi

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *