Share Pengalaman: Vaksin Sinovac Dosis 2 (RSIA Sammarie Basra)

Pada tanggal 30 Juli kemarin saya mendapatkan dosis kedua untuk vaksin covid 19. Vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinovac Dosis 2 di RSIA Sammarie Basra.

Ada beberapa catatan setelah saya melakukan vaksin dosis kedua ini, yang akan saya jabarkan di artikel ini.

Sekilas tentang RSIA Sammarie Basra

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) SamMarie Basra adalah Rumah Sakit Ibu dan Anak di Jakarta Timur dengan layanan unggulan Klinik dan Teknologi Reproduksi Berbantu.

Dilengkapi dengan fasilitas High Care Unit (HCU), Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Perinatal, RSIA SamMarie Basra merupakan pilihan tepat untuk menjalani program kehamilan hingga melahirkan.

Alamat dari RSIA Sammarie Basra ada di Jalan Jenderal Basuki Rachmat 31, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430.

Sekilas tentang Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac Dosis 2

Vaksin sinovac merupakan vaksin untuk mencegah infeksi dari virus sinovac. Vaksin ini berasal dari negara tiongkok dan sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Vaksin sinovac ini berasal dari virus covid yang sudah tidak aktif.

Beberapa Saran Sebelum Vaksin Sinovac

Ada beberapa saran yang dilakukan sebelum vaksin sinovac, antaralain:

  1. Beritahukan kepada Dokter alergi yang anda derita. Karena bisa jadi kandungan dari vaksin sinovac menyebabkan anda alergi.
  2. Apabila anda mempunyai penyakit atau sedang menjalani pengobatan yang menyebabkan kelemahan sistem kekebalan tubuh, maka tidak boleh untuk melakukan vaksin dengan sinovac.
  3. Bila anda terkena Covid-19 atau ada dikeluarga anda terpapar beritahukan ke Dokter vaksin
  4. Kepada Dokter yang melakukan Vaksin beritahukan mengalami gejala ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan), mendapatkan terapi penyakit darah atau menjalani tranfusi Darah.
  5. Jika memiliki penyakit bawaan atau Komorbid beritahukan ke Dokter Vaksinasi.

Perbedaan Vaksin Sinovac vs Vaksin Astrazeneca

Perbedaan dari Vaksin Sinovac dan Vaksin Astrazeneca antaralain dari jenis vaksin dan dari efikasinya. Untuk Sinovac berasal dari virus yang tidak aktif, sedangkan astrazeneca berasal dari virus hasil rekayasa genetika (viral vektor).

Melansir Medical News Today, pengertian efikasi vaksin adalah tingkat kemanjuran vaksin dalam melawan suatu penyakit pada orang yang sudah divaksinasi saat tahap uji klinis. Untuk efikasi Sinovac adalah sekitar 65%, sedangkan untuk Astrazeneca sebesar 62% dan 90%. Untuk efikasi Astrazeneca sebesar 62% adalah satu kali dosis penuh, sedangkan unutk efikasi sebesar 90% untuk dua kali dosis.

Mana yang lebih baik Vaksin Sinovac atau Vaksin Astrazeneca?

Apabila melihat efikasi dari vaksin maka Vaksin Astrazeneca lebih baik dibandingkan dengan Vaksin Sinovac. Akan tetapi dari Dokter yang saya ikuti di twitter pernah tweet, “saat ini vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia”.

Daftar Vaksinasi Sinovac Dosis 2 RSIA Sammarie Basra

Daftar Vaksin RSIA Sammarie Basra cukup mudah yaitu tinggal WA ke nomor 087784002251, menanyakan kuotanya masih tersedia lalu tinggal mengirimkan KTP DKI. Kalau di RSIA Sammarie Basra tidak hanya vaksin sinovac tetapi ada juga vaksin astrazaneca, sesuai dengan ketersediaan vaksin di RSIA Sammarie Basra.

Baca Juga: Share Pengalaman Vaksin Booster Moderna di RSKD Duren Sawit

Jadwal Vaksin RSIA Sammarie Basra

Jadwal vaksin RSIA Sammarie Basra sendiri ada pada hari Rabu dan hari Jumat. Untuk vaksinasinya sendiri dimulai pukul 09.00 pagi sampai 14.00 sore.

Vaksin Sinovac Dosis 2 Sammarie Basra

Vaksin Sinovac Dosis 2 - RSIA Sammarie Basra
Vaksin Sinovac Dosis 2 – RSIA Sammarie Basra

Untuk dosis vaksin ke dua anda tidak perlu untuk mendaftar kembali ke Vaksin RSIA Sammarie Basra. Saya melakukan Vaksin pada hari jumat, pada bulan Juli 2021. Anda cuman harus datang ke tempat vaksinasi dibelakang Rumah Sakit Ibu dan Anak Sammarie Basra dan langsung meminta nomor antrian serta mengisi screening sebelum vaksinasi.

Saya datang jam 8 pagi tetapi nomor antrian sudah nomor 82. Sekitar jam setengah 12 saya baru menerima vaksin dosis kedua. Tensi saya ada di angka 137 padahal sebelum-sebelumnya tidak pernah tinggi. Tetapi saya ingat malam sebelumnya saya memakan sate kambing, kemungkinan karena itu.

Dari perawat sebelum vaksin memberikan saran apabila ingin melakukan vaksin dihindari beberapa hal seperti kecapean, minum kopi, makan-minum yang bisa menambah tensi dan begadang.

Baca Juga: Share Pengalaman Vaksin Pertama di RSIA Sammarie Basra

Efek Setelah Vaksin Sinovac Dosis 2

Setelah vaksin tidak ada efek yang dirasakan berbeda dengan vaksin pertama, dimana tangan saya mengalami kebas. Sedangkan efek lainnya seperti mengantuk dan nafsu makan bertambah, masih terasa untuk vaksin dosis ke 2. Keesokan harinya saya mengalami sedikit sesak nafas, untuk saturasinya sendiri ada di angka 94%. Akan tetapi saya tidak panik mencari beberapa video untuk menaikan saturasi oksigen.

Sampai saat ini atau sekitar 2 bulan dari vaksin sinovac dosis 2 tidak ada lagi masalah yang dirasakan. Dan alhamdulillah sampai saat ini belum pernah terkena virus covid 19.

Nah itulah pengalaman saya vaksin sinovac dosis 2 yang dilakukan di RSIA Sammarie Basra. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi sebelum vaksin, jangan lupa comment dan share artikel ini. See Yaa..

Referensi:

  1. Vaksin Sinovac – Alodokter
Athif Amirudin Muhtadi
Athif Amirudin Muhtadi

Personal Blogger di ruminesia.id - Memiliki background pendidikan Ekonomi Syariah. Dengan pengalaman kerja sebagai Freelance Content Writer, Wordpress Developer dan SEO Specialist.

Articles: 156

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *