5 Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah

Noda kopi bisa sulit dihilangkan dari karpet. Bubuk kopi dapat menempel di kain, sehingga sulit dibersihkan. Pada artikel ini akan membahas cara menghilangkan noda kopi di karpet dengan mudah.

Jika kamu memiliki tumpahan kopi, penting untuk segera membersihkannya. Seka area dengan kain bersih untuk menyerap dan membersihkan kopi sebanyak mungkin.

Kamu mungkin memerlukan penghilang noda atau pembersih karpet untuk noda yang membandel.

Bahan-Bahan Penghilang Noda Kopi

Ada beberapa bahan yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan noda kopi, tergantung pada jenis kain dan tingkat membandelnya noda.

Kamu dapat mencoba menggunakan deterjen atau melakukan pra-perawatan dengan penghilang noda untuk noda ringan. Selain itu, kamu dapat mencoba menggunakan cuka atau alkohol gosok jika noda membandel.

Cara lainnya, kamu dapat membawa karpet kamu ke pembersih profesional untuk noda yang membandel.

1. Deterjen

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah menggunakan deterjen

Jika kamu memiliki noda kopi pada karpet atau pakaian, kamu dapat mencoba menggunakan deterjen untuk menghilangkannya. Pertama, rendam karpet yang terkena noda dengan air hangat selama beberapa menit.

Kemudian, oleskan sedikit deterjen ke area tersebut dan gosok dengan lembut. Bilas area tersebut dengan air hangat, lalu cuci karpet seperti biasa.

2. Cuka

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah menggunakan cuka

Untuk menghilangkan noda kopi dari karpet, cukup tuangkan cuka langsung ke noda dan gosok dengan sikat. Keasaman dalam cuka akan dapat membersihkan dan mengangkat noda kopi pada karpet.

Kamu mungkin perlu melakukan hal tersebut dengan cuka beberapa kali untuk menghilangkan noda sepenuhnya. Setelah noda hilang, cuci karpet seperti biasa.

3. Alkohol Gosok

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah menggunakan alkohol gosok

Untuk menghilangkan noda kopi dari karpet, cukup gosokkan sedikit alkohol pada noda dan kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini jika perlu, kamu akan melihat noda mulai menghilang dengan segera.

4. Soda Kue

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah menggunakan baking soda

Cukup oleskan soda kue ke area tersebut dan gosok dengan lembut untuk menghilangkan noda kopi. Soda kue akan berfungsi untuk mengangkat noda kopi.

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah

Cara Menghilangkan Noda Kopi di Karpet dengan Mudah

Untuk menghilangkan noda kopi dari karpet kamu perlu melakukan beberapa hal:

  1. Serap tumpahan sebanyak mungkin dengan kain bersih dan kering.
  2. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan yang sama, setelah itu oleskan ke noda.
  3. Biarkan beberapa saat, lalu bilas area tersebut dengan air bersih dan biarkan hingga benar-benar kering.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Lipstik Dari Dinding dengan Mudah

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Noda Kopi

Apa cara terbaik untuk menghilangkan noda kopi?

Ada beberapa cara berbeda untuk menghilangkan noda kopi, tetapi yang paling efektif adalah menggunakan campuran sabun cuci piring dan air hangat. 

Cukup oleskan campuran tersebut ke noda dan gosok dengan sikat atau kain sampai bersih. Kamu mungkin perlu mengulangi proses ini beberapa kali untuk noda membandel.

Bisakah saya menggunakan pemutih pada noda kopi?

Pemutih bisa efektif menghilangkan noda kopi, tetapi juga bisa merusak karpet kamu. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pemutih, uji terlebih dahulu pada area kain yang tidak mencolok. 

Oleskan pemutih dengan hati-hati dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya secara menyeluruh.

Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *