8 Syarat Member Parkir Di Tempat Parkir Umum

Sistem member parkir memberikan kemudahan bagi kamu yang sering kesulitan mencari tempat parkir dan harus membayar tarif tinggi. Dengan menjadi member parkir, kamu bisa menikmati tarif yang lebih murah dan mendapatkan prioritas.

Namun, tentu saja terdapat syarat member parkir yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai syarat-syarat tersebut.

Apa itu Member parkir?

Apa itu Member parkir

Member parkir adalah sistem pembayaran parkir dengan cara mendaftarkan diri sebagai anggota dan membayar iuran bulanan atau tahunan.

Sistem ini biasanya diberlakukan di tempat-tempat yang memiliki tingkat kunjungan yang tinggi, seperti di kota-kota besar, bandara, terminal, atau stasiun kereta.

Dengan menjadi member parkir, kamu bisa memperoleh tarif parkir yang lebih murah dibandingkan dengan tarif parkir biasa, serta prioritas parkir di area yang terbatas atau di lokasi strategis.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh fasilitas tambahan seperti layanan bantuan teknis atau layanan antar jemput mobil.

Keuntungan Menjadi Member Parkir

1. Memperoleh tarif parkir yang lebih murah

Salah satu keuntungan menjadi member parkir adalah dapat memperoleh tarif parkir yang lebih murah dibandingkan dengan tarif parkir biasa.

Tarif parkir biasa adalah tarif yang ditetapkan untuk setiap jam atau periode parkir yang dikenakan kepada pengunjung yang tidak terdaftar sebagai member parkir.

Sementara itu, tarif parkir untuk member parkir biasanya lebih rendah dibandingkan dengan tarif parkir biasa, terutama jika kamu membayar iuran bulanan atau tahunan.

Tarif parkir member parkir biasanya ditetapkan berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan, lokasi parkir, dan periode parkir yang dibayarkan.

Misalnya, jika kamu menggunakan mobil dan membayar iuran bulanan untuk parkir di area parkir kota. Maka kamu bisa memperoleh tarif parkir yang lebih murah dibandingkan dengan tarif parkir biasa untuk mobil di area yang sama.

Namun, perlu diingat bahwa tarif parkir member parkir juga dapat berbeda di setiap lokasi parkir yang tercakup oleh sistem member parkir.

Oleh karena itu, sebaiknya memperhatikan tarif parkir yang ditetapkan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir di setiap lokasi yang akan dikunjungi.

2. Memperoleh prioritas parkir di area yang terbatas

Prioritas parkir adalah hak untuk memilih tempat parkir yang diinginkan di area yang terbatas atau di lokasi strategis, sementara pengunjung yang bukan member parkir harus mengikuti urutan antrian parkir yang tersedia.

Umumnya, prioritas parkir diberikan kepada member parkir yang memiliki tingkat keanggotaan yang lebih tinggi, seperti member parkir tahunan.

Selain itu, prioritas parkir juga bisa diberikan kepada member parkir dengan kendaraan khusus, seperti member parkir untuk disabilitas atau member parkir untuk penyandang difabel.

3. Memperoleh Fasilitas Tambahan

Salah satu keuntungan menjadi member parkir adalah dapat memperoleh fasilitas tambahan seperti layanan bantuan teknis atau layanan antar jemput mobil.

Layanan bantuan teknis adalah layanan yang diberikan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir kepada member parkir yang mengalami masalah teknis pada kendaraannya, seperti kemacetan, kebocoran bahan bakar, atau kerusakan mesin.

Umumnya, Layanan ini disediakan dengan biaya tambahan, tergantung pada jenis masalah yang dialami oleh kendaraan.

Antar jemput mobil adalah layanan yang diberikan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir kepada member parkir yang tidak dapat menggunakan kendaraannya karena masalah teknis atau alasan lainnya.

Kekurangan Menjadi Member Parkir

1. Membayar iuran bulanan atau tahunan

Sebagai member parkir, kamu harus membayar iuran bulanan atau tahunan sesuai dengan tarif yang ditetapkan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir.

Kamu secara tidak sadar membayar lebih mahal untuk member parkir ini, apabila tidak parkir setiap hari atau jarang digunakan. Sedangkan pembayaran harus dilakukan di muka.

2. Memerlukan waktu dan tenaga untuk mendaftarkan diri sebagai member parkir

Sebagai member parkir, kamu harus mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan dokumen yang diperlukan. Umumnya, dokumen yang diperlukan seperti KTP, SIM, atau dokumen lain yang ditetapkan oleh pihak yang penyelenggara member parkir.

Proses pendaftaran ini umumnya memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak , terutama jika kamu harus mengantri untuk mengisi formulir atau mengurus dokumen yang diperlukan.

3. Memerlukan waktu dan tenaga untuk memperbarui informasi

Sebagai member parkir, kamu harus memperbarui informasi yang tercantum pada formulir pendaftaran jika terdapat perubahan seperti perubahan alamat atau nomor telepon.

Syarat Member Parkir Secara Umum

Syarat Member Parkir Secara Umum

Berikut adalah syarat member parkir yang harus dipenuhi untuk menjadi member parkir di tempat umum:

  1. Mengisi formulir pendaftaran dengan menyertakan dokumen yang diperlukan, seperti KTP, SIM, atau dokumen lain yang ditetapkan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir.
  2. Membayar iuran bulanan atau tahunan sesuai dengan tarif yang ditetapkan.
  3. Menyetujui peraturan dan ketentuan yang berlaku untuk member parkir, seperti batas waktu parkir atau kuota parkir yang harus diikuti.
  4. Menyertakan foto kendaraan yang akan digunakan untuk member parkir, serta nomor polisi dan merk kendaraan.
  5. Menyertakan tanda pengenal yang akan digunakan untuk memasuki area parkir, seperti kartu member atau sticker kendaraan.
  6. Memperbarui informasi yang tercantum pada formulir pendaftaran jika terdapat perubahan, seperti perubahan alamat atau nomor telepon.
  7. Menyertakan surat keterangan dari pihak yang menyelenggarakan member parkir jika kamu bekerja di tempat tersebut atau memiliki hubungan kerja dengan pihak tersebut.
  8. Menyertakan surat keterangan dari pihak yang menyelenggarakan member parkir jika kamu memiliki hak akses khusus ke area parkir.

Syarat Member Parkir di Apartemen

Syarat Member Parkir di Apartemen

Berdasarkan pengalaman membuat member parkir di apartemen bassura Berikut syarat member parkir di apartemen pada umumnya, sebagai berikut:

1. Menjadi penghuni apartemen

Syarat member parkir yang pertama dan utama adalah kamu harus menjadi penghuni apartemen yang terdaftar. Kamu bisa menjadi pemiliki dari hunian tersebut atau menjadi penyewa.

Biasanya untuk penyewa apartemen syarat member parkir tambahan selain yang akan dijelaskan dibawah adalah Surat Kontrak Rumah.

2. Menyertakan foto copy KTP atau dokumen identitas lain yang sah

Selain menjadi penghuni apartemen, kamu juga harus menyertakan foto copy KTP atau dokumen identitas lain yang sah sebagai bukti bahwa kamu adalah penghuni apartemen yang terdaftar.

3. Menyertakan foto copy STNK atau dokumen kendaraan lain yang sah

Dokumen kendaraan yang sah biasanya berupa STNK, BPKB, atau dokumen kendaraan lain yang dikeluarkan oleh pemerintah atau lembaga terkait lainnya.

4. Menandatangani surat perjanjian member parkir.

Kamu harus menandatangani surat perjanjian member parkir atau surat perjanjian lain yang ditetapkan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir di apartemen.

Surat perjanjian member parkir atau surat perjanjian lain ini biasanya mengandung ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi oleh member parkir, seperti batas waktu parkir, tarif parkir, dan fasilitas yang disediakan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir di apartemen.

5. Membayar iuran member parkir

Terakhir, syarat member parkir di apartemen adalah kamu harus membayar iuran member parkir atau tarif parkir yang ditetapkan oleh pihak yang menyelenggarakan member parkir di apartemen.

Iuran member parkir atau tarif parkir ini biasanya tergantung pada jenis kendaraan yang diparkir, lokasi parkir, dan periode parkir.

Dengan demikian, itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi member parkir di tempat umum atau di apartemen.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan bisa memberikan wawasan yang bermanfaat bagi kamu.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau komentar lain mengenai syarat member parkir, jangan ragu untuk meninggalkan komentar.

Saya akan senang hati menjawab pertanyaan atau komentar yang kamu ajukan.

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *